Tutup IPPP Ke-2, Puan Maharani: Ekonomi Biru Prioritas Kawasan Pasifik

Jumat, 26 Juli 2024 | 00:08 WIB
0
4
Tutup IPPP Ke-2, Puan Maharani: Ekonomi Biru Prioritas Kawasan Pasifik
Gedung DPR MPR RI

*Jakarta* - Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan saat ini Ekonomi Biru masih menjadi Prioritas bagi negara Kawasan Pasifik. Hal tersebut dikarenakan potensi kelautan yang sangat besar di Kawasan Pasifik.

Hal itu dijelaskan Ketua DPR RI dalam penutupan IPPP ke - 2 di Jakarta, Kamis 25/7/2024.

Pertemuan hari ini membahas terkait potensi laut yang besar di Kawasan Pasifik maka Parlemen Indonesia dan negara Kawasan Pasifik sepakat harus meletakkan ekonomi biru sebagai suatu prioritas meski masih mengalami dalam tahap pembangunan, namun Indonesia berkomitmen untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman melalui program pelatihan bagi mitra-mitra kami di Pasifik, ujar Ketua DPR RI Puan Maharani.

Menurut Puan Maharani, pembangunan ekonomi biru sangatlah penting dan tidak dapat instan melainkan harus butuh proses.

Kami sadar bahwa pembangunan adalah sebuah proses yang selalu berkembang selalu ada hal yang dapat dibagikan termasuk Bagaimana mengulang keberhasilan dan kegagalan pembangunan pada setiap tahapannya, tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPR Republik Indonesia Puan Maharani kembali menegaskan komitmen kuat untuk menempatkan parlemen Negara Pasifik sebagai Mitra Utama Indonesia.

Disisi lain, kita melihat ancaman besar seperti perubahan iklim yang harus dihadapi oleh negara-negara Pasifik, sat ini Parlemen harus berada di Garda terdepan dan DPR RI telah memberikan kontribusi besar dalam memobilisasi aksi nyata parlemen di berbagai negara di pertemuan majelis ke 144 Tahun 2022 juga guna mengatasi pemanasan global, jelas Puan.

Selain itu ada ide kita telah berhasil membahas perlunya diplomasi dimana parlemen berkontribusi dalam membangun konektivitas, pungkasnya.

Sebagai wakil rakyat, kita dapat memainkan peran utama dalam menjembatani hubungan antar masyarakat di kawasan, tandasnya.

Pada kesempatan yang sama Kita telah membahas perlunya melakukan pembangunan yang yaitu pembangunan yang melibatkan semua unsur masyarakat termasuk pemberdayaan perempuan, imbuh Puan.

Saya mengajak agar kita membawa pembahasan dan rekomendasi di Jakarta ini ke negara kita masing-masing dan ke ruang pertemuan ke gedung parlemen kita, kata Puan.

Saya mengajak Negara-negara Pasifik untuk menceritakan kepada rakyat di negaranya bahwa Indonesia ingin meningkatkan persahabatan dengan rakyat di Pasifik, ucapnya.

Marilah kita menggunakan ini sebagai platform yang bermanfaat bagi rakyat kita ucapkan sekali lagi terima kasih atas partisipasi ketua parlemen dan anggota parlemen, tutup Ketua DPR Puan Maharani.