Lapas Kelas I Malang Hadir Webinar Back to Basics Pemasyarakatan Badiklat Hukum dan HAM Jateng

Jumat, 5 Mei 2023 | 15:39 WIB
0
51
Lapas Kelas I Malang Hadir Webinar Back to Basics Pemasyarakatan Badiklat Hukum dan HAM Jateng
Lapas Kelas I Malang Hadir Webinar Back to Basics Pemasyarakatan Badiklat Hukum dan HAM Jateng | dok.humaslapasmalang

LAPAS MALANG - Jum'at (5/5/2023) Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur mengikuti kegiatan Webinar Back to Basics Pemasyarakatan bersama Badan Pendidikan & Latihan (Badiklat) Hukum dan HAM Jawa Tengah secara virtual melalui aplikasi zoom meetings.

Dari Ruang Rapat Atas Lapas kegiatan diikuti langsung oleh Kalapas, Heri Azhari bersama pejabat struktural Lapas Kelas I Malang pada Jum'at 5 Mei 2023. Back to Basics adalah sebuah program yang berfungsi untuk mengoptimalkan pelaksanaan tugas dan fungsi pemasyarakatan dengan strategi yang mengarah langsung pada pelaksanaan tugas pemasyarakatan.

Hal ini mengacu pada makna filosofis Pemasyarakatan dilakukan dengan pemidanaan tidak ditujukan untuk membuat derita sebagai bentuk pembalasan, tidak ditujukan untuk membuat jera dengan penderitaan, namun lebih pada memulihkan konflik atau menyatukan kembali Warga Binaan dengan masyarakatnya dengan kondisi yang lebih baik.

Webinar ini merupakan penguatan arahan Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen Pas), Reynhard Silitonga. Dimana 3 Kunci Pemasyarakatan Maju + Back to Basics menjadi landasan utama dalam penyelenggaraan Pemasyarakatan menuju Pemasyarakatan Semakin Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan inovatif (PASTI).

Back to Basic merupakan strategi untuk meningkatkan kualitas pelayanan Pemasyarakatan berdasarkan prinsip dasar Pemasyarakatan. Meliputi Pelayanan Tahanan, Pembinaan Warga Binaan, Pembimbingan Klien, Keamanan dan Ketertiban, Perawatan Kesehatan, serta Pengelolaan Basan dan Baran. Hal ini merupakan target kinerja untuk meingkatkan mutu dan kualitas Layanan.

Selepas kegiatan Kalapas Kelas I Malang, Heri Azhari memberikan himbauan untuk jajarannya melaksanakan Back to Basics dalam lingkungan kerja dengan kembali mengimplementasikan prinsip-prinsip dasar Pemasyarakatan dengan tetap berpegang teguh pada kode etik petugas Pemasyarakatan.

Lembaga Pemasyarakatan/ Lapas Kelas I Malang adalah salah satu pilot project Lapas Industri dan Zona Integrasi (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) Unit Pelaksana Teknis/ UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Perbaikan terus menerus dilakukan di Lapas Kelas 1 Malang ke arah yang lebih baik untuk pelayanan pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) maupun Masyarakat.

Lapas Kelas I Malang memiliki program pembinaan kepribadian dan kemandirian bagi seluruh WBP. Diharapkan dengan program pembinaan yang dilakukan bisa membuat WBP bisa menunjukkan penurunan tingkat resiko melakukan pidana kembali dengan berkelakukan baik juga bisa sebagai agen moral kebaikan saat telah bebas kembali ke Masyarakat. Lapas Kelas I Malang meraih Penghargaan sebagai Zona Integritas WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani). Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang adalah salah satu pilot project WBK/WBBM UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia.

L'SIMA PASTI APIK !
(HUMAS LAPAS KELAS I MALANG)