Kepemimpinan [74] Motivasi Diri untuk Para Pemimpin

Pemimpin yang efisien dan bermotivasi tinggi dituntut melakukan yang lebih baik dan mengatasi tantangan dengan mengeksplorasi cara atau alternatif untuk memenuhi hasil yang diinginkan.

Sabtu, 2 November 2019 | 08:21 WIB
0
235
Kepemimpinan [74] Motivasi Diri untuk Para Pemimpin
ilustr: Vinod Bidwaik

Motivasi diri untuk para pemimpin sangat penting karena sebagai pemimpin mereka harus memotivasi diri terlebih dahulu sebelum memotivasi anggota tim mereka. Para pemimpin yang bermotivasi diri berkontribusi pada realisasi visi organisasi dengan memberikan arahan strategis dan motivasi kepada tim.

Pentingnya Motivasi Diri untuk Para Pemimpin

  1. Pengaruh Motivasi Diri pada Produktivitas Pribadi dan Tim: Kurangnya motivasi diri, tidak hanya menghambat produktivitas pribadi tetapi juga sama-sama memengaruhi produktivitas semua anggota tim. Pemimpin yang bersemangat dan bersemangat akan menciptakan lingkungan yang menyenangkan dan memotivasi anggota tim untuk memberikan yang terbaik.

  2. Tingkat Keyakinan: Para pemimpin mendapatkan kesenangan dalam penyelesaian proyek-proyek yang tertunda jangka panjang yang kompleks dan menantang dengan keberhasilan, yang pada akhirnya akan bertindak sebagai pendorong kepercayaan diri alami bagi pemimpin.

  3. Motivasi Diri Membantu dalam Mengurangi Stres: Dengan tidak adanya motivasi diri, para pemimpin dapat mengalami tingkat stres yang ditekankan yang dapat mengarah pada pemikiran yang merugikan, kritik diri dan kritik orang lain karena tidak mampu memberikan hasil yang diperlukan.

  4. Hidup tanpa Penyesalan Apa pun: Peningkatan motivasi diri membantu dalam peningkatan berkelanjutan seorang pemimpin dan mengendalikan penyesalan diri. Dengan evaluasi diri, para pemimpin dapat menilai kekuatan dan kelemahan mereka; mengidentifikasi kemungkinan bidang peluang dan menghadapi tantangan di tempat kerja dengan semangat dan semangat segar.

  5. Peluang Peningkatan Karir: Peningkatan karir dapat dianggap sebagai hasil dari motivasi diri. Para pemimpin yang bermotivasi diri berada dalam posisi yang lebih baik untuk mencapai tujuan mereka dengan sukses, menaiki tangga kesuksesan dan maju secara profesional dengan mencapai ketinggian yang lebih baru.

Terlepas dari faktor-faktor yang diuraikan di atas, para pemimpin yang bermotivasi tinggi menikmati manfaat berikut:

  • Ini membantu para pemimpin dalam menentukan tujuan yang jelas dan juga dalam menemukan cara untuk mencapai tujuan tersebut secara lebih konsisten.
  • Para pemimpin yang bermotivasi diri memotivasi orang lain untuk mengadopsi gaya kepemimpinan mereka dan dalam berurusan dengan tanggung jawab sehari-hari.
  • Para pemimpin yang memiliki motivasi diri berevolusi dan meningkat secara terus-menerus, karena mereka mencapai ketinggian motivasi baru setelah setiap pencapaian.

Cara Meningkatkan Tingkat Motivasi Diri seorang Pemimpin

Kebugaran Fisik: Para pemimpin, yang terutama mengikuti aturan kesehatan yang disiplin dan ketat untuk tetap bugar secara fisik dan mental, diharapkan memiliki tingkat motivasi diri yang meningkat.

Jaringan: Tingkat motivasi diri seorang pemimpin akan meningkat jika mereka dikelilingi oleh perusahaan yang termotivasi atau sekelompok orang. Dengan menghadiri seminar, konferensi, atau berbagai lokakarya, para pemimpin dapat menjadi termotivasi dan terisi kembali.

Kembali ke Dasar: Pemimpin yang memiliki motivasi diri tinggi difokuskan pada pendekatan mereka dan mengikuti rutinitas yang disiplin. Mereka berpegang pada kebiasaan baik tertentu yang mereka ikuti secara religius dan tanpa gagal. Baik itu kebiasaan membaca buku-buku motivasi atau konten yang menginspirasi, mengikuti gaya hidup disiplin atau kebiasaan lain yang tepat, mereka melakukannya secara teratur.

Fokus yang Tersisa: Para pemimpin yang bermotivasi diri yakin tentang strategi mereka dan bagaimana mereka merencanakan untuk mencapai tujuan mereka. Mereka dapat memvisualisasikan gambaran besar bersama dengan tantangan di depan.

Bertanggung Jawab: Dengan mengembangkan rasa akuntabilitas yang tinggi, para pemimpin menjadi motivasi diri untuk menyelesaikan penugasan dalam tenggat waktu dan sumber daya yang ditentukan.

Bersenang-senang: Para pemimpin yang bermotivasi diri mendapatkan kesenangan dan mencari cara untuk bersenang-senang dan menikmati pekerjaan.

Berbagai Hambatan yang Memengaruhi Motivasi Diri Pemimpin

Kebiasaan Buruk: Untuk memenuhi hasil yang diinginkan, para pemimpin harus dapat menilai faktor-faktor yang menghalangi mereka mencapai tujuan yang diinginkan dan dapat bekerja untuk menghilangkan kebiasaan tersebut dengan menggantinya dengan kebiasaan positif atau produktif.

Kurangnya Sumber Daya yang Tepat: Dengan tidak adanya ketersediaan sumber daya yang tepat atau optimal, para pemimpin gagal memenuhi tujuan yang diinginkan. Mereka mungkin memiliki masalah yang berkaitan dengan kekurangan dana, kurangnya pelatihan atau ketersediaan tenaga terampil yang diperlukan, keterbatasan teknologi atau pergolakan manajemen.

Para pemimpin yang efektif tidak boleh berhenti pada saat itu; alih-alih, mereka harus mengeksplorasi atau menemukan cara untuk mendapatkannya dengan terlibat dalam diskusi curah pendapat, menetapkan prioritas dan preferensi yang jelas, memperoleh sumber daya yang dibutuhkan satu per satu alih-alih semuanya dengan memecah tujuan menjadi pilihan-pilihan kecil yang dapat dicapai. Ini akan membantu mereka untuk mencapai keunggulan biaya dan dalam mengatasi tekanan yang mereka alami karena tekanan penugasan tertunda dan tidak tercapainya hasil yang diinginkan.

Kurangnya Keinginan: Para pemimpin harus mencoba untuk menikmati kegiatan-kegiatan yang mereka sukai, alih-alih berpegang pada praktik-praktik yang menyedot waktu dan energi mereka, tetapi kemudian mereka tidak mendapatkan kesenangan dari melakukannya.

Tekanan atau Keadaan Eksternal: Tekanan atau keadaan eksternal menggagalkan tingkat motivasi diri para pemimpin yang bisa jadi karena kegagalan dalam memenuhi harapan orang lain dan kegagalan dalam mendapatkan dukungan atau kerja sama yang diinginkan dari orang lain untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Dengan demikian kita dapat menyimpulkan bahwa motivasi diri untuk seorang pemimpin adalah prasyarat penting dan mereka yang memiliki rasa motivasi diri yang tinggi berada dalam posisi yang lebih baik untuk mencapai hasil strategis dan mendorong pertumbuhan dan produktivitas organisasi.

Para pemimpin yang bermotivasi diri merangsang perasaan semangat atau kegembiraan di antara anggota tim untuk mencapai tujuan yang menantang, memperbaiki sistem dan proses yang ada dengan memperjuangkan inisiatif perubahan yang sangat baik dengan dukungan orang lain dan mengelola sumber daya secara optimal.

Mereka memainkan peran penting dalam mendorong keunggulan organisasi dengan menyiapkan contoh di depan tim, memantau kemajuan secara berkala dan memasukkan celah dengan solusi atau solusi proaktif.

Banyak faktor menggagalkan motivasi diri para pemimpin yang dapat berkisar dari faktor pribadi seperti kebiasaan buruk hingga faktor lingkungan atau faktor tidak langsung. Pemimpin kehilangan motivasi yang dibutuhkan karena kurangnya ketersediaan sumber daya yang dibutuhkan seperti teknologi, keterampilan, keuangan atau sumber daya manusia.

Pemimpin yang efisien dan bermotivasi tinggi dituntut untuk melakukan yang lebih baik dan mengatasi semua tantangan dengan mengeksplorasi cara atau alternatif untuk memenuhi hasil yang diinginkan, mendefinisikan dan menerapkan strategi yang kuat dan dengan menetapkan proses yang ada.

***
Solo, Sabtu, 2 November 2019. 7:57 am
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko