Kasus HIV dan Sifilis Meningkat di Indonesia di Tahun 2023

Sabtu, 3 Juni 2023 | 08:59 WIB
0
63
Kasus HIV dan Sifilis Meningkat di Indonesia di Tahun 2023
Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji ketika memberikan pendidikan kesehatan pada warga masyarakat/Foto : Dokpri

Solo – Pada bulan Mei tahun 2023 pihak Mentrian kesehatan Indonesia merilis bahwa angka tingkat kejadian HIV dan Sifilis semakin hari semakin meningkat. Selain angka kejadian yang meningkat juga diiringi dengan tingkat penularan yang cukup tinggi. Hal ini perlu diwaspadai dikarenakan kedua penyakit tersebut merupakan salah satu penyakit yang serius dan cepat menular.

Data Kemenkes menunjukkan bahwa jumlah ibu rumah tangga yang positif terinfeksi HIV hampir mencapai 35%. Angka tersebut bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan kasus HIV pada pekerja seks laki – laki. Juru bicara Kemenkes yaitu dr Muhammad Syahril menyampaikan bahwa “Kasus HIV baru pada kelompok ibu rumah tangga bertambah semakin besar dengan angka 5.100 kasus setiap tahunnya. Tidak hanya ibu rumah tangga saja, saat ini kasus penyakit HIV pada anak usia 1 – 14 tahun mencapai 14.150 kasus. Angka ini setiap tahunnya bertambah sekitar 700 – 1000 anak dengan penyakit HIV”.

Salah satu 2 penyebab utama tingginya penularan HIV pada Ibu Rumah tangga antara lain : Rendahnya pengetahuan akan pencegahan dan dampak penyakit dan Memiliki pasangan dengan perila sex beresiko. Selain penyakit HIV, kasus penyakit sifillis juga meningkat dalam kurun waktu 5 tahun terakhir dari tahun 2016 hingga tahun 2023. Rata – rata penambahannya mencapai 17.000 hingga 20.000 kasus per tahun.

Dokter Syahril menyampaikan bahwa presentasi pengobatan pada pasien sifilis masih rendah. Hal ini disebabkan karena adanya stigma dan unsur malu. Setiap tahunnya, dari lima juta kehamilan yang terjadi, hanya sebesar 25% pada ibu hamil yang melakukan skrining Sifilis. Sedangkan dari 1,2 juta ibu hamil sebanyak 5.590 pada ibu hamil positif penyakit Sifilis.

Kemenkes juga menghimbau kepada semua supaya untuk aktif melakukan pencegahan antara lain Setia pada pasangan agar terhindar dari sex berisiko dan menggunakan pengaman saat berhubungan dengan sex berisiko.

Dosen Spesialis medikal Bedah Prima Trisna Aji menyampaikan bahwa penyakit HIV merupakan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh yang dapat melemahkan kemampuan tubuh melawan infeksi dan penyakit. Apabila sistem kekebalan tubuh manusia hilang maka manusia akan mudah tertular penyakit berbahaya dan akan menyebabkan komplikasi. Hal inilah yang membuat penyakit HIV mematikan serta rawan terhadap komplikasi penyakit. Sedangkan penyakit sifilis merupakan penyakit yang dikenal dengan Raja singa  salah satu penyakit menular seksual atau IMS yang disebabkan oleh infeksi bakteri dengan tanda gejala  munculnya luka pada alat kelamin, dubur, bibir, maupun mulut. Munculnya luka tersebut akan terjadi 10 sampai dengan 90 hari setelah bakteri Treponema pallidum masuk ke dalam tubuh. Lama waktu pemulihan sifilis primer yaitu kurang lebih 3 hingga 6 minggu. Untuk penularan penyakit sifilis salah satunya adalah melakukan hubungan seksualitas berganti – ganti pasangan. *Red