Peringatan Presiden George W Bush dan Bill Gates

Peringatan Presiden George W Bush tahun 2005 dan Bill Gates di Ted Talk tahun 2015 seolah dilupakan atau diabaikan orang. Sekarang baru dokumen ucapan kedua tokoh ini disebar lagi.

Kamis, 16 April 2020 | 06:40 WIB
0
311
Peringatan Presiden George W Bush dan Bill Gates
George W Bush dan Bill Gates (Foto:novakarchive.com)

Presiden George W Bush tahun 2005 sudah memperingatkan ancaman pandemi Flu. Sepuluh tahun sesudahnya, Bill Gates seolah sudah mendapat penampakan bahwa bakal ada pandemi yang disebabkan Coronavirus.

Memang tahun 2002-2003 sempat ada wabah SARS, lalu disusul wabah MERS tahun 2009. Kedua wabah sindrom pernapasan yang amat mematikan ini disebabkan oleh virus BetaCorona yang masih sekerabat dengan virus Corona pemicu Covid-19.

Presiden George W Bush adalah Republikan sejati. Namun visinya mirip seorang Presiden dari Partai Demokrat. Tahun 2005 ia berbicara di National Institutes of Health tentang ancaman Pandemi Flu seperti Pandemi Flu Spanyol tahun 1918-1920. Ia menjanjikan dana antisipasi sebesar 7 Miliar USD.

Sayangnya komitmen ini belakang memudar, terutama di era Presiden Donald Trump.

Pada masa kepresidenan Barack Obama (2008-2016), kepemimpinan AS di dunia masih amat terasa. Misalnya ketika tahun 2014 wabah virus Ebola di sebagian benua Afrika yang sempat mulai menyebar di AS, berhasil diredam berkat kepemimpin AS.

Sekarang AS merasakan dampak kebijakan "Do Nothing" Presiden Donald Trump. Jumlah kasus positif dan pasien Covid-19 di AS sudah melampaui China.

Sayang sekali, peringatan Presiden George W Bush tahun 2005 dan Bill Gates di Ted Talk tahun 2015 seolah dilupakan atau diabaikan orang. Sekarang baru dokumen ucapan kedua tokoh ini disebar lagi.

Malah yang marak adalah Teori Konspirasi yang menuding bahwa Bill Gates dan AS yang menciptakan virus Corona pemicu Covid-19 sebagai senjata biologis lewat rekayasa genetika untuk menghancurkan China.

Namun kearifan Bill Gates tak pudar oleh kekerdilan aneka Teori Konspirasi tadi. Ia menyatakan, Covid-19 bukanlah "the Great Disaster", melainkan "the Great Corrector".

Umat manusia diingatkan oleh pandemi Virus Corona kali ini agar lebih bijak dan tidak tamak hidup di planet Bumi ini. Alam dan segala isinya akan membalas dendam dan melakukan koreksi besar-besaran terhadap akumulasi kesalahan yang kita perbuat selama ini.

***