Apa Itu 'Love Bombing'?

Mengapa bom cinta membingungkan dan kontroversial, itu adalah sesuatu yang tidak boleh dianggap enteng?

Jumat, 3 Februari 2023 | 21:42 WIB
0
161
Apa Itu 'Love Bombing'?
image: Cleveland Clinic

Bentuk pelecehan psikologis dan emosional ini seringkali disamarkan sebagai sanjungan yang berlebihan

Pertama datang cinta, lalu datang pernikahan … Itu adalah sajak anak-anak yang akrab bagi banyak orang, tetapi sebenarnya, ada beberapa tahapan lain yang perlu terjadi agar hubungan yang sehat dapat berkembang. Cinta adalah hal rumit yang membutuhkan waktu, investasi, dan kerja.

Jadi, jika hubungan Anda panas pada awalnya tetapi ada sesuatu yang tidak beres, tanyakan pada diri Anda apa yang membuat Anda merasa kewalahan. Apakah Anda dihujani hadiah berlebihan? Apakah Anda tertekan untuk mengambil langkah dan membuat hubungan Anda eksklusif? Apakah Anda melewatkan waktu bersama keluarga dan teman, atau apakah pasangan Anda marah saat Anda menghabiskan waktu bersama orang lain? Jika salah satu dari ini benar, Anda mungkin mengalami pelecehan psikologis dan emosional dalam bentuk bom cinta (love bombing).

“Awalnya, Anda mungkin merasa aman, terjamin, dan terhanyut karena gerakan besar adalah dorongan harga diri dan membuat Anda merasa penting dan diinginkan,” kata psikolog Alaina Tiani, PhD. “Tetapi tujuan akhir dari pengebom cinta bukan hanya untuk mencari cinta, tetapi untuk mendapatkan kendali atas orang lain. Seiring waktu, gerakan besar itu adalah upaya untuk memanipulasi Anda dan membuat Anda merasa berhutang dan bergantung padanya.

Dr. Tiani menyelami detail tentang apa yang membuat bom cinta begitu rumit dan tanda-tanda yang harus Anda perhatikan di sepanjang jalan.

Apa itu bom cinta?

Bom cinta adalah bentuk pelecehan psikologis dan emosional yang melibatkan seseorang yang melampaui Anda dalam upaya memanipulasi Anda untuk menjalin hubungan dengannya. Ini terlihat berbeda untuk setiap orang, tetapi biasanya melibatkan beberapa bentuk:

  • Sanjungan dan pujian yang berlebihan.
  • Komunikasi berlebihan tentang perasaannya untuk Anda.
  • Menghujani Anda dengan hadiah yang tidak dibutuhkan / tidak diinginkan.
  • Pembicaraan awal dan intens tentang masa depan Anda bersama.

Love bombing bisa terjadi secara sengaja maupun tidak sengaja. Meski paling sering dikenali oleh pasangan romantis, anggota keluarga dan teman Anda juga bisa mengebom Anda.

Biasanya didorong oleh rasa tidak aman seseorang, ketidakmampuan untuk percaya dan ketergantungan pada orang lain. Meski bisa dilakukan siapa saja, bom cinta paling sering dikaitkan dengan orang-orang yang memiliki gaya keterikatan cemas atau tidak aman atau gangguan kepribadian narsistik. Orang juga dapat mempelajari perilaku ini dengan mempelajarinya dari orang tua mereka (seperti agresi pasif) atau dari hubungan yang kasar di masa lalu. Ini juga bisa menjadi efek samping dari trauma masa kecil yang belum terselesaikan (meskipun tidak selalu demikian).

“Jika Anda menolak ajakan dari seseorang yang suka membom Anda atau dia merasa Anda tidak memenuhi kebutuhannya, dia mungkin akan mengancam atau mencaci Anda,” jelas Dr. Tiani. "Dia menginginkan jaminan terus-menerus bahwa dia dicintai dan berharga dan ini berasal dari rasa tidak aman yang mendasarinya."

Dan sementara dia menghabiskan hari-hari awal terlalu memaksakan diri untuk memenangkan hati Anda, ketika fase bulan madu berakhir dan kehidupan nyata dimulai, seseorang yang menyukai bom dapat menggunakan taktik yang lebih manipulatif seperti gaslighting atau kekerasan dalam rumah tangga untuk mempertahankan pasangannya. .

“Love bombing adalah situasi yang sulit untuk dihilangkan karena Anda mungkin tidak tahu seberapa tulus seseorang sampai terlambat,” kata Dr. Tiani.

Love bombing cenderung terjadi dalam tiga fase:

• Fase Idealisasi: Selama fase ini, pasangan Anda membombardir Anda dengan cinta dan kasih sayang yang berlebihan untuk menarik Anda dan meyakinkan Anda untuk lengah. Pada awalnya, mungkin tampak terlalu bagus untuk menjadi kenyataan atau mudah untuk terhanyut.

• Fase Devaluasi: Setelah Anda lengah dan merasa nyaman dalam hubungan, tanda bahaya mulai muncul. Pasangan Anda mungkin mencoba untuk mengendalikan Anda dengan berbagai cara. Dia mungkin menjadi lebih menuntut waktu Anda dan marah ketika Anda membuat rencana tanpa dia. Dia mungkin juga mencoba membatasi akses ke teman dan keluarga Anda, dan membuat Anda berpikir bahwa tidak ada yang salah dengan perilakunya. Dalam kasus yang paling parah, dia mungkin menggunakan rasa takut dan intimidasi untuk membuat Anda berperilaku berbeda dari biasanya dan bahkan menggunakan kekerasan fisik.

• Fase Pembuangan: Saat Anda mengonfrontasi dia tentang perilaku berbahayanya atau mencoba mengatur ulang batasan yang sehat, pasangan Anda mungkin menghindari pertanggungjawaban dengan menolak untuk bekerja sama dan berkompromi atau dengan meninggalkan hubungan. Ini dapat membuat Anda merasa bingung, atau seperti Anda gagal memperbaiki sesuatu.

“Ketika itu berakhir, Anda mungkin memiliki emosi yang saling bertentangan karena sementara Anda memiliki keterikatan atau cinta untuk orang yang Anda cintai membom Anda, Anda juga mungkin merasa marah atau sedih tentang bagaimana keadaannya,” aku Dr. Tiani. "Seringkali, mereka akan mencoba untuk kembali dan mengulangi prosesnya dengan menghubungi Anda - dan saat itulah Anda berisiko tersedot kembali."

Bagaimana bom cinta berbeda dari hubungan cinta?

Jadi, bagaimana Anda tahu jika hubungan Anda nyata? Apakah itu benar-benar bom cinta atau dia hanya menyukai Anda? Tiani menjelaskan bahwa taruhan terbaik Anda dalam mencari tahu ini adalah untuk mengidentifikasi apakah dia melibas batas sehat Anda atau tidak.

“Lakukan percakapan terbuka dengannya tentang perasaan Anda dan apa batasan Anda dan lihat bagaimana tanggapannya,” saran Dr. Tiani.

“Jika Anda menyuarakan sesuatu yang membuat Anda tidak nyaman dan seseorang menerima umpan balik itu dan memasukkannya serta mengubah perilakunya ke depan, dia mungkin menghormati Anda dan peduli dengan hubungan Anda. Tetapi jika dia agresif, argumentatif, atau terus tidak menghormati batasan Anda, itu adalah tanda bahaya.

Tes lakmus lain yang dapat Anda lakukan adalah memeriksa keluarga dan teman Anda untuk mendapatkan perspektif baru. Anda juga ingin memeriksa diri sendiri dan memercayai firasat yang Anda miliki ketika ada sesuatu yang salah.

“Hubungan yang baik terasa menyenangkan,” kata Dr. Tiani. “Jika rasanya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, itu mungkin indikasi bahwa ada sesuatu yang terjadi. Sangat penting bahwa ketika perasaan itu muncul, Anda menyetelnya alih-alih mengesampingkannya.

Tanda-tanda pengeboman cinta

Saat Anda terjebak dalam siklus bom cinta, mungkin sulit untuk menemukan tanda-tanda masalah — tetapi tanda-tanda itu ada, jika Anda tahu ke mana mencarinya. Berikut adalah beberapa tanda umum dari love bombing:

1. Dia memberi Anda hadiah yang tidak perlu

Seorang pengebom cinta mungkin menghujani Anda dengan hadiah tak terduga sebagai tanda kasih sayangnya. Meskipun pemberian hadiah adalah bahasa cinta bagi sebagian orang, hal ini menjadi masalah ketika hadiah tersebut tidak diperlukan, tidak diinginkan, boros, atau berlebihan. Jika Anda memberi tahu bahwa Anda tidak menginginkan hadiah ini dan dia tetap memberikannya kepada Anda, ini adalah tanda bahaya bahwa Anda sedang dibom cinta.

“Ini lebih dari sekadar bunga pada kencan pertama,” catat Dr. Tiani. “Hadiah ini biasanya merupakan pembelian yang cukup rumit, mahal, atau besar untuk memenangkan hati Anda.”

2. Dia terburu-buru untuk mengunci sesuatu

Orang yang suka bom cenderung melompati senjata. Dia akan dengan cepat memanggil Anda belahan jiwanya, berfantasi tentang kawin lari (dan berbicara secara terbuka tentang fantasi itu) atau dia akan berbicara tentang bertemu Anda seolah-olah itu adalah mimpi seumur hidup. Dia bahkan mungkin tertarik untuk memperkenalkan Anda kepada teman dekat dan anggota keluarga langsung, meskipun rasanya terlalu cepat. Dan dia cenderung memunculkan ide komitmen di awal hubungan, atau bahkan melewatkan tonggak penting untuk bergegas menuju akhir yang bahagia.

“Dia ingin menciptakan rasa keintiman, kedekatan, dan komitmen dengan sangat cepat,” kata Dr. Tiani. "Setelah tiga kencan, dia mungkin mengatakan hal-hal seperti, 'Kamu adalah belahan jiwaku,' dan meskipun itu terasa menyenangkan, itu juga bisa membuat kewalahan."

3. Dia selalu tersedia dan menuntut perhatian Anda

Seseorang yang menyukai bom akan tampak lebih bergantung pada Anda daripada orang lain untuk kenyamanan, waktu, energi, dan dedikasi. Seiring waktu, saat hubungan Anda berkembang, dia mungkin menjadi lebih menuntut dengan marah kepada Anda atau cemburu pada teman atau anggota keluarga lainnya.

Ketika ini terjadi, dia mungkin memberikan ultimatum yang tidak adil yang memaksa Anda untuk memilih antara dia dan orang lain yang Anda sayangi — dan bahkan tanggung jawab lain yang harus Anda kerjakan, hobi, dan lainnya.

“Dia lebih suka Anda menghabiskan waktu bersamanya dibandingkan dengan orang penting lainnya karena dia ingin memonopoli waktu Anda sehingga Anda hanya mengandalkannya,” kata Dr. Tiani. “Seiring waktu, dia dapat mulai membuat Anda merasa bersalah untuk tetap bersamanya atau mengutamakan dia daripada orang lain dan hal-hal yang Anda pedulikan.”

4. Dia tidak bisa menerima jawaban 'tidak'

Tidak berarti tidak dalam setiap keadaan. Periode. Titik.

Tetapi jika Anda memberi tahu seorang pelaku bom cinta bahwa Anda tidak setuju dengan perilakunya atau mencoba menetapkan batasan yang sehat, dia cenderung menjadi argumentatif, mempertanyakan cara berpikir Anda, dan bahkan mungkin mendorong Anda untuk percaya bahwa Anda salah karena mengatakan tidak di tempat pertama.

“Jika terasa seperti batas atau banyak batas telah dilanggar, itu pertanda bahwa suara Anda tidak didengar dan pendapat Anda tidak penting dalam hubungan tersebut,” kata Dr. Tiani.

5. Dia lebih menyukai Anda saat Anda sendirian

Dengan mengasingkan Anda dari keluarga dan teman, seseorang yang menyukai bom memperkuat kendalinya atas Anda dan aktivitas yang Anda ikuti.

Terkadang, ini bisa sangat jelas, seperti jika dia menolak untuk mengizinkan Anda melakukan aktivitas tertentu, pergi ke lokasi tertentu, atau menghabiskan waktu bersama orang lain tanpa kehadirannya. Di lain waktu, isolasi yang dia paksakan lebih halus, seperti jika dia menjadi murung, gelisah, atau sedih setiap kali Anda mencoba melakukan sesuatu tanpa dia.

Apa pun itu, jika pasangan Anda mencoba memaksa Anda melakukan sesuatu yang tidak Anda sukai atau membuat Anda merasa tidak aman, ini adalah tanda pelecehan emosional.

6. Dia mengkomunikasikan cintanya secara berlebihan kepada Anda

Bom cinta tidak selalu melibatkan tampilan yang jelas tentang pemberian hadiah, gerakan besar, dan manipulasi tatap muka. Terkadang, hal itu bisa terjadi secara lebih halus dalam percakapan sehari-hari.

Seseorang yang menyukai bom mungkin sering memeriksa apa yang Anda lakukan saat dia tidak ada. Mungkin dia terlalu mengkomunikasikan perasaannya tentang Anda atau memeriksa lokasi Anda. Kadang-kadang, dia bahkan berlebihan secara online dengan terlalu sering memposting perasaannya tentang Anda dalam upaya untuk mendapatkan penerimaan publik atas hubungan Anda.

“Banyak yang bisa verbal,” kata Dr. Tiani. “Kalau berlebihan dan rasanya bergerak terlalu cepat, itu tandanya Anda mungkin sedang dibom cinta. Seiring berjalannya hubungan, kejadian ini bisa menjadi lebih intens.”

7. Anda merasa kewalahan, gelisah, atau kehilangan keseimbangan

Terkadang, tidak apa-apa untuk bertanya-tanya apakah Anda berada di halaman yang sama dengan pasangan Anda. Kita semua mencintai dengan kecepatan dan tahap yang berbeda, dan apa yang terasa tepat untuk orang lain mungkin tidak cocok untuk Anda. Jika Anda pernah merasa gelisah, tidak seimbang, atau kewalahan — dan Anda mengkomunikasikan perasaan ini kepada pasangan Anda, tetapi dia tidak membalas perasaan itu atau merespons dengan cara yang sehat dan positif — ini adalah tanda-tanda bahwa masalah mungkin sedang terjadi.

Cara sembuh dari dibom cinta

Bisakah suatu hubungan bertahan ketika Anda telah dibom cinta? Jawabannya adalah sebagian besar tergantung pada individu yang melakukan bom cinta.

“Akan sangat membantu untuk meluangkan waktu sejenak dan menciptakan ruang dari orang yang suka mengebom Anda untuk memeriksa bagaimana perasaan Anda dan bagaimana Anda ingin mendekati situasi tersebut,” saran Dr. Tiani.

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin ingin meninjau kembali percakapan tentang batasan sehat Anda, menentukan perilaku apa yang dapat diterima, dan melihat apakah ada kesempatan bagi pasangan Anda untuk belajar dan beradaptasi. Tetapi jika Anda mencoba melakukan percakapan ini dan perilakunya berlanjut atau menjadi lebih buruk, Anda perlu mempertimbangkan cara mengakhiri hubungan dengan aman.

“Penting untuk menyadari bahwa kemungkinan besar Anda tidak akan dapat mengubah perilaku mereka atau membuat mereka memperlakukan Anda sebagaimana Anda ingin diperlakukan. Anda mungkin merasa malu jatuh cinta pada orang ini, tetapi penting untuk diingat bahwa itu bukan salah Anda,” kata Dr. Tiani meyakinkan. “Daripada menyalahkan diri sendiri, carilah dukungan dari keluarga dan teman selama ini.”

Menemui terapis juga dapat membantu untuk mengurai jaring membingungkan yang ditinggalkan oleh tindakan bom cinta, karena Anda kemungkinan besar akan mengalami banjir emosi yang mencakup depresi, kecemasan, kemarahan, kesedihan, kebingungan, duka, dan kehilangan.

“Seorang terapis dapat membantu memvalidasi apa yang terjadi, bagaimana perasaan Anda tentang hal itu dan membantu Anda mengendalikan emosi, stres yang Anda alami, dan – jika Anda membutuhkannya – nasihat tentang cara mengakhiri hubungan,” tambahnya.

Lebih penting lagi, jika Anda pernah merasa tidak aman atau mengalami kekerasan atau pelecehan fisik, Anda dapat berbicara dengan dokter Anda tentang apa yang terjadi.

Sementara bom cinta membingungkan dan kontroversial, itu adalah sesuatu yang tidak boleh dianggap enteng. Dalam banyak kasus, lama setelah Anda meninggalkan hubungan, mungkin sulit untuk memercayai calon pasangan lain dan memercayai perasaan Anda sendiri saat berkencan. Tetapi ada kehidupan setelah bom cinta, dan itu dimulai dengan bersikap terbuka dan jujur pada diri sendiri tentang pengalaman Anda dan menetapkan batasan yang sehat dengan pasangan baru sejak awal.

“Dalam hubungan apa pun, melakukan check-in di sepanjang jalan dan bersikap terbuka tentang di mana Anda dan pasangan berada dengan berbagai hal selalu merupakan ide yang bagus,” kata Dr. Tiani.

***
Solo, Jumat, 3 Februari 2023. 9:05 pm
'salam hangat penih cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko