Kepemimpinan [22] Transleader: Strategi, Kepemimpinan, dan Jiwa

Penyelarasan "jiwa" ini di antara pelanggan, karyawan, dan mitra bisnis adalah kebutuhan mendasar bagi keberhasilan pemimpin dan organisasi.

Jumat, 14 Juni 2019 | 20:37 WIB
0
260
Kepemimpinan [22] Transleader: Strategi, Kepemimpinan, dan Jiwa
ilustr: inc.com

Salah satu ide besar yang sedang dibicarakan belakangan ini adalah interaksi strategi, kepemimpinan, dan jiwa organisasi yang ketika mereka bekerja bersama-sama dapat menciptakan pemimpin yang luar biasa dalam lanskap bisnis abad ke-21.

Ini adalah premis buku oleh Sertl dan Huberman yang berteori bahwa bagi para pemimpin untuk menjadi sukses di abad ke-21, mereka membutuhkan perpaduan strategi yang dipikirkan kembali setiap saat, kepemimpinan yang bergantung pada penginderaan relevansi di semua bidang, hidup dan bisnis, dan akhirnya, integrasi nilai-nilai dan keyakinan batiniah individu dengan nilai-nilai organisasi. Intinya di sini adalah agar para pemimpin berhasil dalam lanskap abad ke-21, diperlukan model kepemimpinan terintegrasi yang diajukan Sertl dan Huberman.

Untuk mengambil aspek pertama, strategi dalam model kepemimpinan ini selalu berubah untuk mencerminkan pasar yang lancar di mana pergantian ide, mode, dan tren yang cepat berarti bahwa strategi harus terus disempurnakan dan dipikirkan kembali.

Strategi dalam hal ini bukan hanya sesuatu yang disusun setiap beberapa tahun dan kemudian diikuti terlepas dari perubahan di dunia eksternal. Alih-alih, strategi berubah dengan setiap perubahan tren yang relevan.

Perhatikan penekanan pada istilah yang relevan karena strategi tidak dapat berubah dengan setiap tren atau tren yang lewat dan sebagai gantinya, pemimpin harus mengevaluasi relevansi tren dengan bisnisnya dan kemudian menyusun strategi yang sesuai. Selain itu, perlu ada strategi yang dinamis untuk mengatasi perubahan tektonik di dunia bisnis dan karenanya strategi tidak boleh statis.

Baca Juga: Kepemimpinan [21] Kepemimpinan untuk Abad ke-21

Selanjutnya, kepemimpinan harus responsif terhadap kompleksitas, ambiguitas, dan ketidakpastian. Tidak ada gunanya bagi seorang pemimpin untuk merasa puas dengan keyakinan bahwa dia tahu setiap detail bisnis dan karenanya tidak melihat perlunya bekerja melalui aspek-aspek ini.
 
Masa kepemimpinan berdasarkan pengetahuan dan pengalaman sudah ketinggalan zaman, karena "transleader" perlu transformasional dalam arti bahwa dia harus menggabungkan pengetahuan dan pengalaman bersama dengan pemahaman intuitif dari tiga aspek yang tercantum di atas. Intinya di sini adalah bahwa Transleader harus mampu membuat intuisi dan merasakan perubahan di dunia luar dan bereaksi serta merespons sesuai.
 
Aspek ketiga, yang revolusioner, adalah bahwa transleader haruslah seseorang yang nilai-nilai dan keyakinan batiniahnya mencerminkan nilai-nilai organisasi dan sebaliknya. Hanya melalui integrasi ini, kekuatan dan efisiensi organisasi akan diungkit dan pemimpin serta karyawan dapat menemukan kesuksesan dan kepuasan dalam karier mereka.
 
Intinya di sini adalah bahwa penyelarasan "jiwa" ini di antara pelanggan, karyawan, dan mitra bisnis adalah kebutuhan mendasar bagi keberhasilan pemimpin dan organisasi. Sebagai kesimpulan, organisasi masa depan akan memiliki transleader yang dapat memainkan peran transformatif dan dengan membangkitkan kembali jiwa organisasi, mereka dapat memimpin mereka menuju kesuksesan yang lebih besar.
 
***
Solo, Jumat, 14 Juni 2019. 8:04 pm
‘salam sukses penuh cinta’
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko