Tips Berbisnis Telur Ayam Bagi Pemula

Jenis ayam yang dijual ini juga tidak berbau, tidak menimbulkan suara ketika digoyangkan, dan secara fisik tidak ada cacatnya.

Selasa, 31 Mei 2022 | 21:30 WIB
0
148
Tips Berbisnis Telur Ayam Bagi Pemula
tips berbisnis telur ayam bagi pemula

Telur ayam menjadi salah satu makanan yang harganya murah dan banyak disukai oleh orang Indonesia. Telur ayam juga menjadi makanan yang variatif dan cara pengolahannya mudah. Tahukah Anda bahwa berbisnis telur ayam menjadi salah satu bisnis yang keuntungannya luar biasa.

Tapi segala jenis bisnis harus dilakukan dengan langkah yang tepat, seperti pada bisnis telur ayam tersebut. Selain itu bisnis telur ayam juga tidak memerlukan modal yang besar, hanya dengan modal kecil saja Anda sudah bisa berbisnis.

Tips Berbisnis Telur Ayam untuk Pemula dengan Tepat
Dalam memulai bisnis telur ayam, Anda bisa dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Menentukan Jenis Telur Ayam yang Akan Dijual
Sebelum Anda memulai bisnis telur ayam sebaiknya cari tahu terlebih dulu jenis telur apa yang nanti akan dijual. Misalnya telur ayam kampung atau bisa juga telur ayam ras atau ayam negeri.

Telur ayam kampung biasanya lebih disukai oleh banyak orang tapi memiliki bentuk yang agak lebih kecil. Rasanya pun jauh lebih enak dibanding jenis telur ayam yang lainnya. Tapi harganya pun lebih mahal dan stoknya terbatas sehingga sulit diperoleh.

Maka telur ayam kampung agak kurang pas jika dijadikan salah satu jenis bisnis yang akan dijalankan. Lebih disarankan untuk bisnis telur ayam ras atau ayam negeri saja dibanding ayam kampung.

Apalagi harganya cukup terjangkau dengan stok yang banyak sehingga tidak sulit mendapatkannya. Itulah sebabnya telur ayam negeri menjadi salah satu bahan pokok yang diperlukan masyarakat Indonesia.

2. Menentukan Cara Berjualan Telur Ayamnya
Banyaknya orang yang sudah berbisnis telur ayam saat ini, tentu membuat Anda harus memiliki perhitungan strategi yang tepat dalam cara berjualannya. Cara Anda memasarkan telur harus berbeda dengan penjual yang lainnya, agar bisa laku di pasaran.

Beberapa cara dalam menjual telur ayam bisa dilakukan dengan cara berikut:

  • Menyewa lapak di pasar untuk mulai berjualan telur ayam.
  • Menjadi pemasok utama dalam penyedia telur ayam ras atau istilahnya menjadi agen telur ayam.
  • Menjual telur secara online, sehingga bisa mendapat pangsa pasar yang luas.

3. Pilih Lokasi Usaha yang Strategis
Apabila Anda akan membuka usaha berjualan telur ayam sebaiknya pilih lokasi yang strategis, misalnya di pinggir jalan raya agar mudah dijangkau oleh pembeli. Pastikan juga para target konsumen Anda adalah orang-orang sangat memerlukan telur ayam.

Segala hal yang berkaitan dengan lokasi dari penjualan telur ayam akan memengaruhi perkembangan dalam berbisnis telur ayam tersebut. Lakukan komunikasi dengan konsumen yang membuat mereka nyaman sehingga mereka selalu membeli telur di toko Anda.

Baca Juga: Bahaya Menggunakan Masker Putih Telur

4. Pilih Telur Ayam yang Berkualitas Baik
Perhatikan juga bagaimana kualitas telur ayam yang akan dijual di toko Anda. Pilih telur yang berkualitas, dalam kondisi cangkang yang utuh, serta tidak terkena kotoran.

Jenis ayam yang dijual ini juga tidak berbau, tidak menimbulkan suara ketika digoyangkan, dan secara fisik tidak ada cacatnya. Jika telur ayam yang Anda jual kualitasnya bagus maka pembeli akan kembali lagi ke tempat Anda untuk membeli telur ayam tersebut.

5. Bekerja Sama dengan Pemasok Telur
Anda juga bisa mencari pemasok atau supplier telur ayam yang besar, berpengalaman, dan bisa memberi harga terjangkau. Pastikan juga mereka memiliki telur-telur ayam yang berkualitas baik. Tak hanya kualitasnya, tapi pertimbangkan juga jarak antara toko Anda dengan tempat si pemasok itu berjualan. Biaya pengiriman juga perlu Anda perhitungkan agar keuntungan dapat maksimal.

Bagi Anda yang bertanya bagaimana cara berbisnis telur ayam, kini sudah mendapatkan jawabannya. Salah satu supplier telur berkualitas tinggi terbaik adalah Indofarm. Telur Indofarm mengandung nutrisi dan omega 3 yang tinggi. Selain itu, Telur Indofarm dihasilkan secara organik dan higenis, sehingga terbebas dari bahan kimia dan bakteri berbahaya.

Baca Juga: Intip Perbedaan Telur Ayam Kampung dan Telur Ayam Negeri

Jika Anda tertarik untuk memulai usaha sebagai pebisnis telur ayam, kunjungi laman Indofarm. Anda juga dapat mempelajari ragam telur yang dijual dengan mengunjungi laman produk Indofarm.