Intip Perbedaan Telur Ayam Kampung dan Telur Ayam Negeri

Telur ayam kampung jauh lebih aman dikonsumsi saat kondisinya setengah matang, karena ketahanan tubuh ayam kampung jauh lebih baik dibandingkan negeri.

Selasa, 31 Mei 2022 | 19:22 WIB
0
347
Intip Perbedaan Telur Ayam Kampung dan Telur Ayam Negeri
perbedaan telur ayam kampung dan telur ayam negeri

Terdapat dua jenis telur yang terkenal di pasaran yaitu telur ayam negeri atau ras dan telur ayam kampung. Walaupun sama-sama jenis telur tapi keduanya memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Banyak yang mengatakan bahwa telur ayam kampung lebih baik. Tapi apakah benar demikian?

Perbedaan antara telur ayam kampung dan negeri ini, bisa dilihat dari fisiknya baik dari cangkangnya, putih dan juga kuning telurnya, hingga kandungan nutrisi di dalamnya. Jika Anda berniat untuk menjalankan bisnis telur ayam, harus bisa membedakan kedua jenis telur itu sendiri.

Jika dilihat sekilas memang bentuk dan secara fisik dari kedua jenis telur ini tampak sama. Namun Anda harus tahu ciri telur ayam negeri dan ayam kampung dengan cara berikut:

1. Perbedaan Fisik Bagian Cangkang
Perbedaan pertama yang akan kita bahas sekarang adalah perbedaan fisik di bagian cangkang telurnya. Cara paling mudah dalam membedakan kedua jenis telur ayam ini dilihat dari bagian cangkangnya. Berikut perbedaan cangkang yang bisa Anda perhatikan.

  • Ukuran, ukuran dari telur ayam kampung jauh lebih kecil dengan rata-rata bobot atau berat sekitar 27 – 56 gr per setiap butirnya. Sedangkan ukuran telur ayam ras jauh lebih besar dengan warna yang berbeda.
  • Warna, warna dari telur ayam kampung adalah putih cenderung krem, sedangkan warna telur ayam negeri adalah kecoklatan. Jenis cangkangnya pun tidak sama, dibanding telur ayam ras telur ayam kampung cangkangnya lebih halus.
  • Tekstur. Apabila diraba, telur ayam ras ini jauh lebih kasar, atau cenderung agak tebal.

Baca Juga: Bahaya Menggunakan Masker Putih Telur

2. Perbedaan Kandungan Nutrisinya
Perbedaan lainnya dari telur ayam kampung dan ayam negeri bisa dilihat dari kandungan nutrisinya. Jika dilihat dari segi nutrisi, jumlah telur ayam kampung sekitar 80 – 100 gr mengandung nutrisi yang berupa:

150 kal energi
10 gr lemak
13 protein
1,5 gr karbohidrat.

Pada telur ayam kampung juga terdapat kandungan vitamin E yang dua kali lipat lebih banyak. Dilihat dari nutrisinya, kandungan pada telur ayam ras meliputi:

150 kal energi
10 gr lemak
12,5 gr protein
1 gr karbohidrat

Telur ayam kampung jauh lebih bergizi tinggi sehingga telur tersebut dianggap lebih alami.

3. Beda dari Putih dan Kuning Telurnya
Warna pada telur ayam kampung bagian kuning telurnya cenderung lebih oranye. Sedangkan ciri-ciri telur ayam ras warna kuning telurnya lebih cerah. Kadar air dari kedua jenis telur itu pun tidak sama.

Kadar air pada telur ayam ras jauh lebih tinggi sehingga bagian putih telurnya pun lebih encer. Sedangkan telur ayam kampung lebih kental dengan kadar air yang lebih sedikit sehingga jika direbus hasilnya akan lebih keras.

4. Aman Dimakan Dalam Kondisi Setengah Matang
Telur ayam kampung jauh lebih aman dikonsumsi saat kondisinya setengah matang, karena ketahanan tubuh ayam kampung jauh lebih baik dibandingkan negeri. Tubuhnya pun lebih sehat dan kuat sehingga hasil telurnya pun lebih sehat dan tahan dari penyakit.

Sedangkan pada telur ayam negeri mengandung bakteri salmonela, yang rawan penyakit apabila dikonsumsi oleh manusia. Sehingga jika memasak telur ayam ras lebih baik dalam kondisi matang sempurna karena bakteri salmonela di dalamnya akan mati dengan suhu yang sangat panas. Ayam negeri memiliki prosentasi positif bakteri salmonela sebesar 3% sedangkan ayam kampung negatif dari bakteri salmonela.

Pilih Telur Ayam Negeri atau Kampung?
Setelah mengetahui perbedaan antara telur ayam negeri dan telur ayam kampung kini Anda bisa memilih telur mana yang cocok untuk Anda. Jika Anda masih bingung, Anda bisa memilih Telur Indofarm. Indofarm menyediakan telur ayam omega 3 organik, telur ayam kampung, telur puyuh omega 3, maupun telur hijau dari ayam hitam.

Telur Indofarm dihasilkan dengan proses organik dan higenis, sehingga terbebas dari bahan kimia dan bakteri berbahaya. Selain itu, Indofarm menjamin kesegaran telur karena dihasilkan dari peternakan sendiri dan dipanen setiap pagi.

Baca Juga: Manfaat Telur Ayam Cemani yang Tak Banyak Diketahui

Jika Anda tertarik untuk mengkonsumsi telur yang sehat, kunjungi laman Indofarm. Anda juga dapat mempelajari ragam jenis telur lebih lanjut dan melakukan pemesanan melalui laman produk Indofarm.