UMP Purwokerto Melantik Pegawai Baru di Guci Forest Tegal Jawa Tengah

Acara tersebut juga sangat mengharukan dikarenakan selain kebersamaan yang sangat kuat juga pendidikan islami yang diberikan untuk membekali pegawai baru dalam mencapai target kampus.

Minggu, 3 April 2022 | 20:36 WIB
0
84
UMP Purwokerto Melantik Pegawai Baru di Guci Forest Tegal Jawa Tengah
UMP Purwokerto Melantik Pegawai Baru di Guci Forest Tegal Jawa Tengah

Universitas Muhammadiyah Purwokerto tepatnya pada tanggal 23 Maret 2022 – 25 Maret 2022 mengadakan acara pelatihan serta pemberian pembekalan dan melantik pegawai baru di Guci Forest tegal Jawa Tengah. Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan bekal serta mendidik pegawai baru sebelum terjun bekerja dibawah bendera kemuhamadiyahan UMP Purwokerto. Salah satu Universitas Swasta terbesar di Jawa Tengah bagian barat ini melantik kurang lebih sebanyak 50 lebih pegawai baru dari tenaga kependidikan dan dosen pengajar.

Pada hari pertama para pegawai baru UMP Purwokerto diberikan pelatihan bertempat di kampus Pusat Universitas Muhammadiyah Purwokerto dari pkl.07.00 wib pagi hingga pkl.21.00 wib malam. Sedangkan pada hari kedua dan ketiga pegawai baru dibawa menuju ke Guci Forest Tegal Jawa tengah untuk mendapatkan pendidikan dan pelatihan.

Para peserta berangkat dari kampus 1 UMP Purwokerto menuju ke Guci Forest pada pkl.07.00 wib tepat dan sampai di Guci Forest Tegal pada pkl. 09.00 wib pagi. Sesampai disana para pegawai baru UMP Purwokerto langsung mendapatkan pelatihan pada pkl. 10.00 wib sampai pkl.12.00 wib yang dipimpin oleh Kepala Biro BSDM Ibu Ardana Ariswari Yuliastuti dengan materi tentang Peraturan bersama Nomor 1 dan 8 tahun 2020 tentang; Kepegawaian. Setelah selesai dilanjut dengan sholat Dzuhur berjamaah serta Kultum dan dilanjut makan siang bersama di Guci Forest tegal Jawa Tengah.

Pada pkl. 13.00 wib tepat pelatihan dilanjutkan dengan materi yang berjudul “Islamic Excellent Service” yang dipimpin oleh Doktor Ugung, yang kali ini membahas tentang bagaimana tentang bekerja serta peningkatan psikologis bagi pegawai baru secara Islami. Acara selesai pada pkl. 15.00 wib kemudian dilanjut dengan acara Sholat berjamaah dan Cofe Break. Tepat pada pkl. 16.00 wib sore acara berlanjut dengan materi yang dipandu oleh Wakil Rektor IV yaitu Dr. Ir. Anwar Ma’ruf, M.T dengan tema Etos Kerja di Amal Usaha Muhammadiyah dan PHIWM (Kehidupan dalam Mengelola Amal usaha dan Mengembangkan Profesi). Acara selesai pada pkl. 17.45 wib yang kemudian dilanjut dengan acara Sholat Maghrib berjamaah dan Kultum serta acara dilanjut makan malam bersama.

Tepat pada pkl. 19.00 wib acara dilanjut dengan Sholat Isya berjamaah dengan siraman Rohani kultum kemudian dilanjut materi yang dipandu oleh Doktor Ugung dengan materi berjudul Kepemimpinan Islami dalam Bekerja. Acara selesai pada pkl. 21.00 wib kemudian dilanjut dengan malam keakraban dengan menikmati sajian bakar jagung, bakar sosis, tempura dan aneka minuman jahe hangat dan yang lainnya.

Tepat pada pkl. 03.00 wib pagi acara dilanjut dengan sesi Sholat Tahajud berjamaah serta dilanjut dengan Sholat Subuh berjamaah dan kultum atau kuliah tujuh menit. Tepat pada pkl. 06.00 wib dilanjut dengan Sarapan pagi bersama di Resto Guci Forest Tegal Jawa Tengah. Pada pkl. 07.00 wib pagi hingga pkl. 10.30 wib dilanjut dengan acara Outbond tentang kebersamaan dan kepemimpinan untuk memajukan UMP Purwokerto dengan target menjadi Kampus terbaik baik Nasional maupun Internasional.

Dalam acara outdoor yang bertajuk “Experiental Learning (Outdoor)” yang dipimpin oleh Doktor Ugung tersebut mengajarkan pendidikan pegawia baru supaya bisa menjadi pekerja yang cerdas, unggul, islami, empati, pekerja keras serta loyalitas dibawah bendera Muhamamdiyah. Acara tersebut berlangsung cukup mengharukan ketika para pegawai baru diberikan amanah untuk menjaga lilin yang menyala yang diberikan oleh Wakil Rektor 4 Doktor Anwar untuk menuju target menuju target tahun 2030 dengan cobaan lemparan bola air serta siraman air dari para mentor. Akhirnya setelah melewati cobaan yang panjang dan meskipun lilit sempat mati sebanyak 2 kali, akhirnya lilin itu bisa menyala hingga akhir tujuan.

Kemudian diakhir acara Wakil Rektor IV yaitu Dr. Ir. Anwar Ma’ruf, M.T memberikan materi tentang Arah Pengembangan Kampus Universitas Muhammadiyah Purwokerto yang kemudian dilanjut dengan Penanda tanganan pakta Integritas dan penyerahan ID Card dilanjutkan Penutupan oleh Rektor. Setelah acara selesai kemudian dilanjut dengan Sholat Jumatan berjamaah yang khotib dipimpin oleh Dr. Ir. Anwar Ma’ruf, M.T.

Setelah acara selesai dilanjut perjalanan pulang menuju kampus pusat Universitas Muhammadiyah Purwokerto menggunakan armada sebanyak 2 bus. Dalam perjalanan pulang tim Pegawia baru UMP Purwokerto mampir menikmati kuliner Sate Kambing Bakar di kota pemalang dengan rasa yang nikmat dan lezat. Tepat pada pkl. 16.00 wib sore para rombongan peserta pegawai baru Universitas Muhammadiyah Purwokerto sampai di Kampus 1 Universitas Muhammadiyah Purwokerto dengan selamat.

Salah satu peserta dosen baru Fakultas Ilmu Kesehatan UMP Purwokerto yaitu “Prima Trisna Aji” menyampaikan bahwa acara tersebut sangat bagus dan mengajarkan kita profesional dalam bekerja secara islami dibawah bendera Muhamamdiyah.

Acara tersebut juga sangat mengharukan dikarenakan selain kebersamaan yang sangat kuat juga pendidikan islami yang diberikan untuk membekali pegawai baru dalam mencapai target kampus Universitas Muhamamdiyah Purwokerto menjadi kampus Unggul dikancah Internasional. Perlu kita ketahui juga bahwa Muhammadiyah merupakan organisasi yang memiliki badan usaha mal terbesar di Asia Tenggara.