Dampak Negatif dan Dampak Positif Gadget, Terutama Kesehatan Fisik

Selasa, 15 Oktober 2024 | 00:20 WIB
0
14
Dampak Negatif dan Dampak Positif Gadget, Terutama Kesehatan Fisik
Gadget

Penggunaan gadget dan akses internet dapat berdampak buruk bagi anak, apalagi jika tidak ada arahan dari orang tua. Bahkan anak- anak hingga orang dewasa pun termasuk pengguna gadget yang cukup aktif. Meski alasan penggunaannya berbeda dengan orang dewasa, penggunaan gadget secara berlebihan tetap dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. 

Dampak Negatif dan Dampak Positif Gadget 

Lantas, apa saja Dampak Negatif dan Dampak Positif Gadget yang dapat terjadi, simak berikut ini.

Dampak positif gadget

Gadget merupakan media yang memudahkan komunikasi manusia di seluruh dunia. Saat ini sudah jadi bagian dari kehiduapan sehari- hari yang tidak terpisahkan. Meskipun gadget dapat memberikan manfaat positif bagi kita, namun jika digunakan tanpa kontrol, gadget dapat memberikan manfaat negatif bagi tumbuh kembang dan kesejahteraan anak. 

Jadi orangtua perlu mengawasi anak supaya durasi penggunaan gadget ini tidak terlalu berlebihan. Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai dampak gadget bagi anak, baik positif maupun negatif. Berikut ini mengenai beberapa dampak positif main gadget:

Melatih Cara Berpikir 

Gadget dapat memberikan sisi positif lainnya seperti banyaknya media interaktif, video game atau aplikasi edukatif lainnya yang cocok untuk anak Anda. Tanpa disadari, hal ini dapat membantu anak untuk merangsang kemampuan berpikirnya, apalagi ketika tidak mengerti, secara otomatis mereka akan bertanya kepada Anda. 

Mengembangkan Keterampilan dengan Konten Edukasi

Dalam praktik pendidikan, manfaat positif penggunaan gadget bagi anak (pendidikan anak usia dini) seperti permainan dan aplikasi yang dapat meningkatkan keterampilan kognitifnya. Misalnya, permainan matematika bagi anak yang ingin meningkatkan kemampuan berhitungnya.  

Mempermudah Belajar Bahasa Asing

Saat ini penggunaan smartphone sudah begitu canggih dan dilengkapi dengan berbagai fitur, salah satunya memudahkan anak dalam belajar bahasa asing. Kelebihan lainnya adalah dapat diakses dimana saja. 

Dengan menggunakan gadget anak anda dapat mempelajari berbagai hal sepeti bahasa asing. Jangan khawatir, jika anak merasa bosan, Anda dapat mengakses permainan edukatif atau film kartun berbahasa asing.

Dampak Negatif Gadget 

Berikut ini dampak negatif gadget perlu diketahui:

Gangguan Tidur

Sebanyak 75% anak menurut penelitian dengan usia sekitar 9 sampai 10 tahun sudah banyak mengalami kesulitan untuk tidur. Yang tentunya, gangguan tidur ini akan berdampak pada prestasi anak anda di sekolah, karena otak dan tubuh mereka tidak bisa beristirahat dengan baik di malam hari akibat berlebihan main gadget.

Sifat Agresif

Selanjutnya yaitu munculnya sikap agresif pada anak anda. Pasalnya, penggunaan gadget yang berlebihan tidak hanya berdampak buruk akibat radiasinya, tetapi juga dampak negatif yang didapat dari konten media yang dikonsumsi. Oleh karena itu, orang tua sebaiknya membatasi waktu penggunaan gadget dan menyaring konten apa saja yang layak dikonsumsi oleh anak usia dini.

Mengganggu Pertumbuhan Otak Anak

Pada usia dini, pertumbuhan otak anak tumbuh sangat pesat. Pertumbuhan otak ini terus berlangsung hingga usia 21 tahun, dan juga dipengaruhi oleh rangsangan dari lingkungan sekitar. 

Jika penggunaan gadget pada anak berlebihan, hal ini dapat menimbulkan dampak negatif seperti keterlambatan kognitif, tantrum, dan menurunnya kemampuan anak untuk mandiri. Untuk mencegah dampak negatif gadget pada anak usia dini, ada baiknya berikan kebebasan kepada mereka untuk menggunakan gadget saat mereka telah mencapai usia tertentu.

Kesehatan Fisik

Penggunaan gadget secara berlebihan memang tidak baik, hal ini kerap dikaitkan dengan gaya hidup yang kurang aktif secara fisik. Anak yang terlalu banyak menghabiskan waktu di depan layar gadget cenderung kurang beraktivitas fisik seperti bermain di luar ruangan maupun di dalam ruangan serta berolahraga. 

Selain itu, anak cenderung lupa untuk belajar. Oleh karena itu, orang tua perlu melakukan pengawasan dan memberikan peringatan kecil seperti mengurangi waktu bermain gadget. 2. Terpapar konten yang tidak pantas

Perlu diwaspadai lagi, anak-anak yang menggunakan gadget secara bebas tanpa pengawasan orang tua dapat berisiko terpapar konten yang tidak sesuai dengan usianya. Internet merupakan tempat yang luas dan tidak terbatas, akibatnya anak-anak rentan terhadap konten yang tidak pantas, kekerasan, bahkan perundungan daring.

Orang tua dan pengasuh perlu mengawasi ketat aktivitas anak dalam menggunakan gadget atau mengakses internet. Memasang filter keamanan dan mengedukasi anak tentang perilaku aman di dunia maya dapat membantu melindungi mereka dari paparan konten yang tidak pantas.

Ketergantungan

Penggunaan gadget yang berlebihan dapat menimbulkan ketergantungan. Anak-anak yang terlalu bergantung pada gadget untuk hiburan atau pemecahan masalah dapat mengalami kesulitan menghadapi tantangan dalam kehidupan nyata. 

Misalnya, karena sering mencari kunci jawaban tugas sekolah, mereka tidak dapat menjawab pertanyaan saat ulangan atau ujian, karena biasanya selalu mengandalkan internet. Orang tua harus menetapkan batas waktu penggunaan gadget minimal 30 menit sehari. Di sisi lain, orang tua sebaiknya mengenalkan anak pada kegiatan kreatif, olahraga, membaca, atau seni untuk membantu mengurangi ketergantungan pada gadget.

Demikian penjelasan tentang Dampak Negatif dan Dampak Positif Gadget, Terutama Kesehatan Fisik seperti yang dilansir slot semoga bermanfaat, terimakasih.