Vaksinasi C-19

Pembagian vaksin juga beragam. Ada yang untuk usia hingga 59 tahun, dan ada yang untuk usia 60 tahun ke atas. Sehingga jenis dan produknya tentu akan berbeda.

Jumat, 11 Desember 2020 | 07:45 WIB
0
168
Vaksinasi C-19
Vaksin Sinovac untuk Covid-19 (Foto: cnnindonesia.com)

Saya termasuk yang senang dan optimistis saat vaksin Covid-19 tiba di Indonesia. Saya juga berkesempatan mengikuti diskusi secara virtual dengan sejumlah dokter spesialis, dokter ahli, termasuk para ahli sosiologi, psikologi, ahli bahasa, dll. Beruntung saya diundang untuk ikut berdiskusi membahas problem pandemi C-19. Dari ahlinya langsung, mengingat terlalu banyak hoax berseliweran di media sosial.

Kali ini, saya ingin berbagi informasi soal imunisasi dan vaksinasi C-19. Imunisasi atau kekebalan, ada alamiah dan ada buatan.

Menurut ahli imunisasi, dr. Elizabeth Jane Soepardi, MPH, C-19 tidak bisa menghasilkan kekebalan alami, karena itu harus melalui vaksinasi. “Darimanapun asal vaksinnya itu nanti, akan melalui pabrik vaksin kita di PT Bio Farma. Mereka sudah mempunyai armada untuk menerima dan mendistribusikan vaksin," kata dokter Jane.

Jadi, Indonesia sudah punya depo-depo vaksin. Provinsi-provinsi juga sudah memiliki cold room, atau lemari penyimpanan khusus. Hal ini menjadi berita gembira bagi saya. Jangan lupa, Indonesia telah memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam melaksanakan program vaksinasi. Proses distribusi vaksin di Indonesia bisa dilakukan dari Aceh sampai Papua.

Inggris sudah mulai melakukan vaksinasi. Semoga Indonesia segera melakukan hal serupa. Tentu saja setelah melalui institusi lain, seperti BPOM dan MUI.

Prioritas tentu saja ada, misalnya untuk tenaga medis, para guru/dosen, wartawan, TNI, Polri dll yang aktivitasnya banyak berinteraksi dengan masyarakat. Termasuk bagi masyarakat prasejahtera untuk digratiskan. Semuanya tentu berdasarlan kemampuan keuangan negara. Jangan sampai ada yang korupsi di sini.

Pembagian vaksin juga beragam. Ada yang untuk usia hingga 59 tahun, dan ada yang untuk usia 60 tahun ke atas. Sehingga jenis dan produknya tentu akan berbeda. Semoga negeri tercinta bisa bebas dari pandemi C-19.

Berpikir positif dan salam sehat untuk semuanya.

***