Virus yang Direkayasa Mungkin Mampu Memblokir Infeksi Coronavirus

Menemukan vaksin yang efektif melawan virus corona yang menyebabkan COVID-19 adalah berpacu dengan waktu, Seratus persen populasi tidak akan terpapar virus pertama kali.

Minggu, 12 April 2020 | 13:15 WIB
0
286
Virus yang Direkayasa Mungkin Mampu Memblokir Infeksi Coronavirus
ilustr: SARS-CoV-2 illustration (stock image).

Tidak ada vaksin yang melindungi orang terhadap infeksi oleh virus corona, termasuk SARS-CoV-2, yang menyebabkan COVID-19, atau yang menyebabkan SARS dan MERS. Ketika COVID-19 terus mendatangkan malapetaka, banyak laboratorium di seluruh dunia telah mengembangkan fokus mirip laser untuk memahami virus dan menemukan strategi terbaik untuk menghentikannya.

Minggu ini di mBio, jurnal American Society of Microbiology, tim peneliti interdisipliner menggambarkan kandidat vaksin yang menjanjikan melawan virus MERS. Sejak wabah MERS (Middle East Respiratory Syndrome) dimulai pada 2012, lebih dari 850 orang telah meninggal, dan penelitian menunjukkan bahwa virus tersebut memiliki tingkat kematian kasus lebih dari 30%.

Dalam makalah yang baru, para peneliti menyarankan bahwa pendekatan yang mereka ambil untuk vaksin virus MERS juga dapat bekerja melawan SARS-CoV-2. Metode pengiriman vaksin adalah virus RNA yang disebut parainfluenza virus 5 (PIV5), yang diyakini menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai batuk kennel pada anjing tetapi tampaknya tidak berbahaya bagi manusia. Para peneliti menambahkan gen tambahan pada virus sehingga sel yang terinfeksi akan menghasilkan S, atau lonjakan, glikoprotein yang diketahui terlibat dalam infeksi MERS.

"Kami tahu orang-orang telah terpapar pada PIV5, tetapi tampaknya itu adalah virus yang tidak berbahaya pada manusia," kata ahli paru-paru anak dan ahli coronavirus Paul McCray, MD, di University of Iowa, di Iowa City, yang turut memimpin penelitian baru ini dengan ahli virologi Biao He, Ph.D., di University of Georgia, di Athena. "PIV5 sepertinya tidak menyebabkan efek sitopatik."

Virus MERS tidak dapat ditiru pada tikus, jadi untuk menguji vaksin, McCray mengembangkan model tikus yang meniru infeksi manusia. Tikus-tikus tersebut telah direkayasa secara genetik untuk mengekspresikan DPP4, protein yang digunakan oleh virus MERS sebagai titik masuk bagi sel manusia.

Tes laboratorium menunjukkan bahwa dosis tunggal vaksin, yang diberikan secara intranasal, secara efektif menyebabkan sel-sel yang terinfeksi menghasilkan protein S, yang pada gilirannya memicu respons kekebalan terhadap protein dalam inang hewan.

Empat minggu setelah tikus menerima vaksin, mereka terpapar virus MERS, yang diadaptasikan pada tikus untuk menyebabkan infeksi yang mematikan. Virus MERS juga diberikan kepada kelompok tikus yang telah menerima vaksin PIV5 berbeda - satu tanpa gen untuk protein S - atau vaksin intramuskular dengan virus MERS yang tidak aktif.

Semua tikus yang diimunisasi dengan virus PIV5 yang dimodifikasi selamat dari infeksi virus MERS. Sebaliknya, semua tikus yang diimunisasi dengan PIV5 tanpa S meninggal karena infeksi. Vaksin intramuskular virus MERS yang tidak aktif hanya melindungi 25% tikus dari infeksi mematikan. Tikus yang menerima virus MERS yang tidak aktif menunjukkan kadar eosinofil di atas rata-rata, sel darah putih yang mengindikasikan infeksi atau peradangan.

Baca Juga: Surat Keren soal Corona Catut Bill Gates, Cara Cerdas Strategi Komunikasi

Koneksi ini menimbulkan masalah keamanan untuk virus MERS yang tidak aktif sebagai vaksin potensial, kata Biao He. Studi ini menunjukkan bahwa vaksin berbasis PIV5 intranasal efektif terhadap MERS pada tikus, kata He, dan harus diselidiki karena potensinya terhadap virus corona berbahaya lainnya, termasuk SARS-CoV-2.

"Kami cukup tertarik menggunakan virus sebagai sarana pengiriman gen," kata McCray, yang juga telah menyelidiki strategi serupa sebagai cara untuk mengobati fibrosis kistik. Sekarang, seperti rekan-rekan di seluruh dunia, McCray dan Biao He sama-sama memfokuskan upaya penelitian mereka pada SARS-CoV-2, mengambil cara yang sama untuk bekerja dengan model infeksi tikus dan menguji vaksin.

Menemukan vaksin yang efektif melawan virus corona yang menyebabkan COVID-19 adalah berpacu dengan waktu, kata McCray. "Seratus persen populasi tidak akan terpapar virus pertama kali, yang berarti akan ada lebih banyak orang yang terinfeksi ketika datang lagi," katanya. "Kami belum tahu apakah orang mendapatkan kekebalan abadi dari infeksi SARS-CoV-2, jadi penting untuk memikirkan cara melindungi populasi."

(Materials provided by American Society for Microbiology)

***
Solo, Minggu, 12 April 2020. 1:01 am
'salam sehat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko