Asal Muasal Kompas [26] Pembentukan Kader

Ketika kantor Redaksi pindah ke Palmerah pada tahun 1972 dan kemudian Pak Jakob menunjuk empat redaktur sebagai koordinator, liputan komando menyeluruh tetap berada padanya.

Rabu, 11 September 2019 | 07:57 WIB
0
961
Asal Muasal Kompas [26] Pembentukan Kader
Suryopratomo (Foto: mediaindonesia.com)

Ketika terbit pertama kali, 28 Juni 1965, nama-nama anggota Redaksi Kompas terpampang di pojok kiri atas halaman I . Sedangkan informasi bisnisnya dimuat di pojok kanan. Kedua tempat tersebut  dalam perkembangannya biasa disebut dengan “kuping kiri” dan “kuping kanan”. Dari kedua “kuping” tersebut pembaca akan mendapatkan informasi, siapa pimpinan Kompas saat itu dan informasi bisnisnya.

Pertama kali terbit, dalam boks “kuping” kiri tertulis:

Pemimpin Redaksi/Penanggung Jawab: Drs. Jakob Oetama
Staf Redaksi: Drs. J. Adisubrata, Lie Hwat Nio, SH, Marcel Beding, Th. Susilastuti, Tan Soei Sing, J.Lambangdjaja, Tan Tik, Hong, Th Ponis Purba, Tinon Prabowo, Eduard Liem.
Redaksi Pagi : Jalan Pintu Besar Selatan 86-88 Djakarta Kota.
Telpon 23666-23667
Redaksi Malam: Kramat Raja 40 Telpon 44802
Tata Usaha: Jalan Pintu Besar Selatan 80 Djakarta Kota Telpon 23666-23667

Sementara itu di “kuping” kanan tertulis:

Pemimpin Umum/Direksi: F.C.Palaunsuka
Penerbit: Jajasan Bentara Rakjat
Idjin: Keputusan Menteri Penerangan no 008/U/SK/DPHM/SIT/1965 Tanggal 9-6-1965
Terbit: Tiap pagi ketjuali hari Minggu
Percetakan:  PN Eka Grafika
Langganan: Rp. 500/bulan termasuk ongkos kirim dan sumbangan  Monas. Eceran Rp. 25
Iklan: Rp. 15 per mm/kolom Telp 23216

 Perubahan isi boks pertama kali terjadi di “kuping kanan”pada tanggal 02 Agustus 1965. Saat itu pencetakan Kompas dipindah dari Eka Grafika ke Masa Merdeka Ltd.  Selain itu harga langganan naik dari Rp. 500 menjadi Rp. 800 termasuk ongkos kirim, harga eceran dari Rp. 25 menjadi Rp. 40 dan tarif iklan dari Rp. 15 menjadi Rp. 30 per mm kolom. Perubahan di boks ini relatif sering terjadi karena harga koran dan tarif iklan sering berubah sesuai perkembangan inflasi, kenaikan harga dan pertambahan oplah Kompas.

Boks “kuping kiri” pertama kali berubah ketika ada penambahan anggota staf Redaksi. Pertama kali berubah ketika tanggal 01 September masuk nama Leo Hadi dan Erka Muchsin, disusul nama August Parengkuan (6/9).

Tahun berikutnya (1966) bertambah dengan nama J. Widodo (13/04), J. Roestam Afandi (15/04), Dra. Nio Gien Nio (dua minggu kemudian ganti Dra Threes Nio)  dan A.Tarjadi (08/06). Pada tahun itu dimuat juga nama wartawan foto, Max Watung (28/6/66 hingga 16/2/67). Pada bulan Agustus 1966 nama P. Swantoro masuk boks sebagai Wakil Pemimpin Redaksi.

Setelah itu masuk beberapa nama namun jumlahnya tak lebih dari 19 orang. Nama-nama ini tidak bertambah hingga tahun 1980 walaupun jumlah wartawan bertambah banyak. Ketika itu belum ditemukan pedoman, siapa yang namanya layak masuk boks tersebut. Mulai tanggal  24 Oktober 1986 “kuping kiri” hanya berisi nama-nama pimpinan tingkat pemimpin umum hingga wakil redaktur pelaksana dan sekretaris redaksi. Semua redaktur dan wartawan dimuat di halaman IV kiri bawah.

**

Pencantuman nama-nama dalam boks Redaksi di “kuping kiri” menarik untuk disimak karena dari data itu terlihat bahwa sejak terbit hingga tanggal 02 Juli 1980, saat muncul jabatan Redaktur Pelaksana,  pimpinan Redaksi berada pada kekuatan tunggal Pak Jakob Oetama.

Dialah yang merancang dan memberikan penugasan kepada setiap wartawan. Dialah yang menjadi kuasa tunggal atas isi dan personalia redaksi. Bahkan seringkali malam-malam masih ke percetakan untuk mencek isi koran terbitan esok harinya.

Ketika pada akhir tahun 1966 Mas Swantoro masuk dan menjabat sebagai wakilnya, tugas langsung dibagi. Pak Jakob bisa dikatakan sebagai koordinator liputan sedangkan Mas Swantoro koordinator bidang produksinya. Itu berarti kantor tidak pernah kosong pimpinan, pagi hingga menjelang malam  Pak Jakob yang mengendalikan, sore hingga pagi  Mas Swantoro yang bertanggung jawab.

Bahkan ketika kantor Redaksi pindah ke Palmerah pada tahun 1972 dan kemudian Pak Jakob menunjuk empat redaktur sebagai koordinator, liputan komando menyeluruh tetap berada padanya.  Keempat redaktur pertama Kompas tersebut menangani  bidang politik (RB Sugiantoro), bidang ekonomi (Sumarkotjo Sudiro), bidang luar negeri (J. Widodo), dan bidang olahraga (Th. Budi Susilo).  

Untuk mempermudah dan melancarkan komunikasi, meja kerja  Pak Jakob selalu terletak di tengah ruang Redaksi atau di dekat pintu masuk utama. Ketika redaksi Kompas sudah memiliki ruang kerja yang lega di Palmerah Selatan pun, Pak Jakob tetap duduk di tempat terbuka dekat pintu masuk. Di situ ia bisa langsung memanggil untuk berdiskusi dengan wartawan, memberi penugasan, dan juga langsung menegur mereka.

Kebiasaan Pak Jakob ini kemudian menurun kepada para pimpinan selanjutnya.  Walaupun sudah disediakan ruang kerja tersendiri, mereka tetap memiliki dan duduk di meja kerja di tengah para wartawan.

Bukan karena risih tetapi demi memperlancar komunikasi dengan para wartawan.  Begitu suku usaha Kompas bertambah terus, apalagi setelah Pak Ojong tahun 1980 tiba-tiba meninggal, mau tak mau Pak Jakob harus membagi pekerjaan.

Pada bulan Juli 1980 dibentuklah lembaga redaktur pelaksana yang dibantu para redaktur bidang. Redaktur Pelaksana pertama adalah Alfons Tarjadi (masuk tahun 1966). Namanya pertama kali muncul di boks pada terbitan tanggal 02 Juli 1980 dengan wakil Rb. Sugiantoro (masuk 1969) dan Raymond Toruan (1969).

Mereka bertiga itulah yang menjalankan tugas sehari-hari menggantikan Pak Jakob di redaksi. Sesuai perkembangan Kompas, organisasi redaksi semakin meluas, pimpinan silih berganti, beberapa di antaranya diminta memimpin unit usaha  baru di lingkungan Kompas Gramedia.

Kejutan terjadi manakala tahun 2000 Pak Jakob melepaskan jabatan Pemimpin Redaksi  Kompas dan menyerahkannya kepada Tomy Suryopratomo, wartawan yang masuk tahun 1986 dan diangkat tahun 1987. Ini menjadi kejutan karena Pak Jakob melangkahi satu generasi yaitu mereka yang ketika itu menduduki jabatan wakil pemimpin redaksi dan wakil pemimpin umum. Namun lompatan ini sebenarnya sekaligus menyudahi “persaingan” antarpimpinan generasi pertama.

**

Satu hal yang menarik dalam struktur jabatan di Redaksi adalah adanya jenjang profesional dan struktural. Semua wartawan diarahkan menjadi orang yang profesional di bidangnya. Dalam perjalanan, manakala ada wartawan yang menonjol dalam kinerjanya, ia akan ditarik menduduki jabatan struktural, apakah itu kepala biro, kepala desk, redpel, dan sebagainya. Namun jika perusahaan menganggap perlu, orang tersebut bisa ditarik kembali ke jalur profesional. Dan bisa saja orang yang sama ditarik lagi ke struktural untuk jabatan lain.  

Kebijakan ini bisa membingungkan kalangan di luar Redaksi. Bagaimana mungkin seseorang yang semula menjadi pimpinan dalam waktu tak lama menjadi anak buah yang dipimpin. Dan itu terjadi berulang-ulang untuk orang yang sama. Namun itulah dinamika di kalangan Redaksi Kompas.

Prinsip utamanya, seorang wartawan manakala ia tetap berkarya (menulis) maka ia tetap disebut sebagai wartawan. Seorang Pemred tetap wartawan, demikian juga jabatan-jabatan lain di lingkungan Redaksi yang masih bersinggungan dengan jurnalistik, tetaplah wartawan.

Dengan demikian jika seorang yang duduk di jabatan struktural ditarik menjadi wartawan lapangan, status orang tersebut tidak berubah: wartawan. Hanya tunjangan strukturalnya saja yang hilang atau berubah. Mengingat kebijakan tersebut sudah berlangsung sejak lama, kehilangan jabatan di lingkungan kerja Redaksi menjadi hal biasa.

**

Perubahan “kuping kanan”  yang dilakukan di luar kenaikan harga adalah hapusnya nama direksi yang ketika itu dijabat FC Palaunsuka. Itu terjadi ketika “kuping kanan” digusur iklan perusahaan penerbangan Alitalia yang dimuat 31 Oktober 1968. Ini merupakan iklan pertama yang dimuat di halaman I. Dengan adanya iklan di tempat tersebut maka boks “kuping kanan” dipindahkan ke halaman II pojok kiri bawah. Mungkin untuk menghemat tempat, susunan direksi pun dihapus.

Kisah “kuping kiri, kuping kanan” ini berakhir karena mulai penerbitan tanggal 01 Februari 2000 kedua boks tersebut disatukan dalam sebuah boks di pojok kiri bawah halaman IV. Itu dilakukan seiring adanya penataan halaman yang mengikuti konsultan Roger Black. Sejak itu semua wartawan Kompas yang sudah bermasa kerja tiga tahun, namanya dicantumkan dalam boks.

Baca Juga: Asal Muasal Kompas [1] Pintu Besar Selatan

Pencantuman nama wartawan dalam boks pun punya pedoman tersendiri. Setelah jajaran pimpinan (Pemred, Redpel, Sekretaris Redaksi beserta para wakilnya) kemudian kelompok Redaktur Senior dan wartawan senior, menyusul nama-nama wartawan setingkat redaktur dan wakil redaktur. Setelah itu barulah deretan nama wartawan yang minimal telah bermasa kerja tiga tahun yang disusun berdasarkan urut nomor induk karyawan (NIK), terakhir wartawan Kompas yang ditempatkan di daerah-daerah.

**

Dari nama-nama di kuping kiri-kanan di atas, dapat disimak bagaimana perjalanan karir kader-kader Kompas, terutama di redaksi. Di bawah ini saya menyusun daftar pimpinan redaksi Kompas sejak tahun 1965 hingga saya pensiun tahun 2004. Bahannya saya ambil dari bundel koran Kompas yang tersimpan di bagian Pusat Informasi Kompas.

 

PIMPINAN KOMPAS 1965-2004
 

PERIODE               JABATAN                                          NAMA
 

1965                         Pemimpin Umum                          FC Palaunsuka
                                     Pemimpin Redaksi                       Jakob Oetama

 1966- 1980         Pemimpin Umum                          PK Ojong
                                    Pemimpin Redaksi                        Jakob Oetama
                                    Wk Pemimpin Redaksi               P. Swantoro

 1980-1982         Pemimpin Umum/Redaksi      Jakob Oetama
                                    Wk PU/Pemred                             P. Swantoro
                                     Redaktur Pelaksana                  Alfons Tarjadi
                                     Wk Redpel                                      Rb.Sugiantoro, Raymond Toruan

1982-1986         Pemimpin Umum/Redaksi       Jakob Oetama
                                    Wk PU/Pemred                             P. Swantoro
                                    Redaktur Pelaksana                   J.  Widodo
                                    Wk Redpel                                        Rb.Sugiantoro, Raymond Toruan           

 1986-1989       Pemimpin Umum/Redaksi       Jakob Oetama
                                  Wakil PU/Wapemred I               P. Swantoro
                                  Wakil Pemred II                             J. Widodo
                                  Redaktur Pelaksana                    Rb. Sugiantoro
                                   Wk Redpel                                       August Parengkuan, Raymond Toruan,  Indrawan Sasongko
                                   Sekretaris Redaksi                      H. Azkarmin Zaini

 

1989 – 1991    Pemimpin Umum/Redaksi       Jakob Oetama
                                 Wakil PU                                             P. Swantoro
                                  Wakil Pemimpin Redaksi         Rb. Sugiantoro
                                  Redaktur Pelaksana                    August Parengkuan
                                  Wakil Redpel                                   Purnama K (s/d 1990), Indrawan Sasongko, St Sularto
                                   Sekretaris Redaksi                      H. Azkarmin Zaini (s/d 1990, digantikan Bambang SP)
                                  Pemimpin Perusahaan               Ny. A. Roesilah K
                                  Kepala Litbang                                J. Widodo

 1991 – 1992    Pemimpin Umum/Redaksi       Jakob Oetama
                                   Wakil PU                                            P. Swantoro
                                   Wakil Pemimpin Redaksi I       Rb. Sugiantoro
                                   Wakil Pemimpin Redaksi II      August Parengkuan
                                   Redaktur Pelaksana                     Ninok Leksono
                                   Wakil Redpel                                    Indrawan Sasongko, St Sularto, Avent Kuang
                                    Sekretaris Redaksi                       Bambang SP
                                    Pemimpin Perusahaan               Ny. A. Roesilah K.
                                    Kepala Litbang                               J. Widodo

Catatan : Mulai tahun 1991 di pojok kiri atas halaman I ditulis:  PENDIRI : PK Ojong (1920-1980), Jakob Oetama

 1992 – 1995    Pemimpin Umum/Redaksi       Jakob Oetama
                                  Wakil PU                                             Rb Sugiantoro
                                  Pelaksana Harian Pemred        August Parengkuan
                                  Wakil Pemred                                  Ninok Leksono, Indrawan Sasongko
                                   Redaktur Pelaksana                    St Sularto
                                   Wakil Redpel                                   Avent Kuang, Ace Suhaedi, Rikard Bagun
                                   Sekretaris Redaksi/Wk             Bambang SP, Totok Purwanto
                                   Pemimpin Perusahaan               Ny. A. Roesilah K
                                   Kepala Litbang                                J. Widodo

 1995 – 1996     Pemimpin Umum/Redaksi       Jakob Oetama
                                   Wakil PU                                             Rb. Sugiantoro
                                   Pelaksana Harian Pemred        August Parengkuan
                                   Wakil Pemred                                  Ninok Leksono, St Sularto
                                   Redaktur Pelaksana                     Ace Suhaedi Madsupi
                                   Wakil Redpel                                    Budiarto Danujaya, Bambang SP
                                   Sekretaris Redaksi/Wk              Totok Purwanto, Oemar Samsuri
                                   Manajer Redaksi (1996)             Bambang SP
                                   Pemimpin Perusahaan                Ny. A. Roesilah K
                                   Kepala Litbang                                 J. Widodo

 1997 – 1998    Pemimpin Umum/Redaksi       Jakob Oetama
                                  Wakil PU                                             Rb. Sugiantoro, Ny. A. Roesilah K.
                                  Pelaksana Harian Pemred        August Parengkuan
                                  Wakil Pemred                                  Ninok Leksono
                                  Redaktur Pelaksana                     Ace Suhaedi Madsupi
                                  Wakil Redpel                                    Budiarto Danujaya, Bambang SK
                                   Sekretaris Redaksi                       Totok Purwanto, Oemar Samsuri
                                  Manajer Redaksi                             Bambang SP
                                  Pemimpin Perusahaan                Ny. A. Roesilah K
                                  Kepala Litbang                                Daniel Dhakidae

 1998 – 1999    Pemimpin Umum/Redaksi       Jakob Oetama
                                  Wakil PU                                             Rb. Sugiantoro, Ny. A. Roesilah K.
                                  Pelaksana Harian Pemred        August Parengkuan
                                  Wakil Pemred                                  Ninok Leksono, St Sularto
                                  Redaktur Pelaksana                     Ace Suhaedi Madsupi
                                  Wakil Redpel                                    Bambang SK, Suryopratomo
                                  Sekretaris Redaksi                        Totok Purwanto
                                  Manajer Redaksi                              Bambang SP
                                  Pemimpin Perusahaan                 Ny. A. Roesilah K.
                                  Kepala Litbang                                  Daniel Dhakidae

1999 – 2000    Pemimpin Umum/Redaksi       Jakob Oetama
                                 Wakil PU                                             Rb. Sugiantoro, Ny. A. Roesilah K.
                                 Pelaksana Harian Pemred        August Parengkuan
                                 Wakil Pemred                                  Ninok Leksono
                                 Redaktur Pelaksana                     Suryopratomo
                                 Wakil Redpel                                    Bambang SK
                                 Sekretaris Redaksi/Wk              Bambang SP, Totok Purwanto
                                 Pemimpin Perusahaan                Agung Adiprasetyo
                                 Kepala Litbang                                 Daniel Dhakidae

2000 – 2003    Pemimpin Umum                            Jakob Oetama
                                 Wakil PU                                              St Sularto, Agung Adiprasetyo
                                  Pemimpin Redaksi                         Suryopratomo
                                  Wakil Pemred                                  Bambang Sukartiono, Rikard Bagun
                                  Redaktur Pelaksana                     Trias Kuncahyono
                                  Wakil Redpel                                     Taufik Mihardja
                                  Sekretaris Redaksi/Wk               Bambang SP, Mamak S, Oemar S.
                                  Pemimpin Perusahaan                 Agung Adiprasetyo
                                  Kepala Litbang                                  Daniel Dhakidae

 2003 – 2004    Pemimpin Umum                            Jakob Oetama
                                  Wakil PU                                              St Sularto, Agung Adiprasetyo
                                  Pemimpin Redaksi                         Suryopratomo
                                  Wakil Pemred                                   Bambang Sukartiono, Rikard Bagun
                                  Redaktur Pelaksana                      Trias Kuncahyono
                                  Wakil Redpel                                     Taufik Mihardja
                                  Sekretaris Redaksi/Wk               Retno Bintarti, Mamak S ( s/d Nov. 04 ), Oemar Samsuri
                                  Pemimpin Perusahaan                 Agung Adiprasetyo
                                  Kepala Litbang                                  Daniel Dhakidae

Setelah saya pensiun bulan November 2004, ada perubahan jabatan di pucuk pimpinan Redaksi, sebagaimana saya lihat di Kompas yang terbit.

2007 – 2008    Pemimpin Umum                              Jakob Oetama
                                 Wakil PU                                                Agung Adiprasetyo ,St Sularto
                                  Pemimpin Redaksi                          Bambang SK
                                  Wakil Pemred                                    Rikard Bagun
                                  Redaktur Pelaksana                       Trias Kuncahyono
                                  Wakil Redpel                                      Taufik Mihardja
                                  Sekretaris Redaksi/Wk                 Retno Bintarti, H. Moh. Nasir
                                  Pemimpin Perusahaan                   Agung Adiprasetyo
                                  Kepala Litbang                                    F. Harianto Santosa

 2008 – 2012    Pemimpin Umum                              Jakob Oetama
                                   Wakil PU                                               Agung Adiprasetyo, St Sularto
                                   Pemimpin Redaksi                          Rikard Bagun
                                    Wakil Pemred                                   Trias Kuncahyono, Taufik Mihardja
                                    Redaktur Pelaksana                      Budiman Tanuredja
                                    Wakil Redpel                                     Andi Suruji, James Luhulima
                                    Sekretaris Redaksi/Wk               Retno Bintarti, H. Moh. Nasir
                                    Kepala Litbang                                  F. Harianto Santosa

 2012 – 2014    Pemimpin Umum                              Jakob Oetama
                                   Wakil PU                                               Agung Adiprasetyo St Sularto
                                  Pemimpin Redaksi                           Rikard Bagun
                                   Wakil Pemred                                    Trias Kuncahyono, Budiman Tanuredja, Ninuk Mardiana
                                                                                                       Pambudy
                                    Redaktur Pelaksana                      James Luhulima
                                    Wakil Redpel                                      Moh. Bakir,  Bambang Sigap Sumantri, Rusdi Amral
                                    Sekretaris Redaksi/Wk               Retno Bintarti, H. Moh. Nasir
                                    Kepala Litbang                                  F. Harianto Santosa

(Bersambung)

Mamak Sutamat, wartawan purnatugas Harian Kompas 1970-2004

***

Tulisan sebelumnya: Asal Muasal Kompas [25] Manajemen Kolektif