Kepemimpinan [3] Kepemimpinan dan Manajemen - Hubungan dan Perbedaannya

Kepemimpinan disertai oleh manajemen menetapkan arah baru dan memanfaatkan sumber daya secara efisien untuk mencapainya.

Kamis, 16 Mei 2019 | 18:00 WIB
0
73
Kepemimpinan [3] Kepemimpinan dan Manajemen - Hubungan dan Perbedaannya
ilustr: Blog Psikologi

Kepemimpinan dan manajemen adalah istilah yang sering dianggap sinonim. Penting untuk memahami bahwa kepemimpinan adalah bagian penting dari manajemen yang efektif. Sebagai komponen penting dari manajemen, perilaku kepemimpinan yang luar biasa menekankan pada membangun lingkungan di mana setiap karyawan berkembang dan unggul.

Kepemimpinan didefinisikan sebagai potensi untuk memengaruhi dan mengarahkan upaya kelompok menuju pencapaian tujuan. Pengaruh ini dapat berasal dari sumber formal, seperti yang disediakan oleh perolehan posisi manajerial dalam suatu organisasi.

Baca Juga: Pentingnya Kepemimpinan

Seorang manajer harus memiliki sifat-sifat seorang pemimpin, yaitu, ia harus memiliki kualitas kepemimpinan. Pemimpin mengembangkan dan memulai strategi yang membangun dan mempertahankan keunggulan kompetitif. Organisasi memerlukan kepemimpinan yang kuat dan manajemen yang kuat untuk efisiensi organisasi yang optimal.

Perbedaan antara Kepemimpinan dan Manajemen

Kepemimpinan berbeda dari manajemen dalam arti bahwa:

  • Sementara manajer meletakkan struktur dan mendelegasikan wewenang dan tanggung jawab, para pemimpin memberikan arahan dengan mengembangkan visi organisasi dan mengkomunikasikannya kepada karyawan dan mengilhami mereka untuk mencapainya.
  • Sementara manajemen mencakup fokus pada perencanaan, pengorganisasian, penempatan staf, pengarahan, dan pengendalian; kepemimpinan terutama merupakan bagian dari mengarahkan fungsi manajemen. Pemimpin fokus pada mendengarkan, membangun hubungan, kerja tim, menginspirasi, memotivasi dan membujuk para pengikut.
  • Sementara seorang pemimpin mendapatkan otoritasnya dari para pengikutnya, seorang manajer mendapatkan otoritasnya berdasarkan posisinya dalam organisasi.
  • Sementara manajer mengikuti kebijakan dan prosedur organisasi, para pemimpin mengikuti naluri mereka sendiri.
  • Manajemen lebih bersifat sains karena manajer tepat, terencana, standar, logis, dan lebih berpikir. Kepemimpinan, di sisi lain, adalah seni. Dalam suatu organisasi, jika manajer diperlukan, maka pemimpin adalah suatu keharusan / esensial.
  • Sementara manajemen berurusan dengan dimensi teknis dalam suatu organisasi atau konten pekerjaan; kepemimpinan berhubungan dengan aspek orang dalam suatu organisasi.
  • Sementara manajemen mengukur / mengevaluasi orang dengan nama mereka, catatan masa lalu, kinerja saat ini; kepemimpinan melihat dan mengevaluasi individu sebagai memiliki potensi untuk hal-hal yang tidak dapat diukur, yaitu, hal itu berkaitan dengan masa depan dan kinerja orang jika potensi mereka diekstraksi sepenuhnya.
  • Jika manajemen reaktif, kepemimpinan proaktif.
  • Manajemen lebih didasarkan pada komunikasi tertulis, sedangkan kepemimpinan lebih didasarkan pada komunikasi verbal.

Organisasi yang terlalu banyak dikelola dan di bawah pimpinan tidak berkinerja hingga patokan. Kepemimpinan disertai oleh manajemen menetapkan arah baru dan memanfaatkan sumber daya secara efisien untuk mencapainya. Baik kepemimpinan dan manajemen sangat penting untuk keberhasilan individu maupun organisasi.
 
Demikian, semoga bermanfaat.

***
Solo, Kamis, 16 Mei 2019. 5:45
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko