Kepemimpinan [1] Pentingnya Kepemimpinan

Kepemimpinan merupakan fungsi penting manajemen yang membantu memaksimalkan efisiensi dan mencapai tujuan organisasi.

Selasa, 14 Mei 2019 | 23:00 WIB
0
226
Kepemimpinan [1] Pentingnya Kepemimpinan
ilustr: Art Ranked Discovery Engine

Apa itu Kepemimpinan?

Kepemimpinan adalah suatu proses dimana eksekutif dapat mengarahkan, membimbing dan mempengaruhi perilaku dan pekerjaan orang lain menuju pencapaian tujuan tertentu dalam situasi tertentu. Kepemimpinan adalah kemampuan seorang manajer untuk membujuk bawahannya untuk bekerja dengan percaya diri dan semangat.

Kepemimpinan adalah potensi untuk mempengaruhi perilaku orang lain. Ini juga didefinisikan sebagai kapasitas untuk mempengaruhi suatu kelompok menuju realisasi suatu tujuan. Pemimpin dituntut untuk mengembangkan visi di masa depan, dan untuk memotivasi anggota organisasi agar mau mencapai visi tersebut.

“Kepemimpinan adalah kemampuan untuk membujuk orang lain untuk mencari tujuan yang ditetapkan dengan antusias. Ini adalah faktor manusia yang mengikat suatu kelompok bersama dan memotivasinya menuju tujuan. ”

Karakteristik Kepemimpinan

Ini adalah proses antar-pribadi di mana seorang manajer memengaruhi dan membimbing pekerja menuju pencapaian tujuan.

Ini menunjukkan beberapa kualitas untuk hadir dalam diri seseorang yang meliputi kecerdasan, kedewasaan dan kepribadian.

Ini adalah proses kelompok. Ini melibatkan dua orang atau lebih yang saling berinteraksi.

Seorang pemimpin terlibat dalam membentuk dan membentuk perilaku kelompok menuju pencapaian tujuan organisasi.

Kepemimpinan terikat pada situasi. Tidak ada gaya kepemimpinan terbaik. Itu semua tergantung pada penanganan situasi.

Pentingnya Kepemimpinan
 
Kepemimpinan merupakan fungsi penting manajemen yang membantu memaksimalkan efisiensi dan mencapai tujuan organisasi. Poin-poin berikut membenarkan pentingnya kepemimpinan dalam suatu keprihatinan.
 
Memulai Tindakan - Leader adalah orang yang memulai pekerjaan dengan mengkomunikasikan kebijakan dan rencana kepada bawahan dari mana pekerjaan itu sebenarnya dimulai.
 
Motivasi - Seorang pemimpin terbukti memainkan peran insentif dalam bekerja kekhawatiran. Dia memotivasi karyawan dengan penghargaan ekonomi dan non-ekonomi dan dengan demikian mendapat pekerjaan dari bawahan.
 
Memberikan Bimbingan - Seorang pemimpin tidak hanya harus mengawasi tetapi juga memainkan peran membimbing bagi bawahan. Bimbingan di sini berarti menginstruksikan bawahan cara mereka harus melakukan pekerjaan mereka secara efektif dan efisien.

Menciptakan Kepercayaan Diri - Keyakinan adalah faktor penting yang dapat dicapai dengan mengekspresikan upaya kerja kepada bawahan, menjelaskan mereka dengan jelas peran mereka dan memberi mereka panduan untuk mencapai tujuan secara efektif. Penting juga untuk mendengarkan karyawan terkait dengan keluhan dan masalah mereka.
 

Baca Juga: Serahkan Kepemimpinan pada Saya

Membangun Semangat - Semangat menunjukkan kerjasama yang baik dari karyawan terhadap pekerjaan mereka dan membuat mereka menjadi percaya diri dan memenangkan kepercayaan mereka. Seorang pemimpin dapat menjadi pendorong semangat dengan mencapai kerja sama penuh sehingga mereka melakukan dengan kemampuan terbaik saat mereka bekerja untuk mencapai tujuan.
 
Membangun Lingkungan Kerja - Manajemen menyelesaikan sesuatu dari orang. Lingkungan kerja yang efisien membantu dalam pertumbuhan yang sehat dan stabil. Karena itu, hubungan manusia harus selalu diingat oleh seorang pemimpin.

Dia harus memiliki kontak pribadi dengan karyawan dan harus mendengarkan masalah mereka dan menyelesaikannya. Dia harus memperlakukan karyawan dengan persyaratan kemanusiaan.
 
Koordinasi - Koordinasi dapat dicapai melalui rekonsiliasi kepentingan pribadi dengan tujuan organisasi. Sinkronisasi ini dapat dicapai melalui koordinasi yang tepat dan efektif yang harus menjadi motif utama seorang pemimpin.

***
Solo, Selasa, 14 Mei 2019. 10:41 pm
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko