Bahasa Tubuh Rahasia dari Sentuhan

Senin, 15 Agustus 2022 | 12:30 WIB
0
54
Bahasa Tubuh Rahasia dari Sentuhan
image: Sam Luce

Cara kita menggunakan sentuhan untuk mengirim pesan penting kepada orang lain.

Poin-Poin Penting

  • Sentuhan adalah saluran bahasa tubuh yang kompleks yang menyampaikan banyak pesan halus kepada orang lain.
  • Klasifikasi berbagai jenis sentuhan termasuk menggunakannya untuk menyampaikan perasaan, untuk mengendalikan orang lain, dan untuk menyelesaikan tugas.
  • Sentuhan dapat meningkatkan kepatuhan dan bahkan meningkatkan tip pelayan.

Komunikasi nonverbal adalah cara kita menyampaikan pesan kepada orang lain tanpa kata-kata. Ada sejumlah saluran bahasa tubuh yang penting, termasuk ekspresi wajah, gerak tubuh, mata dan gerakan tubuh yang digunakan untuk mengirim pesan yang kompleks. Salah satu saluran penting yang sering diabaikan adalah sentuhan.

Peneliti Jones dan Yarbrough (1985) mengklasifikasikan berbagai cara orang menggunakan sentuhan sebagai ganti bahasa, dan menghasilkan 5 kategori:

1. Sentuhan Pengaruh Positif. Ini digunakan untuk menandakan kesukaan, kasih sayang, dan minat seksual. Contoh nyata adalah memeluk orang yang dicintai, berpegangan tangan, tetapi beberapa isyarat cukup halus, seperti menggoda seseorang dengan menyentuh lengan mereka dengan ringan, atau menyentuh lutut.

2. Sentuhan Menyenangkan. Ini termasuk segala bentuk sentuhan yang tidak serius, dan biasanya dilakukan kepada orang yang kita sukai, seperti menggelitik, berkelahi/meninju, atau mendorong seseorang (untuk penggemar Seinfeld, karakter Elaine terkenal karena mendorong teman-temannya dengan keras – hampir seperti bowling mereka atas).

3. Sentuhan Mengendalikan. Ini adalah sentuhan untuk membuat seseorang mematuhinya dengan cara tertentu, seperti mengantar seseorang keluar dari ruangan, atau mencoba menarik perhatian mereka – meraih tangan mereka, atau meletakkan jari Anda di bibir untuk membungkamnya.

4. Sentuhan Ritualistik. Ini termasuk semua bentuk sapaan – jabat tangan, tinju, cium pipi, dll. Ini juga termasuk berpegangan tangan dalam doa, kontak selama menari, dan sentuhan yang digunakan untuk mengucapkan "selamat tinggal."

5. Sentuhan Berorientasi Tugas. Ini adalah sentuhan yang memiliki tujuan tertentu yang berhubungan dengan tugas, seperti membantu orang lanjut usia turun dari tempat duduk, membantu seseorang di sepanjang jalan berbatu agar tidak jatuh, atau membimbing tangan orang lain untuk menunjukkan kepada mereka bagaimana melakukan suatu tugas atau operasi.

Ada bukti bagus bahwa sentuhan positif dan halus dapat berdampak luar biasa pada perilaku orang lain. Misalnya, dalam studi kepatuhan – mencoba membuat orang lain memberikan uang, menandatangani petisi, dan sejenisnya – sedikit sentuhan dapat meningkatkan tingkat kepatuhan. Juga, penelitian di restoran telah menunjukkan bahwa jika server menyentuh pelanggan dengan ringan, itu dapat meningkatkan persentase tip pelanggan.

Dengan mengamati jenis sentuhan antara pasangan romantis, pengamat yang cerdik sering kali dapat memberi tahu banyak tentang kekuatan hubungan di antara keduanya. Pasangan dapat menggunakan "tanda dasi", seperti berpegangan tangan, atau lengan melingkari bahu untuk menandakan rasa suka satu sama lain, dan untuk memberi tahu orang lain bahwa "kami adalah pasangan".

***
Solo, Senin, 15 Agustus 2022. 12:24 pm
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko