Tak Hanya untuk Lansia, Rutin Medical Check Up Penting

Dengan medical check up, Anda dapat menghindari penyakit berbahaya sehingga kesehatan Anda akan terjamin.

Selasa, 28 Desember 2021 | 16:51 WIB
0
103
Tak Hanya untuk Lansia, Rutin Medical Check Up Penting
Perlu disadari bahwa medical check up secara rutin itu penting bagi kesehatan remaja dan dewasa, tak hanya untuk lansia.

Melakukan pemeriksaan medical check up secara rutin adalah hal yang penting bagi setiap orang. 

Medical check up, atau yang juga biasa disingkat MCU, merupakan layanan pemeriksaan kesehatan tubuh yang dapat mengidentifikasi penyakit atau gangguan pada tubuh sebelum terlambat. Dengan MCU, seseorang bisa mendapatkan penanganan dini dari penyakit atau gangguan yang dideritanya. 

Baca Juga: Medical Check Up Berkala untuk Kesehatan Anda

Seringkali, medical check up hanya dianggap sebagai sebuah layanan medis yang penting bagi lansia. Padahal, tidak hanya dibutuhkan untuk lansia saja, tapi remaja dan dewasa yang sudah berusia 18 tahun juga perlu melakukan medical check up. Anda disarankan untuk melakukan medical check up secara rutin, minimal satu kali per tahun. Nah, pemeriksaan apa saja sih yang terdapat di medical check up? Simak pembahasannya berikut ini.

Pemeriksaan di Medical Check Up

1. Pemeriksaan Riwayat Medis

Dokter akan melakukan wawancara dengan pasien untuk mengetahui kondisi kesehatan pasien. Selain itu, riwayat medis pasien dan keluarga yang pernah dialami juga menjadi bahan pertimbangan dokter. Umumnya, dokter akan mengajukan pertanyaan seputar gaya hidup dan jenis makanan yang sering pasien konsumsi. 

2. Pemeriksaan Tanda Vital Tubuh

Pada pemeriksaan tanda vital tubuh, dokter akan memeriksa frekuensi detak jantung, frekuensi pernapasan, tekanan darah, serta suhu tubuh.

3. Pemeriksaan Fisik

Dalam pemeriksaan fisik, dokter akan berfokus dalam memeriksa bagian fisik, kondisi, dan juga kekuatan otot tubuh dengan memberikan arahan kepada pasien untuk melakukan gerakan tertentu. Bagian-bagian yang akan diperiksa meliputi mata, hidung, telinga, dan juga organ dalam. Bagian fisik tubuh tersebut akan diperiksa menggunakan stetoskop atau otoskop. Lalu, terdapat pula pemeriksaan pada organ reproduksi sesuai dengan jenis kelamin pasien.

4. Pemeriksaan Penunjang Guna Memperkuat Diagnosis

Tidak hanya ketiga pemeriksaan di atas, dokter juga akan melakukan pemeriksaan penunjang guna memperkuat diagnosis dokter. Pemeriksaan dapat berupa pemeriksaan menggunakan pencitraan (Rontgen atau USG), analisis laboratorium, rekam jantung (elektrokardiografi), dan pap smear.

Selain itu, terdapat pula ragam jenis pemeriksaan yang terdapat pada medical check up, yaitu:

  1. Tes Tekanan Darah (Blood Pressure Test)
  2. Tes Kadar Kolesterol (Cholesterol Level Test)
  3. Tes Kadar Gula Darah (Blood Glucose Test)
  4. Tes Kesehatan Jantung
  5. Tes Kesehatan Mata
  6. Tes Kanker Serviks (Tes Pap Smear)
  7. Tes Kanker Payudara (Tes Mammogram)
  8. Tes Kesehatan Kulit
  9. Tes Kesehatan Telinga
  10. Tes Kesehatan Gigi
  11. Tes Kesehatan Tulang
  12. Tes Kanker Usus Besar (Tes Kolonoskopi)

Kondisi yang Dikonsultasikan di Medical Check Up

Ketika melakukan medical check up, pasien juga dapat mengonsultasikan beberapa kondisi kesehatan yang dialami dan dirasa mengganggu. Agar tidak ada yang ketinggalan, disarankan bagi pasien untuk mencatat terlebih dahulu gejala atau keluhan yang ingin dikonsultasikan dengan dokter. 

Berikut ini adalah beberapa skema pembahasan yang dapat pasien konsultasikan pada medical check up:

  1. Gejala dan keluhan yang dirasakan.
  2. Diet yang dijalani saat ini.
  3. Riwayat kesehatan dan operasi.
  4. Performa tubuh, ideal atau tidak.

Pemeriksaan Apa yang Wajib Diperiksa saat Melakukan Medical Check Up?

Berikut ini merupakan jenis-jenis pemeriksaan yang sebaiknya Anda lakukan ketika melakukan medical check up. Melalui pemeriksaan ini, penyakit yang dapat membahayakan nyawa dapat terdeteksi sejak dini sebelum terlambat. 

  1. Mammogram untuk pemeriksaan kanker payudara.
  2. Kolonoskopi atau tes okultisme untuk pemeriksaan kanker usus besar.
  3. Pap smear untuk skrining HPV dan kanker serviks.
  4. Pemeriksaan testis, penis, dan prostat untuk mendeteksi risiko kanker dan gangguan kesehatan lainnya.

Baca Juga: Ladies, Kamu Mengalami Kondisi Ini? Segera Periksakan di Poli Kebidanan dan Kandungan!

Perlu disadari bahwa pemeriksaan rutin melalui medical check up itu tak hanya penting untuk lansia. Dengan medical check up, Anda dapat menghindari penyakit berbahaya sehingga kesehatan Anda akan menjadi terjamin. Rumah Sakit Bunda menjadi salah satu rumah sakit yang menyediakan layanan medical check up dengan jenis pemeriksaan yang lengkap untuk Anda. 

***