5 Cara Atasi Tembok Retak Pada Dinding

Rabu, 29 Juni 2022 | 08:24 WIB
0
7
5 Cara Atasi Tembok Retak Pada Dinding
Image: Freepik

Keretakan pada hunian adalah hal yang wajar.

Ketika anda memiliki hunian yang sudah ditempati bertahun-tahun pasti akan mengalami keretakan pada dinding. Keretakan ini sendiri memiliki berbagai penyebab diantaranya faktor usia dan juga kualitas material tidak bagus. 

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Tembok Retak pada Dinding

Cara Atasi Tembok Retak Pada Dinding 

Jangan panik jika dinding Anda retak dan Anda menghadapi berbagai kerugian. Ada beberapa cara untuk memperbaiki masalah tersebut.

1. Bersihkan Tembok

Bersihkan seluruh dinding dengan kain bersih dan lembab. Pastikan seluruh permukaan dinding bersih dan tidak ada sisa paku yang dapat menghambat proses perbaikan di kemudian hari.


2. Pakai Amplas Untuk Acian 

Bersihkan cat dengan amplas kasar sampai seluruh area yang akan diperbaiki terlihat mulus. Setelah selesai, bersihkan kembali permukaan kerja dengan kain lembab sampai campuran kering mulai terasa lembab.


3. Gunakan Semen 

Oleskan semen khusus atau pengisi dinding ke seluruh area dinding yang retak. 


4. Aplikasikan Cat Plamir 

Selanjutnya, aplikasikan cat plamir pada retakan yang terjadi. Namun, jika kondisinya parah, Anda mungkin bisa memperbaikinya dengan mengoleskan semen seperti yang dijelaskan di atas. Tujuan dari pengaplikasian cat ini adalah agar ketika diaplikasikan warna cat baru dinding tetap terlihat rapi.


5. Tahap Penyelesaian  

Terakhir, pada semua tahapan, sentuhan akhir adalah sentuhan akhir atau pengecatan dinding. Pertimbangkan untuk menggunakan produk tahan air untuk membantu mengurangi kemungkinan kebocoran air di masa mendatang. Pemilihan cat waterproof juga tidak bisa sembarangan.


Baca juga: Cara Menangani dan Penyebab Nyeri Pada Bahu


Nah itu dia cara mengatasi tembok yang retak. Anda bisa mencobanya pada dinding hunian rumah. Semoga artikel ini bermanfaat.