Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi Kusam

Selasa, 28 Juni 2022 | 10:59 WIB
0
23
Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi Kusam
Image: Freepik

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan ubin kamar mandi kusam yang tidak semudah hanya menggunakan produk pembersih tradisional.

Ada banyak cara untuk membersihkan ubin kamar mandi yang kusam. Perlu diketahui bahwa penyebab utama perubahan warna lantai adalah lumut, yang selalu ada di tempat lembab. Kondisi lantai terlihat licin sehingga menyulitkan untuk dilihat.Ini bisa menjadi indikator bahwa objek tersebut bersembunyi di sela-sela dan harus diawasi dengan cermat. 


Untuk menghilangkan lumut dalam skala besar, campurkan satu cangkir garam per dua liter air dan semprotkan larutan tersebut pada lumut. Cara ini lambat menunjukkan hasil karena bahannya kurang efektif dan juga sederhana. Oleh karena itu, diperlukan cara alternatif atau cara lain untuk membersihkan keramik yang kusam.


Baca juga: 6 Langkah Tepat Membersihkan Keramik Kamar Mandi yang Kusam

Membersihkan Keramik Kamar Mandi Kusam 
Membersihkan lantai kamar mandi penting untuk keselamatan dan keamanan pengunjung. Ada berbagai cara untuk membersihkan keramik kamar mandi menggunakan bahan yang berbeda. Beberapa orang menggunakan bahan alami, sementara yang lain menggunakan cairan khusus. Berikut adalah berbagai bahan yang dapat Anda pilih saat membuat proyek Anda.
1. Menggunakan Asam Sirat 

Asam sirat dapat membersihkan keramik yang kusam, cara pemakaiannya dengan menambahkan asam sirat dan bersihkan terlebih dahulu menggunakan batu apung dengan campuran air sabun. Kemudian bilas dan diamkan kurang lebih 1 jam, selanjutnya sikat sampai bersih. 

2. Gunakan Sabun Cuci Piring untuk Membersihkan 

Membersihkan lumut yang ada di antara potongan keramik, Anda bisa menggunakan garam atau sabun cuci piring. Kandungan tersebut efektif melarutkan lemak dan lumut. Untuk membersihkan lantai, tuangkan sabun ke atasnya dan biarkan bekerja dengan ajaib. Kemudian, gunakan kuas untuk menyikat hingga permukaannya bersih. Jika perlu, tambahkan lebih banyak air untuk membersihkan secara menyeluruh. Selanjutnya, bilas permukaan dan ulangi sikat sekali lagi.

3. Menggunakan Pembersih Lantai 

Cara lain untuk membersihkan kamar mandi yang kusam adalah dengan menggunakan pembersih kamar mandi dengan formula khusus. Bahan-bahannya mudah dicampur dan bisa dilarutkan dalam ember. Setelah Anda membasahi kuas, gosokkan ke dalam mangkuk keramik beberapa kali.Tunggu 15 menit, lalu lanjutkan. Setelah bilasan pertama, gosok mainan sekali lagi. Jika hasil tes tidak memuaskan, Anda dapat mencoba lagi. Bahan ini sangat bagus untuk membersihkan noda.

4. Menggunakan Kaporit 

Kaporit adalah solusi terkenal untuk membersihkan permukaan keramik, dan banyak orang yang menggunakan kaporit secara  efektif untuk menghilangkan kusam. Untuk menggunakan kaporit di kamar mandi, Anda bisa mencampurkan air panas dengannya terlebih dahulu, lalu menuangkannya ke seluruh area kamar mandi. Setelah itu tunggu setidaknya satu jam sebelum digunakan. Sikat hingga semua noda hilang lalu bilas hingga bersih.

5. Gunakan Cuka Untuk Keramik Kusam 

Pilihan lainnya adalah menggunakan cuka, yang dapat disiapkan terlebih dahulu dan digunakan sebagai botol semprot. Campur bahan dan larutkan dengan 1 liter air. Kemudian semprotkan pada bagian yang terlihat kusam. Tunggu minimal 10 menit untuk hasil yang lebih efektif sebelum dibilas dengan air panas. Bersihkan area dengan spons atau kain kering untuk menghilangkan residu. Lakukan ini dua kali untuk hasil yang maksimal.

Baca juga: Cara Menangani dan Penyebab Nyeri Pada Bahu


Nah, itu dia beberapa cara yang bisa Anda coba untuk membersihkan keramik agar tidak kusam. Semoga artikel ini bermanfaat.