Mudah Sekali! Ini Cara Menghilangkan Bau

Dengan adanya sirkulasi udara yang lancar, maka besar kemungkinan bau tidak sedap akan hilang karena udara terus mengalami pergantian.

Kamis, 26 Mei 2022 | 20:50 WIB
0
11
Mudah Sekali! Ini Cara Menghilangkan Bau
Cara Menghilangkan Bau Ruangan

Bau ruangan yang menyengat kerap kali membuat penghuninya merasa tidak nyaman. Sedangkan, pewangi ruangan hanya bisa mengatasi masalah secara singkat. Itu sebabnya, penting bagi kita mengetahui cara menghilangkan bau ruangan secara permanen penting untuk dipahami.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas ragam cara yang dapat dilakukan untu menghilangkan bau di ruangan secara permanen. Simak selengkapnya!

1. Menemukan Sumber Bau
Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau ruangan ialah menemukan sumber bau. Bau ruangan dapat bersumber dari sampah yang menumpuk ataupun kotoran yang sudah lama tidak dibersihkan.

Dengan begitu, cara pertama yang harus dilakukan yakni memastikan semua sudut ruangan atau tempat sudah bersih atau terhindar dari kotoran penyebab bau.

2. Menetralisir Bau dengan Biji Kopi
Setelah sumber kotoran berhasil dibersihkan, maka langkah selanjutnya yakni menetralisir sumber bau dengan biji kopi. Hal ini penting dilakukan karena kopi dipercaya sebagai bahan alami yang dapat menetralisir bau tidak sedap.

Lakukan cara ini dengan meletakkan biji-biji kopi dalam mangkuk kecil di setiap sudut ruangan ataupun tempat asal bau. Diamkan selama beberapa hari atau sampai bau tidak sedapnya mulai hilang.

3. Meletakkan Arang Aktif
Selain biji kopi, arang aktif juga berfungsi untuk mengurangi bau tidak sedap dalam ruangan. Anda bisa meletakkan arang aktif yang telah dibungkus dengan kain kasa di setiap sudut ruangan ataupun tempat sumber bau.

Sama halnya dengan penggunaan kopi, Anda bisa membiarkan beberapa saat sampai bau-bau tidak sedap hilang. Cara ini menjadi solusi penghilang bau untuk tempat-tempat yang sulit dijangkau seperti kolong lemari, kursi dan meja.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Cara Agar Kamar Tidur Tidak Pengap

4. Letakkan Tanaman Penyaring Udara
Cara menghilangkan bau ruangan selanjutnya yakni dengan meletakkan tanaman atau bunga yang berkhasiat menetralisir udara. Hal ini bertujuan agar sirkulasi udara lebih lancar sehingga udara yang terhirup menjadi lebih segar dan sehat.

Selain menyaring bau-bau tidak sedap, beberapa tanaman penyaring udara biasanya juga berkhasiat menyaring polusi dalam udara seperti asap rokok dan sejenisnya.

Adapun beberapa contoh tanaman indoor yang bisa Anda gunakan yakni palem, anthurium, walisongo, sirih gading dan masih banyak lagi. Anda bisa memilih salah satu dari beberapa tanaman tersebut disesuaikan ukurannya dengan ruangannya.

5. Gunakan Pewangi Ruangan
Setelah sumber bau hilang dan sirkulasi udara terorganisir dengan baik, maka langkah selanjutnya yakni meletakkan pengharum ruangan. Cara ini bisa Anda lakukan dengan menggunakan pewangi kimia ataupun bahan alami.

Jika ingin menggunakan pewangi berbahan alami, vanilla dan rebusan kulit jeruk lemon ialah solusi yang tepat. Kedua bahan tersebut sejauh ini telah terbukti mampu memberikan aroma segar sekaligus mengusir aroma tidak segar dalam ruangan.

6. Memastikan Sirkulasi Udara dalam Ruangan Lancar
Cara menghilangkan bau ruangan terakhir ialah memastikan sirkulasi udara dalam ruangan terjaga dengan baik. Dalam hal ini, Anda bisa memastikan bahwa ventilasi ataupun jendela bisa berfungsi dengan baik.

Dengan adanya sirkulasi udara yang lancar, maka besar kemungkinan bau tidak sedap akan hilang karena udara terus mengalami pergantian.

Selain ke-6 cara menghilangkan bau ruangan di atas, bisa juga digunakan bola serabut dari Zero 2.5 Indonesia sebagai ionizer berbasis serat alami yang ramah lingkungan. Ionizer Zero 2.5 dapat meminimalisir bau dengan cara kerja mengeluarkan ion negatif yang segera menempel pada partikel polutan.

Baca Juga: Yuk Pahami Cara Kerja Alat Penghisap Asap Dapur

Anda dapat menggunakan produk Zero 2.5 dan tanaman penyaring udara secara bersamaan agar kesehatan keluarga semakin terjamin. Jika Anda tertarik untuk mengenal lebih lanjut produk Zero 2.5, kunjungi laman Zero 2.5

***