Kepemimpinan [8] Kepemimpinan Organisasi

Kepemimpinan organisasi melibatkan semua proses dan hasil yang mungkin yang mengarah pada pengembangan dan pencapaian tujuan organisasi.

Selasa, 21 Mei 2019 | 22:02 WIB
0
242
Kepemimpinan [8] Kepemimpinan Organisasi
ilustr: kargoku.id

Organisasi memerlukan kepemimpinan yang kuat untuk efektivitas yang optimal. Kepemimpinan, seperti yang kita tahu, adalah sifat yang bersifat bawaan dan dapat diperoleh juga. Kepemimpinan organisasi berkaitan dengan psikologi manusia dan juga taktik ahli. Kepemimpinan organisasi menekankan pada pengembangan keterampilan dan kemampuan kepemimpinan yang relevan di seluruh organisasi.

Ini berarti potensi individu untuk menghadapi masa-masa sulit dalam industri dan masih tumbuh selama masa-masa itu. Ini dengan jelas mengidentifikasi dan membedakan para pemimpin dari para manajer. Pemimpin harus memiliki potensi untuk mengendalikan kelompok individu.

Seorang pemimpin organisasi yang ideal tidak boleh mendominasi orang lain. Dia harus membimbing individu di bawahnya, memberi mereka arahan untuk mencapai tujuan organisasi dengan sukses dan harus bertindak secara bertanggung jawab. Dia pasti optimis. Dia harus empatik dan harus memahami kebutuhan anggota kelompok. Seorang pemimpin organisasi tidak hanya harus memimpin orang lain secara individu tetapi juga mengelola tindakan kelompok.

Individu yang sangat ambisius, memiliki tingkat energi yang tinggi, keinginan untuk memimpin, kepercayaan diri, kecerdasan, memiliki pengetahuan yang mendalam tentang pekerjaan, jujur ​​dan fleksibel lebih mungkin berhasil sebagai pemimpin organisasi. Individu yang mempelajari kepemimpinan organisasi mengembangkan kemampuan dan keterampilan kerja tim, komunikasi yang efektif, resolusi konflik, dan teknik pemecahan masalah kelompok.

Pemimpin organisasi dengan jelas mengomunikasikan misi, visi, dan kebijakan organisasi; membangun semangat karyawan, memastikan operasi bisnis yang efisien; membantu karyawan tumbuh secara profesional dan berkontribusi secara positif terhadap misi organisasi.

Tips untuk Kepemimpinan Organisasi yang Efektif

  1. Seorang pemimpin harus memimpin dirinya sendiri, hanya dengan begitu dia bisa memimpin orang lain. Dia harus berkomitmen di depan pribadi dan profesional, dan harus bertanggung jawab. Dia harus menjadi panutan bagi orang lain dan menjadi contoh bagi mereka.
  2. Seorang pemimpin harus meningkatkan semangat karyawan. Dia harus memotivasi mereka dengan baik sehingga mereka berkomitmen untuk organisasi. Dia harus akrab dengan mereka, memiliki kepedulian terhadap mereka dan mendorong mereka untuk mengambil inisiatif. Ini akan menghasilkan karyawan yang lebih efisien dan efektif dan memastikan keberhasilan organisasi.
  3. Seorang pemimpin harus bekerja sebagai sebuah tim. Dia harus selalu mendukung timnya dan menghormati mereka. Dia seharusnya tidak melukai karyawan mana pun. Seorang pemimpin sejati seharusnya tidak terlalu suka memerintah dan tidak harus menganggapnya sebagai otoritas tertinggi. Dia harus menyadari bahwa dia adalah bagian dari organisasi secara keseluruhan.

Kepemimpinan organisasi melibatkan semua proses dan hasil yang mungkin yang mengarah pada pengembangan dan pencapaian tujuan organisasi. Ini termasuk keterlibatan karyawan, keaslian, pendengaran yang efektif dan komunikasi strategis.

***
Solo, Selasa, 21 Mei 2019. 9:40 pm
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko