Sumber Makanan untuk Penuhi Gizi Remaja yang Harus Tercukupi

Kebutuhan gizi remaja terhadap mineraltidak boleh diabaikan karena mineral memiliki peranan penting dalam perkembangan dan pertumbuhan.

Selasa, 31 Mei 2022 | 21:42 WIB
0
85
Sumber Makanan untuk Penuhi Gizi Remaja yang Harus Tercukupi
kebutuhan gizi remaja yang wajib terpenuhi

Kebutuhan gizi remaja harus tetap terpenuhi agar pertumbuhan dan perkembangannya berjalan dengan optimal. Salah satu cara memenuhi kebutuhan gizi tersebut dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi.

Apa saja kebutuhan gizi remaja? Makanan apa saja yang baik dikonsumsi untuk memenuhi gizi pada remaja? Simak langsung informasi lebih lengkapnya tentang sumber makanan bergizi bagi remaja melalui artikel yang satu ini!

6 Jenis Sumber Makanan untuk Kebutuhan Gizi Remaja
Berikut ini sumber makanan yang baik dikonsumsi oleh remaja agar kebutuhan gizinya terpenuhi, yaitu:

1. Karbohidrat
Remaja harus mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat agar kebutuhan gizinya terpenuhi. Dua jenis karbohidrat yang harus dipenuhi oleh remaja adalah karbohidrat sederhana (jumlah molekul gula sedikit) dan karbohidrat kompleks (jumlah molekul gula lebih banyak).

Contoh makanan dengan kandungan karbohidrat sederhana yang baik dikonsumsi remaja adalah madu, gula merah, permen, kue, dan gula putih. Sementara untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat kompleks, remaja dapat mengkonsumsi roti, pasta, jagung, nasi, gandum, dan kentang.

2. Protein
Kebutuhan gizi pada remaja seperti protein juga harus dipenuhi secara maksimal. Terdapat dua jenis protein yang harus konsumsi, yaitu protein nabati dan protein hewani. Sebaiknya remaja mengonsumsi tempe, tahu, dan kacang-kacangan sebagai makanan sumber protein nabati terbaik.

Selain protein nabati, remaja juga harus mengkonsumsi protein hewani. Sumber protein hewani dapat diperoleh dengan mengoonsumsi makan, seperti daging ayam, daging sapi, dan telur. Pastikan semua sumber makanan tersebut dalam kondisi segar dan dimasak matang sebelum dimakan.

3. Lemak
Meskipun sering dianggap sebagai zat yang tidak baik untuk kesehata, ternyata lemak juga merupakan salah satu kebutuhan gizi remaja yang harus dipenuhi. Lemak tidak selalu bersifat jahat (lemak jenuh), sehingga menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Sebaiknya hindari makanan cepat saji agar terhindar dari lemak jenuh tersebut.

Jenis lemak yang memiliki banyak manfaat untuk remaja biasanya disebut lemak baik. Pada umumnya lemak baik terdapat di dalam lemak tidak jenuh.  Lemak baik berperan sebagai sumber energi yang dibutuhkan remaja untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

Kebutuhan akan lemak jenuh pada remaja dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi makanan, seperti alpukat, telur, minyak zaitun, kacang-kacangan, ikan salmon, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Perbedaan Telur Ayam Kampung dan Telur Ayam Negeri

4. Serat
Selain karbohidrat, protein, dan lemak, kebutuhan serat pada remaja wajib terpenuhi secara optimal. Kebutuhan serat yang terpenuhi dengan baik dapat membantu fungsi organ pencernaan pada remaja.

Selain itu, serat juga berfungsi untuk mencegah risiko penyakit jantung dan diabetes melitus tipe 2 di kemudian hari. Sumber makanan yang mengandung serat, misalnya jeruk, alpukat, kacang merah, brokoli, ubi, dan lain sebagainya.

5. Vitamin
Vitamin berperan penting dalam memenuhi gizi seimbang bagi anak remaja. Para remaja wajib memastikan makanan-makanan yang dikonsumsi mengandung vitamin-vitamin yang dibutuhkan. Beberapa vitamin yang harus dicukupi oleh remaja, yaitu:

– Vitamin A

– Vitamin B1, B2, B9, dan Vitamin B12

– Vitamin C

– Vitamin D

– Vitamin E

– Vitamin K

Sebaiknya remaja rutin mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya akan kandungan berbagai jenis vitamin tersebut.

6. Mineral
Kebutuhan gizi remaja terhadap mineraltidak boleh diabaikan karena mineral memiliki peranan penting dalam perkembangan dan pertumbuhan. Jenis mineral yang dibutuhkan oleh remaja adalah kalsium, kalium, fosfor, seng, flour, zat besi, natrium, iodium, kromium, manga, selenium, dan tembaga.

Kebutuhan gizi remaja harus dipenuhi agar tumbuh kembangnya berjalan dengan optimal. Salah satu caranya adalah dengan memberikan makanan yang memiliki beragam gizi, seperti telur. Telur Indofarm mengandung nutrisi dan omega 3 yang tinggi.

Baca Juga: Tips Berbisnis Telur Ayam Bagi Pemula

Selain itu, Telur Indofarm juga dihasilkan dengan cara organik, sehingga terbebas dari bakteri dan bahan kimia berbahaya. Yuk segera kunjungi halaman produk Indofarm untuk informasi telur omega 3 organik lebih lanjut dan pemesanan.