Beberapa Tipe Tipe Emas yang Wajib Anda Tahu

Seiring berjalannya waktu, jual beli emas mengalami perkembangan. Jual beli emas pun bisa melalui media online atau melalui pialang.

Jumat, 26 Maret 2021 | 00:09 WIB
0
36
Beberapa Tipe Tipe Emas yang Wajib Anda Tahu
Tipe-tipe Emas

Logam mulia berupa emas merupakan jenis investasi yang cukup diminati.

Hal tersebut menjadi lebih muncul kepermukaan, terlebih-lebih pada saat ekonomi global yang sedang kurang baik. Dalam dunia ekonomi, jika dollar Amerika Serikat melemah, maka umumnya akan banyak orang yang membeli emas untuk diinvestasikan.

Selain itu, suku bunga yang turun juga turut menjadi penyebab banyaknya orang memilih emas sebagai tempat berinvestasi dikarenakan harga belinya yang relatif lebih murah. Namun, jika Anda mengira jenis emas hanya ada satu, maka dapat dipastikan anda salah besar. Nyatanya, emas memiliki beberapa jenis, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Jenis Usaha Pertambangan Emas Di Indonesia

Emas Perhiasan

Jika Anda pergi ke toko emas yang ada di wilayah terdekat, di sana ada cukup banyak emas yang bisa anda jadikan sebagai perhiasan. Contoh nyata adalah perhiasan seperti gelang, kalung, cincin, dan lain sebagainya.

Pada umumnya, emas perhiasan juga memiliki bentuk yang indah serta dilengkapi dengan berlian. Selain itu, pada struktur penyusunnya emas tipe perhiasan dicampur dengan berbagai bahan lain seperti perak. Hal ini bertujuan untuk memudahkan para pengrajin emas mendapatkan emas yang solid dan mudah dibentuk.

Emas Batangan

Jenis Emas batangan merupakan emas yang paling banyak digunakan untuk berinvestasi. Emas batangan sering juga disebut dengan emas lantakan. Emas yang sering digunakan untuk investasi ini memiliki kadar emas yang sangat murni, hingga 99,99%. Tidak sembarang perusahaan yang bisa memproduksi emas ini karena harus lolos sertifikasi tertentu.

Emas Koin

Tipe emas yang satu ini memiliki bentuk seperti koin, dan memiliki berbagai fungsi. Kita mengenal dua tipe emas koin yang paling banyak digunakan, yaitu emas ONH (Ongkos Naik Haji) dan koin dinar emas. Koin dinar digunakan untuk kegiatan jual beli di Arab, sedangkan ONH digunakan untuk jaminan ketika anda naik haji dan mengalami inflasi.

Emas Granule

Emas granule adalah jenis emas yang bentuknya seperti serbuk, dan bertekstur sangat halus. Anda akan kesulitan menemukan tipe ini di toko emas, karena tidak untuk diperjulbelikan. Umumnya, tipe emas granule akan lebih mudah ditemui pada pengrajin emas.

Emas Online

Seiring berjalannya waktu, jual beli emas mengalami perkembangan. Jual beli emas pun bisa melalui media online atau melalui pialang. Anda pun bisa jual beli emas melalui berbagai fitur yang disediakan oleh Bank, Pegadaian, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Begini Cara Mengolah Emas Mentah

Demikianlah beberapa tipe atau jenis emas yang sebaiknya Anda ketahui. Jika ingin mengetahi lebih banyak lagi tentang emas, sangat disarankan untuk membacanya di sini.

***