Pertimbangkan 3 Hal ini Sebelum Bekerja di Pertambangan

Memahami bahwa bekerja di pertambangan akan membuat Anda jauh dari keluarga, maka tanpa kesesuaian dengan passion bisa membuat masa kerja lebih pendek.

Kamis, 25 Maret 2021 | 23:47 WIB
0
47
Pertimbangkan 3 Hal ini Sebelum Bekerja di Pertambangan
Pertambangan

Bekerja di pertambangan dewasa ini semakin dibanjiri peminat.

Bekerja di bidang tersebut ternyata tak lepas dari beberapa pertimbangan dipertimbangkan. Hal ini karena perseroan pertambangan tidak hanya memberi gaji tinggi dan fasilitas yang prima selama menjadi karyawan. Namun juga memberikan beberapa kondisi yang butuh toleransi tinggi. Ketika membahas tentang pertimbangan sebelum bekerja di pertambangan, maka erat hubungannya dengan resiko yang akan dihadapi. Jadi, sudah tidak jarang diketahui bahwa bekerja di pertambangan dihadapkan dengan resiko yang beragam. Salah satunya seperti resiko jauh dari keluarga, karena memang lokasi pertambangan biasanya jauh dari pusat perkotaan dan didominasi di alam bebas.  Jadi, bagi kalian yang berminat untuk bekerja di pertambangan, sebaiknya mempertimbangkan beberapa hal berikut ini:

Baca Juga: Inilah Sistem Pertambangan Emas yang Wajib Anda Ketahui

1. Resiko  

Resiko yang akan dihadapi ketika berkarir di perusahaan tambang merupakan hal utama yang wajib untuk dipertimbangkan. Hal ini menjadi pertimbangan utama karena mempengaruhi banyak aspek, misalnya kenyamanan, keselamatan, dan lain sebagainya. Namun, perusahaan pastinya sudah menyediakan berbagai fasilitas kesehatan yang tidak hanya memadai namun lebih dari itu. Kebanyakan perusahaan tambang bahkan menyediakan asuransi kesehatan ganda. Oleh karena itu, karyawan selalu dituntut untuk dapat mematuhi aturan K3, mengambil jatah cuti untuk dipakai istirahat, dan lain sebagainya. 

2. Gaji

Gaji ternyata juga menjadi  bahan pertimbangan penting saat memutuskan untuk bekerja di pertambangan. Bukan tanpa alasan, rata-rata gaji di bidang pertambangan memang besar, hal ini tentu perlu disikapi dengan bijak. Selain itu, besaran gaji tersebut juga patut dipertimbangkan apakah sesuai dengan beban kerja yang didapatkan. Faktanya, gaji besar tidak menjadi jaminan bisa betah bekerja di perusahaan. Selain itu, memastikan lingkungan yang nyaman juga tidak kalah penting untuk menambah semangat Anda saat bekerja. 

3. Passion

Pertimbangan  berikutnya adalah passion, yang selalu menjadi bahan pertimbangan saat memilih berkarir di suatu bidang. Passion penting untuk dipertimbangkan saat memutuskan untuk bekerja di pertambangan. Hal ini dikarenakan bisa membuat Anda betah dan menikmati segala kegiatan di perusahaan tambang tersebut. Memahami bahwa bekerja di pertambangan akan membuat Anda jauh dari keluarga, maka tanpa kesesuaian dengan passion bisa membuat masa kerja lebih pendek.

Baca Juga: Keuntungan Berinvestasi di Industri Pertambangan Emas

Demikianlah 3 hal yang wajib Anda pertimbangkan sebelum memutuskan bekerja di bidang pertambangan. Jika ingin mengetahui lebih banyak lagi tentang pertambangan, temukan berbagai jawabannya di sini.

***