Selain Keramik, Ini 5 Material Dinding Kamar Mandi untuk Anda

jika Anda bosan dengan material keramik, bisa sekali untuk mencoba salah satu dari kelima material yang ada di atas. Pilihlah material yang sesuai dengan konsep rumah Anda, agar tampak lebih serasi.

Kamis, 18 Februari 2021 | 17:26 WIB
0
744
Selain Keramik, Ini 5 Material Dinding Kamar Mandi untuk Anda
Selain Keramik, Ini 5 Material Dinding Kamar Mandi untuk Anda

Dinding kamar mandi yang sering dijumpai umumnya berbahan keramik. Jika bosan dengan keramik, 5 inspirasi di bawah ini bisa Anda tiru.

Dinding kamar mandi bisa dibuat dari berbagai material. Salah satu yang paling terkenal adalah keramik. Namun, tahukah Anda bahwa ada bahan lain untuk kamar mandi? Sebagai ruangan yang esensial pada rumah, kamar mandi perlu dipikirkan sedetail mungkin. Mulai dari interior hingga furnitur di dalamnya perlu dipikirkan agar pengguna merasa nyaman.

Baca Juga: Lebih Estetik, Ini 7 Tips Dekorasi Dinding Tangga Minimalis

Berbeda halnya jika Anda menengok pada dinding kamar mandi di rumah tradisional Indonesia. Dengan merespon iklim setempat, banyak dari rumah tradisional menggunakan material alam sebagai pelapis dinding kamar mandinya.

Hal tersebut bertujuan untuk mendapatkan udara dan pencahayaan alami di dalam ruangan karena Indonesia beriklim tropis. Jenis dinding pada rumah tradisional bisa disebut sebagai dinding bernafas.

Hal ini dikarenakan dinding tersebut dapat mengalirkan udara melalui rongga atau celah yang terbentuk dari material penyusun serta cara pemasangannya. Sebagai contoh, Anda bisa melihat material dinding Rumah Lamin Pepas Eheng adalah kulit kayu ulin, rumah Bale menggunakan anyaman bambu dan rumah tradisional TTS menggunakan pelepah pohon kelapa.

Jika Anda tertarik untuk mengaplikasikannya pada rumah modern, tidak ada salahnya loh. Yuk coba lihat gambar-gambar di bawah ini.

Sumber: blog.bluprin.com 


Sumber: www.cntraveller.com


Sumber: www.spelldesigns.com


Sedangkan pada rumah modern, material dinding yang umum digunakan adalah keramik. Keramik adalah material dinding kamar mandi yang sudah popular. Material ini umum dijadikan sebagai lapisan terluar dinding kamar mandi karena sifatnya yang tahan air.

Dinding kamar mandi tanpa pelapis akan rusak terkena air. Anda bosan dengan keramik? Jangan khawatir sebab masih banyak material dinding yang bisa Anda coba. Yuk simak dan catat baik-baik kelima material ini.

1. Wallpaper Vinyl
Berbeda dengan kertas, wallpaper berbahan vinyl tentunya tahan air. Material dinding kamar mandi ini cocok bagi Anda yang ingin praktis dan mudah bosan. Pasalnya, wallpaper vinyl mudah dipasang dan dikelupas ketika sudah bosan dengan motifnya. Soal motif, wallpaper vinyl memiliki banyak motif pilihan yang bisa disesuaikan dengan keinginan maupun konsep rumah.

Menariknya lagi, Anda bisa membeli wallpaper vinyl dengan desain kustom. Perlu diperhatikan bahwa beberapa wallpaper vinyl tidak bisa bertahan pada ruangan lembab, seperti kamar mandi. Pastikan Anda memilih tipe terbaik. Selain itu, pastikan juga pemasangan dilakukan pada dinding yang bersih agar tertempel dengan kuat.

2. Cat Semi Gloss
Setelah vinyl, ada material cat semi gloss alias cat interior biasa. Material ini menjadi solusi bagi Anda yang punya budget minim tetapi ingin hasil dinding kamar mandi menarik. Harga cat semi gloss terhitung murah dan mudah didapatkan di pasaran.

3. Beadboard
Di urutan keempat ada material tembok kamar mandi beadboard yang mungkin belum Anda kenal sebelumnya, karena memang material ini belum cukup popular. Namun, kualitasnya tidak kalah dari material lainnya, sehingga patut untuk dipertimbangkan.

Beadboard pada umumnya hanya memiliki satu warna, yakni putih. Namun, Anda masih bisa membuatnya tampil menarik dengan bantuan cat glossy.

4. Tile board
Material lain yang bisa dipertimbangkan untuk dinding kamar mandi adalah tile board. Sekilas material ini terlihat serupa dengan ubin keramik. Hal itu hampir benar karena tile board adalah papan berlapis material keramik. Material ini memiliki kelebihan yaitu pemasangan yang sangat mudah dan harga yang juga tergolong murah.

5. 3D wall panel
Lalu, ada 3D wall panel untuk Anda penyuka konsep kamar mandi artistik. Seperti ubin keramik, Anda tidak perlu khawatir karena wall panel bisa melindungi dinding kamar mandi dari air. Dengan begitu, kelembaban pada kamar mandi tidak akan menjadi masalah lagi. Pastikan Anda sering membersihkannya agar tampilan kamar mandi tetap bersih dan menarik.

Anda bisa mencoba berbagai motif yang terinspirasi dari alam khas Mosaicart, bahkan karya desainer sekalipun. Mosaicart terbuat dari beton konkret sehingga bisa digunakan di dalam atau luar ruangan sekalipun.

Baca Juga: Mengulik Tren Hunian Klasik 2021, Panel Dinding Klasik Jadi Solusinya 

Demikian ulasan material tembok kamar mandi yang bisa digunakan selain keramik. Nah, jika Anda bosan dengan material keramik, bisa sekali untuk mencoba salah satu dari kelima material yang ada di atas. Pilihlah material yang sesuai dengan konsep rumah Anda, agar tampak lebih serasi. Selamat berkreasi!