Magnus Raja Catur Online

Total keseluruhan uang dollar yang masuk pundi-pundi Magnus adalah sebesar USD 349.500 atau sekitar 5 miliar rupiah dan itu diraih Magnus tanpa harus keluar rumah.

Sabtu, 22 Agustus 2020 | 10:43 WIB
0
122
Magnus Raja Catur Online
Magnus Carlsen (Foto: Lennart Ootes)

Tepuk tangan bertalu-talu untuk GM Hikaru Nakamura yang bermain garang sampai titik darah penghabisan meskipun akhirnya harus kalah dari GM Magnus Carlsen di babak terakhir Magnus Carlsen Tour Grand Final dini hari tadi. "Dia sangat tangguh," ujar Magnus memuji.

Tepuk tangan juga buat GM Magnus Carlsen dengan mental juaranya yang mampu mengkreasi Grand Final ini berlangsung sengit dan amat mendebarkan dari babak pertama hingga babak ketujuh berakhir.

Setelah bermain seri 2-2 di empat partai utama catur cepat, dan kalah di partai pertama tiebreak dua babak tambahan catur blitz, Magnus secara mengagumkan memenangi partai kedua sehingga pertandingan harus berlanjut ke babak Armageddon.

Baca Juga: Magnus Carlsen: Ini Waktu yang Tepat untuk Bermain Catur

Namun Magnus yang kali ini pegang Hitam menahan remis Nakamura dengan mudah untuk tampil sebagai juara dan merebut hadiah pertama sebesar USD 140.000 atau sekitar 2,1 miliar rupiah.

Magnus Carlsen pantas dinobatkan sebagai "raja" catur online setelah memenangi 6 dari 7 turnamen yang diikutinya sejak pandemi Covid-19 membuat catur di atas papan ditunda atau dibatalkan.

Total keseluruhan uang dollar yang masuk pundi-pundi Magnus adalah sebesar USD 349.500 atau sekitar 5 miliar rupiah dan itu diraih Magnus tanpa harus keluar rumah. Bukan main.

Tak Lagi Main-main

Jadi begitulah. Kendati dikabarkan menderita sakit punggung serius setelah berenang dan lari setengah jam sebelum pertandingan dimulai namun GM Magnus Carlsen tetap mampu tampil beringas dan menang dengan sangat meyakinkan tadi malam.

Juara dunia itu melumat GM Hikaru Nakamura 3-1 pada babak keenam Magnus Carlsen Tour Grand Final sekaligus menyamakan skor menjadi 3-3. Malam ini menjadi penentuan siapa yang akan tampil sebagai juara dan merebut hadiah uang sebesar 2,1 miliar rupiah.

Harus diakui, Magnus Carlsen berhasil membuat Grand Final ini sangat menarik untuk diikuti karena sampai babak keenam belum lagi diketahui siapa pemenangnya.

Namun dengan situasi seperti ini, saya kira tidak akan ada yang berani menjagokan Nakamura bakal mampu memenangi turnamen ini karena waktu bermain-main Magnus untuk menyenangkan hati penggemarnya telah berakhir. Nanti malam dimulai pukul 21.00 WIB waktunya untuk membunuh

Berikut adalah daftar nama turnamen online yang berhasil dimenangkan oleh juara dunia itu dengan jumlah hadiah uang yang berhasil "dibawa" pulang dalam US dollar.

1. Magnus Carlsen Invitational: 70.000
2. Clutch Chess: 30.000
3. Steinitz Memorial: 45.000
4. Lindores Abbey: 15.000 (semifinal)
5. Chessable Masters: 45.000
6. Legends of Chess: 45.000
7. Grand Final: 140.000

 ***