Magnus Carlsen: Ini Waktu yang Tepat untuk Bermain Catur

Para pecatur muda yang tumbuh dengan catur online mungkin akan memiliki sedikit keuntungan, dan hal yang sama berlaku jika Anda bermain banyak catur online terus menerus.

Senin, 20 April 2020 | 07:57 WIB
0
281
Magnus Carlsen: Ini Waktu yang Tepat untuk Bermain Catur
Magnus Carlsen (Foto: Times of India)

Dalam minggu-minggu ini kita akan menyaksikan pertarungan 8 pecatur terbaik di dunia di turnamen catur online Magnus Carlsen Invitational. Ini merupakan turnamen catur elit pertama melalui internet setelah semua turnamen catur dibatalkan akibat wabah Virus Corona.

Dalam obrolan dengan Times of India menjelang dimulainya turnamen Magnus Carlsen Invitational pada hari Sabtu lalu, juara dunia Magnus Carlsen berbicara tentang catur online dan masa depannya.

Bagaimana turnamen catur online mulai menemukan tempatnya dan penyesuaian apa yang harus dilakukan oleh pemain saat bermain di turnamen seperti ini. Berikut petikannya.

Time of India: Apa yang paling Anda keluhkan selama pandemi Virus Corona yang tengah mewabah ini?

Magnus Carlsen: Turnamen Kandidat harus berhenti di tengah jalan yang merusak tatanan siklus kejuaraan dunia. Secara umum, Norwegia tidak terlalu terpengaruh dibandingkan banyak negara Eropa lainnya, sehingga saya tidak ingin terlalu banyak mengeluh.

Times of India: Apakah ini waktu terbaik bagi orang-orang untuk mulai bermain catur?

Magnus Carlsen: Ini mungkin memang waktu yang tepat untuk bermain catur. Tetapi saya ingin menambahkan bahwa kapan saja adalah waktu yang tepat untuk mulai bermain catur.

Times of India: Dalam obrolan sebelumnya dengan Times of India, Anda menyebutkan bagaimana memulai turnamen online sudah ada di pikiran Anda. Apakah Anda merasa situasinya sudah tepat untuk memulainya sekarang?

Magnus Carlsen: Saya berharap kondisinya tidak seperti sekarang ini karena apa yang terjadi di seluruh dunia tidak baik sama sekali. Orang-orang menderita dan meninggal. Namun, dengan kurangnya hiburan di olahraga, catur online dapat membuat perbedaan. Dan saya pikir ini adalah perkembangan pertumbuhan alami catur online. Saya melihat catur online menjadi lebih penting, lebih bergengsi dan berharap itu akan ditanggapi lebih serius saat ini dan seterusnya.

Times of India: Sunway Sitges menjadi turnamen pertama yang digelar dalam format catur klasik via online. Apakah Anda akan melihat lebih banyak turnamen catur klasik online di masa depan?

Magnus Carlsen: Turnamen yang sudah mapan mungkin harus digelar secara online jika ingin berlangsung tahun ini. Untuk saat ini, saya pikir catur cepat dan catur blitz adalah alternatif terbaik untuk turnamen online.

Akan menarik untuk melihat umpan balik dari Magnus Carlsen Invitational setelah turnamen ini berakhir.

Times of India: Apa langkah-langkah yang harus diambil untuk mencegah kecurangan yang sangat mungkin terjadi dalam turnamen online?

Magnus Carlsen: Saya pikir chess24 telah mengambil langkah-langkah yang masuk akal untuk mencegah kemungkinan perbuatan curang ini. Bukannya kami menuduh pemain yang diundang akan berbuat curang, tetapi itu hanya untuk melindungi para pemain dari kecurigaan yang tidak perlu.

Times of India: Apakah ada penyesuaian mental atau teknis yang perlu dilakukan pecatur saat bermain catur online?

Magnus Carlsen: Ini sebenarnya sama saja dengan bermain catur di atas papan. Yang lebih penting adalah, tentu saja, latihan. Para pecatur muda yang tumbuh dengan catur online mungkin akan memiliki sedikit keuntungan, dan hal yang sama berlaku jika Anda bermain banyak catur online terus menerus.

Baca Juga: Ding Liren Gebuk Alireza Firouzja

Times of India: Anda kalah dari GM Alireza Firouzja di final Banter Blitz Cup pada hari Rabu lalu. Apakah Alireza salah satu lawan terberat yang pernah Anda hadapi belakangan ini?

Magnus Carlsen: Dia pemain catur yang sangat berbakat dan kapabel. Anda harus berusaha keras untuk mengalahkannya. Dia bermain bagus dan saya bermain buruk di sana saat itu. Tentu saja, Alireza memiliki masa depan catur yang cerah di depannya.

Sumber: Times of India

***