Ding Liren Gebuk Alireza Firouzja

Pemenang di catur cepat akan mendapatkan 3 poin sedangkan jika pertandingan ini berlanjut ke partai Armageddon pemenang hanya mendapatkan 2 poin dan yang kalah 1 poin.

Senin, 20 April 2020 | 07:39 WIB
0
295
Ding Liren Gebuk Alireza Firouzja
Alireza Firouzja versus Ding Liren (Foto: Lennart Ootes)

Dalam beberapa pekan terakhir, GM Alireza Firouzja benar-benar tak terhentikan, tetapi untuk kali ini segalanya tidak mudah bagi pecatur berusia 16 tahun itu.

Dia digebuk oleh pecatur nomor satu China GM Ding Liren dengan skor 2½-1½. Ding menang pada babak kedua dengan Hitam sementara tiga partai lainnya berakhir remis membuat Ding kini memimpin turnamen sendirian dengan 3 poin.

Di monitor lain GM Magnus Carlsen terlibat adu pukulan seru dengan pecatur AS Hikaru Nakamura. Masing-masing menang saat pegang Putih sehingga pertarungan berakhir imbang 2-2.

Pertandingan mereka kemudian beralih ke partai blitz Armageddon 5-4 untuk menentukan siapa yang lebih kuat. Magnus yang pegang Hitam justru menang pada langkah ke-32 padahal dengan remis saja ia akan dinyatakan sebagai pemenang.

Sesuai dengan peraturan, pemenang di catur cepat akan mendapatkan 3 poin sedangkan jika pertandingan ini berlanjut ke partai Armageddon pemenang hanya mendapatkan 2 poin dan yang kalah 1 poin.

Malam ini turnamen akan mempertemukan GM Fabiano Caruana vs. GM Ian Nepomniachtchi dan GM Maxime Vachier-Lagrave vs. GM Anish Giri yang dapat ditonton secara langsung lewat Follow Chess dimulai pukul 21.00 WIB.

***