Hindari Konsumsi 8 Makanan Ini agar Tidur Nyenyak

Senin, 12 September 2022 | 10:29 WIB
0
52
Hindari Konsumsi 8 Makanan Ini agar Tidur Nyenyak
Sumber: Canva.com

Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas tidur Anda adalah dengan menghindari jenis makanan tertentu dan mendapatkan tidur malam yang baik. Tidak diragukan lagi, makanan dan minuman yang Anda konsumsi, terutama di malam hari, memiliki dampak tersendiri terhadap kualitas tidur Anda.

Kualitas tidur sangat penting untuk diperhatikan karena mempengaruhi aktivitas sehari-hari Anda. Tidur yang lama dan berkualitas buruk dapat menyebabkan tubuh cepat lelah, memengaruhi kemampuan Anda untuk tampil baik di pagi dan sore hari.

Baca Juga: Cegah 8 Makanan agar Tidur Nyenyak dan Rekomendasi Vitamin

Hindari 8 Makanan Ini Agar Tidur Nyenyak

Setiap orang membutuhkan istirahat yang baik. Salah satu cara untuk memperbaiki pola tidur Anda adalah dengan memperhatikan asupan Anda. Jenis asupan berikut harus dihindari untuk kualitas pemulihan terbaik.

1. Cokelat

Gula, lemak, dan kafein dalam cokelat dapat memengaruhi kualitas tidur Anda dan harus dihindari. Makan sedikit cokelat di malam hari dapat diterima, misalnya sebagai campuran makanan.

2. Daging merah

Perlu Anda ketahui bahwa tubuh manusia tidak dirancang untuk mencerna makanan saat Anda tidur. Karena daging merah kaya akan protein yang sulit dicerna, hindari makan daging merah saat Anda tidur.

Daging merah dapat menyebabkan masalah pencernaan jika dimakan larut malam atau sebelum tidur, sehingga harus dihindari untuk membantu Anda tidur nyenyak.

3. Kopi

Kopi adalah minuman berkafein yang membuat Anda terjaga hingga larut malam. Jika Anda ingin istirahat Anda lebih kualitatif, Anda harus berhenti minum kopi di sore hari. Teh herbal dan chamomile dapat digunakan sebagai pengganti tidur yang lebih nyenyak.

4. Alkohol

Beberapa makanan tidak hanya mengganggu tidur nyenyak, minuman beralkohol juga harus dihindari sebelum tidur. Beberapa orang percaya bahwa alkohol membantu mereka tertidur.

Minum alkohol membuat kepala Anda berat dan membuat Anda mengantuk. Namun nyatanya, alkohol dapat mengganggu tahap progresif tidur, sehingga seseorang bangun dengan lelah.

5. Makanan yang mengandung lemak

Asupan lemak tinggi dapat mengganggu ritme sirkadian Anda, proses yang secara internal dan alami mengatur siklus tidur-bangun Anda. Tentu saja, makan makanan berminyak di malam hari membuat Anda merasa tidak nyaman dan membuat Anda sulit untuk tertidur.

6. Buah asam

Buah-buahan asam seperti jeruk, anggur dan tomat juga harus dihindari dalam diet tidur. Mengapa: Buah asam dapat meningkatkan asam lambung dan membangunkan Anda.

7. Makanan pedas

Orang yang menyukai makanan pedas disarankan untuk menghindari makanan pedas sebelum istirahat. Rasa pedasnya yang tajam meningkatkan suhu di perut. Untuk tidur nyenyak, otak Anda harus mengatur suhu tubuh Anda untuk mempersiapkan Anda tidur.

8. Air

Konsumsi air sangat penting bagi tubuh. Namun, air minum juga harus dibatasi, terutama sebelum beristirahat setidaknya selama dua jam di malam hari.

Selain air minum, makanan dengan kandungan air yang tinggi sebaiknya dihindari sebelum tidur. Kandungan air yang tinggi dapat mengganggu tidur. Tidak ingin bangun di tengah malam untuk pergi ke kamar mandi?

Vitamin yang Direkomendasikan untuk Tidur yang Nyenyak

Selain menghindari makanan tertentu agar tidur nyenyak, mendapatkan cukup vitamin dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda di malam hari.Vitamin penting untuk tidur yang lebih baik antara lain: adalah.

1. Vitamin B

Vitamin pertama yang direkomendasikan adalah vitamin B. Vitamin B ditemukan dalam biji-bijian, telur, dan kacang-kacangan. Pastikan kebutuhan vitamin B Anda terpenuhi setiap hari.

2. Vitamin D

Selain itu, vitamin D membantu Anda tidur di malam hari. Karena vitamin D bisa didapat dari sinar matahari, tuna, salmon, telur, atau suplemen makanan.

3. Vitamin E

Terakhir, vitamin yang direkomendasikan untuk membantu Anda tidur lebih nyenyak adalah vitamin E. Vitamin ini ditemukan dalam bayam, brokoli, minyak sayur dan kacang-kacangan.

Tidur malam yang baik adalah salah satu kunci untuk memulihkan energi dan kekuatan untuk hari berikutnya. Mengetahui apa yang harus dihindari saat makan di luar untuk tidur malam yang nyenyak dapat membantu Anda merasa lebih berenergi di pagi hari.

Baca Juga: 3 Macam Bakteri pada Makanan yang Umum Ditemukan

Demikian informasi mengenai makanan yang perlu dihindari untuk menunjang kualitas tidur Anda. Semoga artikel ini bermanfaat.