Resmi Jadi Warga Negara AS, Wesley So: Tuhan Memberkati Amerika!

Saya sekarang menjadi bagian dari American Dream. Saya adalah bagian dari negara paling sukses di dunia dan siap memberikan kontribusi.

Jumat, 5 Maret 2021 | 07:39 WIB
0
179
Resmi Jadi Warga Negara AS, Wesley So: Tuhan Memberkati Amerika!
Wesley So (Foto: US Chess)

Pecatur peringkat ke-9 dunia GM Wesley So asal Filipina secara resmi diangkat menjadi warga negara Amerika Serikat pada tanggal 26 Februari 2021 di kantor Kewarganegaraan dan Layanan Imigrasi AS di St. Paul, Minneapolis.

Juara nasional Filipina tiga kali itu pertama kali datang ke AS pada tahun 2012 sebagai calon mahasiswa baru Universitas Webster, dan sekarang So adalah juara dunia Fischer Random, juara AS dua kali dan anggota tim AS tahun 2016 yang membawa Amerika merebut medali emas Olimpiade Catur untuk pertama kalinya sejak tahun 1976.

Wesley diwawancarai oleh Debbie Cannon dari Layanan Kewarganegaraan dan Imigrasi AS seusai upacara. Berikut petikannya:

Mengapa Anda datang ke AS?

Untuk masa depan yang lebih baik, karena ini adalah negara harapan.

Apa yang Anda suka tentang AS?

Saya suka bahwa siapa pun dapat berusaha untuk sukses. Anda tidak dibatasi oleh warna kulit Anda, kurangnya koneksi atau jumlah uang yang Anda miliki. Jika Anda bekerja keras, Anda memiliki peluang lebih baik untuk berhasil di sini daripada negara mana pun di dunia.

Saya datang ke Amerika siap untuk bekerja keras, dan ternyata seperti yang saya impikan. Itu tidak berarti saya sendiri tidak mencintai Filipina.

Saya memiliki kenangan indah di sana. Akan tetapi saya tidak punya koneksi yang dibutuhkan untuk berhasil. Saya berasal dari provinsi, bukan anak kota. Tidak punya uang dan lain-lainnya. Saya ingin melangkah lebih jauh, dan hanya ada satu negara yang dapat mewujudkannya. Amerika Serikat!

Mengapa Anda menjadi warga negara AS?

Saya ingin memberi kembali kepada negara yang telah begitu baik kepada saya. Sejak saat saya mendarat di sini, saya didorong untuk tampil menjadi lebih baik daripada sebelumnya. Saya suka sikap ini dan kemurahan hati budaya Amerika yang luar biasa. Kebanyakan orang di sini tidak tahu seperti apa di tempat lain di dunia, dan mereka tidak menghargai semangat luar biasa negara ini. Saya telah bermain catur di sebagian besar negara di dunia dan saya dapat mengatakan... saya suka di sini!

Bagaimana perasaan Anda saat menjadi warga negara AS?

Baca Juga: Wesley So, Juara Dunia Fischer Random yang Pertama

Saya menjadi sangat bersemangat sehingga saya berbicara keras sepanjang hari. Itu benar-benar mimpi yang menjadi kenyataan. Saya sekarang menjadi bagian dari American Dream. Saya adalah bagian dari negara paling sukses di dunia dan siap memberikan kontribusi.

Apa artinya ini bagi masa depan Anda di bidang catur?

Yah, itu tidak bisa saya katakan. Catur adalah olahraga dan seperti olahraga lainnya, upaya Anda bisa naik dan turun karena berbagai alasan. Saya tahu saya akan mencoba yang terbaik untuk membayar kembali apa yang telah diberikan kepada saya. Saya berusaha untuk menjadi seorang warga negara yang baik dan membantu orang lain seperti saya telah dibantu. Tuhan memberkati Amerika!

***