Kagum Magnus

Kalau Anda ingin tahu dampak situasi perang Rusia dengan Ukraina dari sisi opposisi, bacalah akun media sosial GM Garry Kasparov.

Minggu, 6 Maret 2022 | 08:50 WIB
0
100
Kagum Magnus
Magnus Carlsen (Foto: PUMA)

Saya mem-follow banyak akun-akun media sosial pecatur top dunia seperti facebook, twitter, dan instagram termasuk akun milik GM Magnus Carlsen.

Saya kagum dengan pecatur Norwegia ini. Setelah Rusia menginvasi Ukraina, saya belum pernah membaca komentar apapun dari Magnus tentang perang yang berlangsung berat sebelah ini.

Magnus Carlsen terlihat menahan diri untuk tidak memberikan pendapat meski mungkin banyak yang menunggu reaksinya.

Sepertinya Magnus menganggap bahwa sudah cukup penyelenggara Norway Chess yang menghukum Rusia dengan tidak mengundang GM Sergey Karjakin dan GM Alexander Grischuk ke turnamen itu.

Begitu juga dengan GM Anish Giri. Pecatur Belanda yang biasanya "centil" di twitter ini juga ikut membisu padahal begitu banyak pecatur yang mengecam Rusia karena invasi brutalnya ke Ukraina.

Saya justru heran dengan seorang pecatur AS yang begitu semangat berkicau setiap hari mengecam invasi ini. Dia lupa bahwa AS tidak terhitung banyaknya menginvasi negara lain tanpa belas kasihan.

Dia juga gencar mengecam Karjakin dengan mengungkit-ngungkit cerita lama bahwa pecatur Rusia ini meraih gelar GM nya dengan cara menyogok pecatur lawan. Saya baru pertama kali mendengar cerita ini.

Selain Carlsen saya juga kagum dengan puluhan pecatur Rusia yang dengan lantang menentang negara mereka memerangi Ukraina. Padahal Vladimir Putin sedang kuat-kuatnya saat ini.

IM Alina Kashlinskaya, anggota tim nasional catur wanita Rusia dengan berani berbicara menentang Putin. "Saya malu dengan negara agresor tempat saya dilahirkan. Hentikan perang," serunya lantang.

Padahal jika mereka itu nanti dituduh sebagai penghianat bangsa akan sangat luar biasa dampaknya bagi karier catur mereka ke depan.

Tetapi kalau Anda ingin tahu dampak situasi perang Rusia dengan Ukraina dari sisi opposisi, bacalah akun media sosial GM Garry Kasparov. 

Tidak kalah brutalnya dengan serangan bom-bom udara Rusia!

***