Hasilnya Wow, Desain Dapur Anda dengan 5 Tips Ini

Dapur yang nyaman tidak dilihat dari ukurannya. Tidak harus selalu luas dan lapang, bahkan dapur mungil pun dengan desain yang tepat bisa tetap terasa nyaman.

Selasa, 22 Desember 2020 | 16:52 WIB
0
200
Hasilnya Wow, Desain Dapur Anda dengan 5 Tips Ini
Hasilnya Wow, Desain Dapur Anda dengan 5 Tips Ini

Desain dapur bisa membuatmu semakin rajin masak. Simak 5 hal penting saat mendesain dapur, dari lemari hingga panel 3D.

Desain dapur mempengaruhi mood penghuninya saat memasak. Oleh sebab itu, menentukan desain dapur yang tepat sangat penting dilakukan di awal. Meskipun tidak jago memasak, tidak ada salahnya mencoba memaksimalkan desain dapur terlebih jika Anda banyak menghabiskan waktu di rumah. Nah, hal apa saja yang perlu diperhatikan saat mendesain dapur? Yuk tetap baca artikel ini hingga habis.

Baca Juga: Berkenalan dan Berkreasi dengan 3D Wall Panel

1. Menciptakan Ruang Horizontal Ekstra 
Jika Anda memiliki area dapur yang terbilang cukup luas, maka tips desain dapur satu ini bisa diterapkan. Letakkan kabinet di salah satu sisi. Sedangkan, meja kompor beserta wastafel diletakan di tengah dengan posisi miring. Hal ini dilakukan bukan tanpa tujuan, melainkan untukmenciptakan ruang horizontal di dapur Anda. Dengan demikian, dapur akan menjadi lapang dan membuat aktivitas di dalamnya lebih leluasa. 

2. Menambahkan Panel Lemari Kayu Minimalis 
Tips desain kedua bertujuan untuk menjadikan area dapur fungsional sekaligus memperoleh nilai estetika. Hal in bisa dilakukan dengan menempatkan perabot multifungsi, seperti panel kayu. Penambahan panel kayu yang berpadu dengan lemari dapur dan meja dapur membuat dapur semakin fungsional. 

Terang saja, ketiga perabot tersebut memiliki fungsi penyimpanan sekaligus pemajangan sehingga menghemat tempat. Kini ada lebih banyak ruang untuk bisa dimanfaatkan di dapur Anda. Tips ini cocok dilakukan bagi pemilik dapur berukuran mungil. 

3. Memaksimalkan Pencahayaan 
Ketiga, memaksimalkan pencahayaan baik matahari maupun lampu. Anda bisa memilih warna yang terang untuk dinding, lantai, dan perabot di dalamnya. Pemilihan warna ini berguna untuk mendukung pencahayaan dapur. Anda cukup menempatkan sedikit lampu tanpa perlu khawatir dapur terlihat remang-remang karena warna dapur sudah dibuat terang dengan warna cerah.

Selain itu, Anda bisa menambahkan jendela dengan pintu lebar atau ditutup kaca tinggi. Cahaya matahari bisa masuk dan membuat dapur tetap terang di waktu pagi sampai sore tanpa perlu menyalakan lampu. Saat malam tiba, Anda bisa menyalakan beberapa lampu di dapur. Tips ini juga membuat dapur terlihat bersih. 

4. Menambahkan Elemen Kayu untuk Suasana Hangat 
Berikutnya ada elemen kayu untuk suasana hangat. Dengan menambahkan elemen kayu, maka menambahkan pula kesan natural juga hangat pada dapur. Elemen kayu ini bisa mendominasi dan cocok dikombinasikan dengan material lain pada dapur itu sendiri. 

Untuk menambahkan kesan hangat, tata letak dapur perlu diperhatikan juga. Cobalah menyatukan dapur dengan ruang makan sehingga bisa menjadi area keluarga berkumpul. Dapur yang menyatu dengan ruang makan akan semakin menciptakan suasana hangat, terutama saat makan bersama. 

5. Menggunakan 3D Wall Panel pada Dinding 
3D wall panel pada dinding menjadi tips desain dapur yang terpenting. Pelapis dinding dengan motif yang beragam ini bisa memberikan aksen pada dapur Anda. Gunakan panel dinding Mosaicart yang berbahan beton konkret sehingga kuat dan tahan lama. Selain itu, jangan khawatir kotor karena panel Mosaicart mudah dibersihkan.

Jika Anda penyuka dapur artistik, Mosaicart menyediakan koleksi khusus hasil kolaborasi dengan desainer ternama Indonesia. Koleksi tersebut dinamai Signature Collection yang bisa dikreasikan sesuai keinginan desain panel untuk dapur.

Baca Juga: Pemilik Restoran Wajib Tahu 5 Rahasia Desain Restoran yang Unik Ini

Dapur yang nyaman tidak dilihat dari ukurannya. Tidak harus selalu luas dan lapang, bahkan dapur mungil pun dengan desain yang tepat bisa tetap terasa nyaman. Untuk memudahkan Anda memiliki dapur yang nyaman, kelima tips desain dapur di atas bisa dicoba. Mulai dengan memaksimalkan pencahayaan hingga menggunakan 3D wall panel, itu terserah Anda. Selamat mencoba!

***