Kebiasaan Sehat yang Harus Diajarkan ke Anak!

Serta anak juga perlu diberikan asupan gizi yang lengkap dan sehat.

Kamis, 11 Agustus 2022 | 21:53 WIB
0
70
Kebiasaan Sehat yang Harus Diajarkan ke Anak!
child

Merawat seorang anak merupakan salah satu tugas yang membahagiakan serta memiliki tantangan sendiri. Selain memberikan mereka kasih sayang, Anda juga harus menerapkan kebiasaan sehat agar anak tumbuh dan berkembang dengan baik.

Dengan memulai kebiasaan yang sehat sejak dini, anak akan lebih cepat memahami dan melaksanakan rutinitas tersebut dengan terbiasa.

Baca Juga : Rekomendasi Makanan Untuk Lansia Yang Susah Makan

6 Kebiasaan Sehat Sederhana yang Penting untuk Diajarkan
Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang sehat untuk anak yang bisa Anda terapkan:

1. Tidak Melewatkan Sarapan
Kebiasaan sehat yang pertama adalah tidak melewatkan sarapan. Sarapan atau makan pagi adalah hal yang penting untuk dilakukan oleh siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak. Hal ini bertujuan agar asupan nutrisi pada anak dapat terpenuhi dengan menu sarapan bergizi.

Apalagi sarapan juga dapat memberikan energi yang positif untuk anak dalam seharian penuh. Dengan membiasakan anak untuk tidak melewatkan sarapan dapat membentuk kebiasaan agar makan dengan teratur.

2. Mencuci Tangan
Mencuci tangan adalah salah satu kebiasaan sehat yang wajib dimiliki oleh semua orang agar terhindar dari serangan virus, bakteri dan kuman. Apalagi jika anak Anda sering sekali memegang suatu barang kotor, tentu akan lebih baik membiasakan mereka untuk sering melakukan cuci tangan.

Pastikan juga untuk memberikan contoh mencuci tangan yang baik dan benar kepada anak. Anda bisa meminta anak untuk mencuci tangan setiap kali ingin makan dan sesudahnya, memegang benda yang kotor atau setelah beraktivitas di luar rumah.

3. Membuang Sampah di Tempatnya
Salah satu kebiasaan sehat lainnya adalah dengan membuang sampah pada tempatnya. Dengan mengajarkan kebiasaan ini, anak akan lebih peduli dan menjaga kebersihan dari lingkungan sekitarnya.

Anda bisa mengajarkannya mulai dari membuang wadah snack atau camilan yang habis dimakan atau juga membereskan mainannya sendiri. Tentu saja Anda juga harus mempersiapkan wadah tempat sampah yang kecil agar anak bisa membuang sampah miliki mereka sendiri.

4. Bermain di Luar Rumah
Anda juga bisa membiasakan anak untuk bermain di luar rumah. Hal ini bertujuan agar anak dapat melakukan sosialisasi dengan lingkungan sekitar serta belajar untuk beradaptasi. Selain itu, bermain di luar rumah juga lebih baik daripada bermain gadget di rumah.

Akan tetapi, ketika anak bermain di luar rumah, pastikan bahwa mereka dalam pengawasan orang dewasa. Hal ini tentu untuk menjaga keamanan dan keselamatan mereka. Pastikan juga untuk menerapkan waktu dan aturan dalam bermain agar mereka bisa disiplin.

5. Membaca Buku
Salah satu kebiasaan sehat yang saat ini makin sulit dilakukan oleh orang dewasa adalah membaca buku. Padahal membaca buku memiliki berbagai macam manfaat untuk meningkatkan dan melatih memori pada otak.

Oleh karena itu, penting sekali untuk mengajarkan anak kebiasaan membaca buku agar mereka bisa tetap melakukan hal tersebut bahkan hingga dewasa nanti. Berikanlah buku yang menarik juga agar anak tidak merasa bosan.

6. Makan Sayur dan Buah-buahan
Sayur dan buah-buahan merupakan jenis makanan yang paling dihindari oleh banyak orang. Hal ini karena makanan tersebut memiliki rasa yang kurang sedap. Padahal kandungan yang dimiliki sangatlah baik untuk kesehatan dan tumbuh kembang pada anak.

Untuk itu, sebagai orang tua Anda juga harus menerapkan kebiasaan makan sayur dan buah-buahan pada anak sejak kecil. Anda bisa memberikan variasi menu sayur dan buah-buahan yang unik agar anak tertarik untuk memakannya.

Baca Juga : Inilah Ciri-ciri Anak Yang Sehat
Mengajarkan kebiasaan sehat kepada anak sejak dini, diharapkan nantinya pola hidup yang mereka jalani bisa lebih teratur dan tetap terjaga kesehatannya. 

Serta anak juga perlu diberikan asupan gizi yang lengkap dan sehat. Salah satunya dengan telur Indofarm merupakan telur ayam organik yang kaya akan omega 3 dan nutrisi penting lainnya. Dihasilkan dari peternakan alami dan higenis, Telur Indofarm terhindar dari bakteri dan bahan kimia berbahaya.

Kunjungi halaman produk Indofarm untuk informasi lebih lanjut mengenai Telur Omega 3 Organik, Telur Ayam Kampung Omega 3, ataupun Telur Hijau dari Ayam Hitam!

***