Seberapa Terkenal Magnus Carlsen?

Hasil survei menyebutkan hanya 7 persen orang yang ditanya di Inggris dapat dengan benar menjawab nama juara dunia catur saat ini dari 10 pilihan nama yang disodorkan.

Sabtu, 23 Juli 2022 | 11:54 WIB
0
47
Seberapa Terkenal Magnus Carlsen?
Magnus Carlsen (Foto: twitter.com)

Juara dunia GM Magnus Carlsen mungkin tidak setenar yang Anda perkirakan menurut survei terbaru yang dilakukan pada 13-16 Juni 2022 di Inggris dan AS.

Survei yang dilakukan di Inggris oleh YouGov dan FIDE Online Arena, mencatat bahwa hanya 7 persen orang yang mengetahui nama juara dunia catur saat ini. 

YouGov, perusahaan riset terkemuka dan FIDE Online Arena, platform game resmi dari Federasi Catur Internasional, melakukan survei untuk mengetahui seberapa banyak orang yang mengenal nama juara dunia ini dan dari negara mana dia berasal.

Hasil survei menyebutkan hanya 7 persen orang yang ditanya di Inggris dapat dengan benar menjawab nama juara dunia catur saat ini dari 10 pilihan nama yang disodorkan, jumlah itu naik menjadi hanya 9 persen di AS. 

Empat persen dari semua responden salah menyebutkan bahwa gelar masih dipegang oleh GM Garry Kasparov yang pensiun pada tahun 2005, sementara 77 persen menyatakan bahwa mereka tidak tahu nama juara dunia saat ini. 

Hasilnya serupa ketika ditanya dari mana sang juara dunia berasal, dengan 6 persen responden menjawab dengan benar bahwa dia berasal dari Norwegia, sementara 15 persen secara keliru percaya bahwa juara saat ini berasal dari Rusia, dan 5 persen mengatakan bahwa sang juara dunia berasal dari AS.

Tolak Pertahanan Gelar

Tepat pada Hari Catur Internasional 20 Juli 2022 lalu, Carlsen sebagai juara dunia mengakhiri spekulasi selama berbulan-bulan dengan mengumumkan melalui sponsornya Unibet bahwa dia tidak akan mempertahankan gelarnya di catur klasik.

Baca Juga: Ponsel Ding Liren Dibanjiri Pesan Masuk

Dengan demikian juara Turnamen Kandidat 2022 GM Ian Nepomniachtchi dari Rusia akan bertemu dengan runner up pecatur asal China GM Ding Liren untuk memperebutkan gelar juara dunia catur 2023.

***