Ponsel Ding Liren Dibanjiri Pesan Masuk

Ding Liren ketiban pulung atas mangkirnya Magnus Carlsen mempertahankan mahkota juara dunia, ia akan menghadapi Ian Nepomniachtchi tahun 2023.

Kamis, 21 Juli 2022 | 15:27 WIB
0
52
Ponsel Ding  Liren Dibanjiri Pesan Masuk
Ding Liren (Foto: chess24)

GM Ding Liren masih berada di Spanyol tapi tidak lagi di Madrid melainkan di Barcelona ketika GM Magnus Carlsen mengumumkan bahwa dia tidak akan mempertahankan gelar juara dunianya tahun 2023.

Hal itu berarti dunia catur akan melihat juara dunia baru tahun depan. GM Ian Nepomniachtchi tidak lagi melawan Carlsen untuk perebutan gelar, melainkan menghadapi pecatur nomor 2 dunia Ding Liren, yang menempati runner up di Turnamen Kandidat 2022. 

Chess24 menemui Ding Liren beberapa menit setelah berita mengejutkan itu. Menurut Ding dirinya sedang berada di toilet ketika banjir pesan memenuhi isi ponselnya.

"Sulit dipercaya! Saya perlu sedikit tenang," kata Ding sambil tersenyum lebar. "Akhir-akhir ini saya sedikit gugup. Saya pikir berita itu mungkin datang hari ini," ujarnya. 

Ding Liren mengamankan tiket emas potensial dengan memenangkan partai terakhir melawan GM Hikaru Nakamura di Turnamen Kandidat.

"Ini adalah peluang emas. Saya sangat beruntung memiliki kesempatan untuk bermain di kejuaraan dunia. Ini pasti kesempatan terbaik saya. Ini kesempatan sekali seumur hidup," tambah Ding riang.

Ding Liren dan para pecatur China lainnya masih menderita karena kebijakan anti-Covid yang ketat di negara itu, yang menyebabkan China tidak mengirim tim ke Olimpiade Catur di Chennai bulan ini.

Pecatur berusia 29 tahun itu mengatakan karena hal itu dia tidak memiliki satu turnamen pun yang direncanakan untuk diikuti tahun 2022.

Saat ditanyakan bagaimana dia mempersiapkan diri untuk pertandingan yang dijadwalkan berlangsung pada April 2023 nanti, Ding menjawab: 

"Ada lebih dari setengah tahun waktu untuk mempersiapkan diri. Saya perlu membuat rencana dan memperluas repertoar pembukaan saya. Ini membuat saya sekarang punya motivasi lebih untuk berlatih..."

FIDE belum mengumumkan penyelenggara untuk pertandingan kejuaraan dunia nanti, tetapi Ding berharap China bersedia menjadi tuan rumah.

***