Aduh Irene!

Dengan hasil di luar dugaan yang didapatnya, Irene kemungkinan akan kembali ke tanah air untuk beristirahat dan menenangkan diri.

Minggu, 26 Desember 2021 | 12:56 WIB
0
48
Aduh Irene!
Irene Kharisma Sukandar (Foto:Sunway Chess Open)

Setelah menulis kabar baik kemarin tentang Gilbert, Ummi, dan Laysa Latifah yang sukses meraih norma GM, WGM dan WIM di Sunway Sitges Open 2021 kini saatnya mengabarkan berita buruk.

Apa itu? Irene. Ada apa dengan Irene? Pecatur wanita nomor satu Indonesia itu tampil buruk sekali di turnamen ini. Dari 10 babak, Irene hanya menang empat kali, remis satu kali dan kalah lima kali.

Dan yang lebih menyedihkan lagi dua kekalahan Irene didapat dari pecatur non master, satu dari WFM dan satu lagi dari pecatur Candidate Master.

Rasanya ini bukan seperti Irene yang kita kenal sebagai petarung. Kalahnya aneh-aneh. 

Akibatnya memang mengerikan. Irene kehilangan 29 poin rating membuat Elo ratingnya turun dari 2407 menjadi 2378 dan Irene kembali masuk klub 2300!

Tadinya saya berharap Irene akan tampil di Kejuaraan Dunia Catur Rapid & Blitz di Polandia pada 26-30 Desember 2021 setelah turnamen ini karena lokasinya masih di Eropa.

Tapi dengan hasil di luar dugaan yang didapatnya, saya pikir Irene akan kembali ke tanah air untuk beristirahat dan menenangkan diri.

Begitupun, pada perhitungan rating FIDE Januari 2022 mendatang Irene masih tetap menjadi pecatur wanita nomor satu Indonesia karena IM Medina Warda Aulia (2367) hanya menambah 7 poin rating di turnamen ini sehingga ratingnya naik menjadi 2374 masih 4 poin di bawah rating Irene.

***