6 Jenis Ayam Pedaging di Indonesia yang Sudah Tak Asing Lagi

Satu lagi jenis ayam pedaging yang populer di Indonesia adalah ayam Gaint Cochin. Ayam jenis ini sepintas mirip dengan ayam brahma karena memiliki postus yang bulat dan besar.

Senin, 13 September 2021 | 14:36 WIB
0
400
6 Jenis Ayam Pedaging di Indonesia yang Sudah Tak Asing Lagi
https://bpdfood.co.id/

Jenis Ayam Pedaging di Indonesia

Mengingat tingkat konsumsi daging ayam yang lumayan tinggi, berikut adalah beberapa jenis ayam yang biasa dimanfaatkan untuk ayam pedaging dan banyak ditemukan di pasar Indonesia :

1. Ayam Kampung Super
Ayam kampung super terkenal dengan pertumbuhan yang cukup cepat dimana pada usia 2 bulan sudah mencapai bobot 1 kg. Ayam super kampung atau biasa disebut dengan ayam Joper merupakan hasil persilangan antara ayam Bangkok jantan dan ayam petelur betina. 

Baca juga: Apakah Kandungan Gizi Paha dan Dada Ayam Setara? Ini Faktanya

2. Ayam KUB

Ayam KUB sendiri merupakan hasil persilangan dari ayam kampung unggulan yang diperoleh dari hasil riset Badan Litbang Pertanian Bogor. Ayam KUB merupakan ayam petelur, namun, masyarakat Indonesia sering kali menjadikannya sebagai ayam potong atau ayam pedaging.

3. Ayam Broiler

Ayam broiler termasuk salah satu jenis ayam pedaging yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Masa panen ayam broiler juga cukup cepat yaitu sekitar 35 hari sehingga banyak orang memanfaatkannya sebagai lahan bisnis yang menjanjikan. Daging ayam broiler sangat populer di pasaran dan kerap dicari ibu-ibu untuk dimasak karena memiliki tekstur daging yang empuk. 

4. Ayam Brahma

Ayam Brahma merupakan jenis ayam potong yang berasal dari India. Ayam jenis ini terkenal dengan bobot yang cukup berat yaitu mencapai 5 kg per ekor. Selain dijadikan sebagai ayam pedaging, ayam Brahma juga kerap dijadikan sebagai ayam hias.

5. Ayam Kampung Asli

Ayam kampung asli dianggap lebih sehat karena pakan yang digunakan lebih alami dan biasanya dipelihara secara diumbar. Ayam jenis ini terkenal dengan rasanya yang lebih gurih jika dibandingkan dengan ayam jenis lainnya. Namun jika dibandingkan dengan ayam broiler atau jenis lainnya, harga ayam kampung asli memang sedikit lebih mahal. Ayam kampung asli menjadi salah satu jenis ayam pedaging yang banyak dikonsumsi di Indonesia. 

6. Ayam Giant Cochin

Satu lagi jenis ayam pedaging yang populer di Indonesia adalah ayam Gaint Cochin. Ayam jenis ini sepintas mirip dengan ayam brahma karena memiliki postus yang bulat dan besar. Meskipun termasuk jenis ayam potong, akan tetapi ayam Giant Cochin lebih sering digunakan sebagai ayam hias oleh masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Perbandingan Gizi Daging Ayam Bagian Dada dan Paha

Untuk informasi selengkapnya silahkan cek disini. Demikian penjelasan yang saya berikan, smeoga bermanfaat!

***