Apakah Kandungan Gizi Paha dan Dada Ayam Setara? Ini Faktanya

Anda perlu mengatur pola makan dan menu diet harian yang seharusnya Anda konsumsi setiap hari.

Selasa, 7 September 2021 | 16:54 WIB
0
116
Apakah Kandungan Gizi Paha dan Dada Ayam Setara? Ini Faktanya
Paha ayam (Foto: wowkeren.com)

Kandungan Gizi Paha dan Dada Ayam, Makanah yang Lebih Tinggi?

Gizi Dada Ayam

Kandungan kalori pada bagian dada ayam memiliki jumlah yang lebih rendah daripada bagian paha ayam. Bagian dada ayam memiliki kandungan protein yang lebih tinggi daripada bagian paha, sedangkan untuk lemak, bagian ini memiliki jumlah yang lebih rendah daripada bagian paha ayam. Bagian dada ayam ini baik untuk Anda yang saat ini sedang menjalani masa perkembangan dan pertumbuhan massa otot.

Gizi Paha Ayam

Bagian paha ayam lebih dianjurkan bagi Anda yang mengalami kelebihan dalam pasokan protein, karena paha ayam memiliki kandungan protein yang lebih rendah daripada bagian dada ayam. Sedangkan untuk kandungan lemak, bagian paha ayam ini memiliki jumlah yang lebih tinggi.

Kalori yang terkandung dalam paha ayam ini jumlahnya lebih tinggi dibandingkan bagian dada ayam. Untuk menghindari adanya jumlah lemak dan kalori yang berlebih dalam tubuh, Anda perlu mengatur menu diet harian Anda terkait dengan olahan daging ayam ini. Sehingga terjadi keseimbangan antara kandungan gizi yang Anda butuhkan dengan kandungan gizi ayam yang memang sudah cukup dalam tubuh.

Baca Juga: Macam-Macam Potongan Ayam dan Cara Potong Per Bagian

Manfaat Mengkonsumsi Daging Ayam untuk Kesehatan

1. Meningkatkan sistem metabolisme
Gizi ayam tidak hanya berupa protein yang berperan dalam pembentukan dan sebagai penguat otot. Daging ayam memiliki kandungan vitamin B6 yang berperan penting dalam meningkatkan sistem metabolisme tubuh manusia. Vitamin B6 ini merupakan jenis vitamin yang baik untuk ibu hamil, sehingga bagi Anda yang berada dalam masa kehamilan atau memiliki anggota keluarga yang sedang hamil. 

2. Sebagai kontrol tekanan darah
Seperti yang telah dijelaskan bahwa daging ayam ini dapat mengatasi masalah tekanan darah rendah atau anemia. Namun, ternyata kandungan vitamin B3 pada daging ayam ini mampu mengontrol tekanan darah.

3. Menghilangkan stres
Umumnya untuk menghilangkan stres atau rasa penat dalam diri, seseorang akan memberikan waktu refreshing supaya terbebas dari rasa yang mengganjal dalam hati, Anda juga perlu mengatur menu diet harian. Seperti memasukkan menu olahan daging ayam ke dalam menu diet harian Anda dalam porsi yang cukup. Dengan adanya gizi ayam berupa vitamin B5 dan asam amino mengakibatkan daging ayam menjadi salah satu jenis makanan yang mampu mengatasi stres selain makanan manis seperti coklat.

4. Baik untuk otot
Daging ayam merupakan bahan makanan yang memiliki kandungan protein tinggi. Zat gizi ayam ini nantinya akan berperan dalam pembentuk otot pada tubuh manusia. Adanya otot yang kuat akan berpengaruh terhadap kekuatan tulang manusia.

Baca Juga: Apa itu Ayam Parting dan Ciri-Cirinya yang Berkualitas

5. Menangani anemia

Anemia merupakan suatu gangguan pada peredaran darah yang berupa rendahnya tekanan darah. Hal ini disebabkan karena adanya kekurangan zat besi dalam tubuh, sehingga ketika Anda mengalami penyakit ini yang perlu Anda lakukan adalah mengonsumsi makanan dengan kandungan zat besi seperti daging ayam.

Anda perlu mengatur pola makan dan menu diet harian yang seharusnya Anda konsumsi setiap hari.  Anemia tentunya akan lebih cepat teratasi apabila Anda memberikan kombinasi antara menu makanan daging ayam dengan sayuran dengan kandungan zat besi tinggi.

Untuk informasi selengkapnya silahkan cek disini. Demikian penjelasan yang saya berikan, smeoga bermanfaat!

***