Bagaimana Cara Merawat Rangka Atap Agar Awet?

Jangan lupa untuk menggunakan sekrup khusus berkualitas terbaik untuk menyambungkan setiap potongan baja ringan karena dipakai jangka panjang.

Jumat, 17 September 2021 | 12:11 WIB
0
181
Bagaimana Cara Merawat Rangka Atap Agar Awet?
https://kpssteel.com/

Setiap jenis rangka atap memiliki cara perawatan yang berbeda-beda dan memang tidak bisa disamakan. Perawatan rangka sangat diperlukan misalnya satu tahun atau dua tahun sekali demi meminimalkan kerusakan.

Lebih baik melakukan perawatan daripada perbaikan karena Anda jadi lebih hemat biaya. Namun dalam melakukan perawatan tidak boleh asal dan sembarangan demi mendapatkan hasil maksimal. 

Baca Juga: Rekomendasi Model Teralis untuk Jendela dari Besi Ulir

Rahasia Merawat Rangka Atap Baja
Salah satu rahasia merawat rangka pada atap adalah menyesuaikan jenisnya terlebih dahulu baru kemudian ke bagaimana cara perawatannya. 

1. Cara Merawat Atap Baja Ringan

Baja ringan saat ini sering dimanfaatkan untuk rangka atap karena lebih cepat dalam proses pemasangannya, kuat dan hemat. Untuk mewaratnya, Anda harus melakukan pemeriksaan pada setiap rangkanya termasuk sambungan baut berkarat, mengelupas dan lainnya. Pemeriksaan ini sangat penting untuk mencegah terjadinya kerusakan terlalu parah pada rangka atapnya.

Lakukan perbaikan sesuai pada bagian-bagian yang memang mengalami kerusakan atau bisa juga dengan pengecatan ulang (harus dipastikan dulu yang berkarat harus dibersihkan. Jangan lupa untuk memeriksa juga lapisan pelindung karatnya pada baja dan baut penguat kemudian ganti lalu kencangkan. Sebaiknya pemeriksaan dilakukan secara rutin agar kerusakan kecil dapat segera diperbaiki.

2. Cara Merawat Atap Beton

Ketika proses pembuatan setelah agak mengering, siram bagian permukaan dengan air. Hal ini dapat mencegah terjadinya penguapan kandungan air di dalam beton tersebut karena dapat membuat ikatan tidak merekat sempurna. Permukaan atap terlihat datar namun harus dibuat kemiringan agar air tidak menggenang, saluran air hujan harus dipikirkan secara matang karena jika air menggenang dapat menyebabkan rembes dan bocor.

Perawatan dapat dilakukan dengan melapisi waterproofing sebagai perlindungan dari panas dan hujan. Untuk perawatan sederhana seperti mencabut rumput yang tumbuh, pengecekan dan pembersihan jalur air. 

Baca Juga: Apa Saja Keunggulan Baja Ringan? Baca Disini

3. Cara Merawat Atap Baja Konvensional
Menggunakan rangka atap baja konvensional tidak terlalu sulit perawatannya asalkan Anda memilih baja ringan berkualitas. Cari distributor terpercaya seperti KPS Steel agar mendapatkan kualitas dan harga yang sebanding. Perawatannya atap baja ini, bisa dimulai dari pemasangan dengan memotong bagian rangka dengan benar.

Jangan lupa untuk menggunakan sekrup khusus berkualitas terbaik untuk menyambungkan setiap potongan baja ringan karena dipakai jangka panjang. Coba lakukan pemeriksaan jika ada sekrup yang lepas maka segera ganti dan pasang dengan sekrup baru. Kalau ada beberapa bagian perlu di las maka segera dilakukan dan tutup dengan cat.

Untuk informasi selengkapnya baca disini. Demikian informasi dari saya, semoga bermanfaat!

***