Apa Saja Keunggulan Baja Ringan? Baca Disini

Kelebihan baja ringan sangat bermanfaat khusus untuk konstruksi rumah minimalis yang berada di wilayah rawan gempa.

Jumat, 10 September 2021 | 14:39 WIB
0
111
Apa Saja Keunggulan Baja Ringan? Baca Disini
https://kpssteel.com

Jaman dulu konstruksi bangunan mungkin banyak terbuat dari beton dan kayu saja. Perkembangan jaman yang kian maju ini membawa perubahan dalam konstruksi bangunan. Saat ini, banyak bangunan yang menggunakan konstruksi baja ringan karena lebih modern dan menawarkan banyak kelebihan. 

Konstruksi baja ringan bisa digunakan untuk berbagai bagian bangunan khususnya bagian pada bagian atap. Meskipun memiliki bobot yang ringan, akan tetapi material bangunan jenis ini memiliki kekuatan yang cukup kokoh dan juga tahan lama.

Baca Juga: 7 Tips Memilih Besi Beton yang Perlu Anda Perhatikan

Manfaat dan Keunggulan Konstruksi Baja Ringan

Baja ringan menjadi salah satu material bangunan favorit saat ini khususnya untuk konstruksi atap. Berikut ini beberapa kelebihan atau keunggulan dari konstruksi baja ringan:

1. Ringan Namun Memiliki Kekuatan Tarik Mumpuni

Jika dibandingkan bayu atau besi, baja ringan memiliki bobot lebih ringan sehingga mampu mengurangi beban bangunan. Baja ringan saat ini menjadi salah satu material bangunan favorit karena memiliki bobot ringan namun tetap kuat. Selain itu, baja ringan juga memiliki potensi beban mati yang kecil namun tetap tidak mengurangi kekuatan tarik yang dimilikinya. Kelebihan inilah yang membuat baja ringan sangat cocok jika digunakan untuk konstruksi atap.

2. Tahan Lama dan Anti Keropos

Karena terbuat dari bahan pabrikan, baja ringan memiliki daya tahan yang lebih kuat jika dibandingkan dengan konstruksi kayu. Konstruksi baja ringan anti rayap dan juga anti karat sehingga kamu tidak perlu khawatir material akan rapuh atau keropos. Kelebihan baja ringan inilah yang membuatnya menjadi material bangunan favorit saat ini.

3. Kontruksi Baja Ringan Memiliki Konsistensi Bentuk yang Tinggi

Baja ringan memiliki konsistensi bentuk yang tinggi sehingga tidak mudah bergerak atau berubah bentuk bangunan, mutu dan kualitas baja ringan lebih bagus jika dibandingkan dengan material kayu atau yang lainya. Dengan kelebihan ini, kamu bisa menciptakan struktur yang presisi saat membangun rumah atau bangunan.

4. Memiliki Kekuatan Lebih daripada Konstruksi Konvensional

Meskipun memiliki bobot yang ringan, akan tetapi kelebihan baja ringan adalah memiliki kekuatan yang tidak kalah dari kontruksi konvensional. Bentuknya yang tipis namun kokoh tetap mampu menahan konstruksi bangunan yang besar. Baja ringan juga tidak mudah menyebabkan keruntuhan pada beban tarik baik saat proses fabrikasi, transportasi maupun pada saat pembuatan konstruksi.

Baca Juga: Daftar Harga Besi Cor Rakitan untuk Konstruksi Bangunan

5. Cocok untuk rumah minimais

Baja ringan biasanya dipilih untuk konstruksi atap karena memiliki bobot yang ringan namun tetap kuat dan kokoh. Baja ringan memiliki kekuatan tarik cukup tinggi yaitu mencapai 550 MPa, dibandingkan baja biasa yang memiliki daya tarik 300 Mpa.

Kelebihan baja ringan sangat bermanfaat khusus untuk konstruksi rumah minimalis yang berada di wilayah rawan gempa. Bobot baja ringan yang kecil membuat beban yang harus ditanggung oleh struktur di bawahnya menjadi lebih kecil atau rendah. Bobot rangka atap yang ringan membuat beban bangun lebih kecil sehingga resiko rumah hancur karena gempa bisa diminimalisir. 

Untuk informasi selengkapnya cek disini. Demikian penjelasan dari saya, semoga bermanfaat.

***