Ketahuilah Jenis dan Fungsi Baja Ringan Sebelum Menggunakannya

Meskipun baja ringan profil B dikenal sangat tipis, namun kualitas dan daya tahannya sangat tinggi, sehingga pastinya bisa menghemat biaya pergantian.

Jumat, 24 September 2021 | 16:45 WIB
0
184
Ketahuilah Jenis dan Fungsi Baja Ringan Sebelum Menggunakannya
https://kpssteel.com/

Daftar Jenis Baja Ringan

Tentunya sebelum menggunakan baja ringan, anda perlu mengetahui jenis dan fungsinya, untuk itu, pelajari penjelasannya berikut ini

Baja Ringan Kaso atau Trus

Pemakaian baja ringan kaso dapat disesuaikan dengan kebutuhan, sehinggan tidak aka nada baja ringan yang terlalu banyak dibuang dan kabar baiknya daya tahannya bisa sampai puluhan tahun. Baja ringan kaso atau trus, sangat cocok digunakan untuk kaki utama sebuah konstruksi khususnya untuk tiang utama. Baja ringan yang stau ini terdiri dari profil W dan juga C yang memiliki ukuran berbeda, yang mana profil W memiliki ukuran jauh lebih besar dibandingkan profil C. 

Baca Juga: Bagaimana Cara Merawat Rangka Atap Agar Awet?

Baja Ringan Hollow

Pemakaian baja ringan kaso dapat disesuaikan dengan kebutuhan, sehinggan tidak aka nada baja ringan yang terlalu banyak dibuang dan kabar baiknya daya tahannya bisa sampai puluhan tahun. Baja ringan hollow yang sering digunakan untuk pemasangan plafon, karena terbuat dari material baja dengan lapisan alumunium dan Zinc. Di pasaran baja ringan hollow yang dibuat dari lapisan Zinc disebut dengan galvanum, gipsun, dan plafond. 

Baja Ringan Taso

Baja ringan taso yang memiliki bentuk bidang tampak seperti huruf A dan luarnya menyerupai balok dengan ukuran kecil. Baja ringan taso digunakan untuk mengikat profil B. Baja ini berguna untuk menyusun rangkaian atap yang kokoh, dibutuhkan taso dengan ukura yang tipis, sehingga bisa menghasilkan desain bangunan modern.

Baja Ringan Reng atau Profil B

Meskipun baja ringan profil B dikenal sangat tipis, namun kualitas dan daya tahannya sangat tinggi, sehingga pastinya bisa menghemat biaya pergantian. Baja ringan jenis reng atau profil B ini biasanya digunakan untuk penahan genteng. Proses pengolahan reng sendiri ternyata memakan waktu yang lama, karena harus melalui proses perendaman terlebih dahulu dalam air agar memiliki ketahanan yang lama. Dengan adanya baja ringan profil B ini, proses pembangunan menjadi sangat singkat karena kemudahan dalam pemasangannya. 

Baca Juga: Rekomendasi Model Teralis untuk Jendela dari Besi Ulir

Baja Ringan Kanal C

Seperti namanya, baja ringan satu ini memiliki bentuk nyaris sama dengan huruf C dan basanya digunakan untuk konstruksi atap atau kuda-kuda. Tak hanya itu saja, biasanya juga digunakan sebagai tiang bangunan yang tidak memiliki beban berat seperti kanopi. Itulah jenis baja ringan yang sering digunakan dalam konstruksi bangunan. Apabila Anda ingin mendapatkan semua baja ringan di atas, maka Anda bisa mendapatkannya melalui KPS Steel.

Untuk informasi selengkapnya baca disini. Demikian informasi dari saya, semoga bermanfaat!

***