Intip 5 Langkah Membuat Kolam Renang, Ramah di Kantong

Area kolam renang tentu menjadi rawan terkena cipratan air. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memilih pelapis dinding area kolam yang tahan air (waterproof).

Kamis, 25 Maret 2021 | 12:19 WIB
0
251
Intip 5 Langkah Membuat Kolam Renang, Ramah di Kantong
Intip 5 Langkah Membuat Kolam Renang, Ramah di Kantong

Membuat kolam renang sendiri, mengapa tidak? Kolam pribadi membuat Anda bisa menikmati pengalaman berenang yang eksklusif, intip langkah membuatnya di sini.

Sebagian dari Anda mungkin pernah berpikiran untuk membuat kolam renang pribadi di rumah. Pastinya seru untuk bisa berenang kapan pun saja karena Anda pemiliknya. Berenang pun menjadi lebih nyaman tanpa khawatir berdesakan dengan orang lain seperti di kolam renang umum.

Baca Juga: Percantik Dinding Kolam Renang dengan 5 Material Ini

Nah, untuk membuat kolam renang Anda perlu menyiapkan mulai dari budget, konstruksi, hingga dekorasinya. Anda pasti membayangkan betapa mahalnya pembuatan kolam renang. Hal itu tidak sepenuhnya benar karena Anda bisa membuat kolam sesuai budget. Di artikel ini, Anda akan menemukan 5 tips untuk membuat kolam renang yang ramah di kantong. Yuk langsung simak baik-baik.

1. Pengukuran luas kolam renang

Langkah pertama adalah mengukur luas kolam renang yang hendak dibangun. Luas kolam tentunya menyesuaikan luas lahan rumah yang tersedia. Sebagai standar, kolam renang umumnya membutuhkan lahan 5 meter persegi untuk kolam kapasitas 4 orang. Luas kolam renang akan mempengaruhi biaya pembuatan. Semakin besar luas, makan semakin besar budget.

Rasio pengukuran luas kolam renang adalah 2:1 sebagai panduan. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan ukuran standar yaitu lahan 5 meter persegi, mari kita hitung luas kolam. Desain kolam renang akan menjadi 3x7 meter dengan sisa 1 meter pada ujung kolam yang berguna sebagai pijakan.

2. Pengukuran kedalaman kolam renang

Kedalaman kolam renang akan menyesuaikan pengguna nantinya. Bisa jadi kolam ditujukan untuk dewasa, anak-anak, atau keduanya. Umumnya kedalaman kolam dewasa berkisar antara 1,4 hingga 2 meter. Lalu, untuk kedalaman kolam anak-anak adalah 0,5 hingga 1 meter. Jika Anda membuat kolam renang untuk keduanya, buatlah pemisah berupa tanjakan pada lantai kolam renang.

3. Pembuatan sistem sirkulasi air kolam renang

Langkah ketiga adalah membuat sistem sirkulasi air kolam renang. Sistem ini wajib direncanakan secara matang agar tidak boros air kolam. Sistem sirkulasi berguna untuk memutar air kolam dengan cara mengalirkan air yang keluar kembali ke dalam kolam.

Tanpa sistem ini, jumlah air akan terus berkurang karena meluber setiap kali orang berenang. Lebih lagi, sistem ini berguna untuk memfilter air agar tetap bersih. Terdapat dua jenis sistem sirkulasi air yaitu skimmer dan overflow. Jika kolam renang rumah Anda sifatnya indoor atau kecil, sistem skimmer lah yang cocok.

Sedangkan, sistem overflow cocok untuk kolam renang rumah Anda sifatnya outdoor dan berukuran besar. Bagi Anda yang mengutamakan budget rendah maka sistem skimmer juaranya. Sistem overflow lebih mengutamakan pada filtrasi air.

4. Pengukuran dinding kolam dengan permukaan tanah

Kolam renang rumahan idealnya memiliki dinding kolam yang lebih rendah daripada permukaan tanah. Untuk meminimalkan risiko tergelincir saat keluar kolam, Anda bisa memberikan tangga undakan.

5. Penentuan material pelapis dinding area kolam renang

Area kolam renang tentu menjadi rawan terkena cipratan air. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memilih pelapis dinding area kolam yang tahan air (waterproof). Untuk rekomendasinya, Anda bisa menggunakan batu alam, marmer, batu sikat, PVC, kayu, dan 3D wall panel. Bagi Anda yang mencari pelapis yang artistik karya desainet ternama Indonesia maka Mosaicart adalah jawabannya.

Baca Juga: Bikin Nyaman, Ini 8 Material untuk Dinding Taman

Sudah siap membuat kolam renang pribadi Anda? Mari wujudkan dengan persiapan yang matang. Semoga langkah-langkah di atas bisa membantu Anda. Kalkulasikan segala sesuatunya agar hasilnya maksimal. Selamat mencoba.

***