Percantik Dinding Kolam Renang dengan 5 Material Ini

Jumat, 19 Maret 2021 | 11:56 WIB
0
228
Percantik Dinding Kolam Renang dengan 5 Material Ini
Percantik Dinding Kolam Renang dengan 6 Material Ini

Bosan dengan dinding kolam renang keramik? Ini dia 5 material lain yang bisa mulai dari wall panel hingga batu alam.

Dinding kolam renang yang cantik dapat meningkatkan mood seseorang ketika berada di area kolam. Desain area kolam dipengaruhi oleh kolam beserta dinding luar yang harmonis. Dari tahap awal hingga finishing, pembuatan kolam renang memerlukan perencanaan yang matang. Anda perlu memilih material yang tepat agar ambience bisa terbangun dengan baik.

Baca Juga: Bercerita tentang Rumah Lewat Wall Art

Dinding kolam bisa membuat tampilan area kolam menjadi mewah seketika. Bagi Anda yang sedang bingung mencari material dinding yang tepat, berikut panduan untuk Anda.

Yuk catat baik-baik beberapa rekomendasi dinding kolam renang berikut ini ya.

1. Batu Alam
Material ini cocok bagi Anda penyuka dinding kolam berkonsep alam. Batu alam menjadi pilihan tepat dan mudah ditemukan pada wilayah yang sarat akan potensi alamnya, seperti Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Dengan batu alam, kolam renang akan menjadi lebih berkarakter. Sifat permukaan batu ini tidak licin karena berpori besar. Sayangnya, pemasangan batu alam cukup rumit dan membutuhkan biaya cukup besar.

2. Keramik
Material kedua adalah keramik yang cocok bagi Anda dengan budget terbatas. Dibandingkan dengan bahan lainnya, keramik sangat umum digunakan karena harganya tergolong murah. Anda dapat dengan mudah menemukannya di toko bahan bangunan mana pun. Terdapat berbagai macam motif keramik yang bisa Anda pilih sesuai konsep kolam renang. Biaya pemasangannya pun terjangkau bagi banyak kalangan.

3. Batu Sikat
Berikutnya adalah batu sikat. Nama material ini cukup unik dan asing di sebagian orang. Batu sikat merupakan batu-batu kerikil kecil yang ditempelkan pada permukaan yang terbuat dari beton. Material dinding kolam ini pun tidak licin sehingga aman digunakan. Selain itu, dinding kolam dengan material ini akan menimbukan kesan mewah dan unik. Namun, Anda perlu berhati-hati karena batu sikat berisiko retak sehingga diperlukan ketelitian saat pemasangan.

4. PVC
Bahan pelapis dinding kolam berikutnya adalah PVC atau vinyl. Sifat bahan ini tergolong kuat (lebih kuat dari kayu) dan tahan lama hingga seumur bangunan. Jangan khawatir karena pemasangan dan perawatan PVC tergolong mudah. Motif yang disuguhkan pun beragam yang bisa dikustomisasi sesuai kesukaan Anda.

Bahan ini sama halnya dengan batu sikat tidak begitu populer di Indonesia. Vinyl lebih marak digunakan di Eropa. Untuk harga, PVC cukup terjangkaudibandingkan dengan bahan lainnya. Patut diperhatikan karena vinyl mudah memudar yang menandakan Anda perlu menggantinya.

5. 3D Wall Panel


Dari kelima bahan di atas, mungkin Anda bosan dengan dinding kolam yang biasa saja. Tenang saja, ada material unik lainnya yang jarang orang ketahui. Ya, 3D wall panel. Bahan ini dapat mempercantik dinding kolam renang Anda agar terlihat unik dan lebih enak dipandang. Wall panel Mosaicart terbuat dari konkret beton yang aman digunakan di luar ruangan, bahkan di area yang mudah terkena air karena adanya lapisan waterproof.

Mosaicart berkolaborasi dengan desainer ternama Indonesia menghasilkan panel artistik dalam koleksi Signature Collection. Apapun kebutuhan dinding kolam Anda, Mosaicart dapat membantu mewujudkannya.

Baca Juga: Bikin Nyaman, Ini 8 Material untuk Dinding Taman

Nah itu dai lima pilihan bahan finishing dinding kolam yang bisa diterapkan. Mana nih material yang paling Anda ingin coba? Konsultasikan dengan desainer interior Anda untuk mendapat material terbaik yang sesuai dengan budget Anda.