Bercerita tentang Rumah Lewat Wall Art

Prinsip penting dalam wall art adalah sifat yang personal sesuai karakter Anda. Pilih wall art yang cantik dari Mosaicartuntuk mendapatkan nilai seni yang paling sesuai dengan Anda.

Jumat, 12 Maret 2021 | 16:57 WIB
0
219
Bercerita tentang Rumah Lewat Wall Art
Bercerita tentang Rumah Lewat Wall Art

Selain mengisi area dinding kosong, wall art bisa berguna sebagai elemen interior yang berbicara tentang Anda sebagai penghuni

Wall art adalah sebuah seni dinding yang memiliki kegunaan yaitu fungsional dan artistik. Dari sisi fungsional, wall art bisa berguna sebagai pelapis dinding. Wall art dapat melapisi dinding pada area yang kosong, menyatukan ruangan, dan mempermanis tampilan rumah. Sedangkan, kegunaan artistiknya adalah sebagai elemen interior yang dapat bercerita tentang Anda sebagai penghuni sehingga ruangan lebih eksklusif.

Baca Juga: Dekorasi Dinding Ruang Tamu Bisa Jadi Luar Biasa, Intip Caranya

Tips Memilih Wall Art
Bagi Anda yang sedang di tahap memilih wall art, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Anda perlu memerhatikan antara ketiga hal yaitu elemen yang difokuskan, warna yang dikombinasikan, dan dimensi wall art itu sendiri. Ketiga hal ini menjadi sedikit tricky bagi Anda yang pertama kali mencoba wall art. Agar ruangan Anda tampil lebih selaras dan harmonis, simak tips di bawah ini.

1. Pilihan Berdasarkan Karakter Pribadi
Dengan memilih berdasarkan karakter pribadi, wall art akan tampil identik menyelaraskan Anda dan hunian. Wall art bisa membuat dinding rumah bercerita tentang Anda. Pilihan wall art yang tepat akan bercerita dengan tepat pula tentang Anda. Buatlah diri Anda sendiri dan tamu rumah kagum dengan pilihan wall art Anda.

Untuk mendapat pilihan yang tepat, Anda perlu mengamati pilihan wall art yang tersedia.Lalu, ketahui wall art tersebut tepat jika mampu membuat Anda lebih lama memandangnya. Artinya terdapat kecocokan atau keterikatan secara artistik antara Anda dan wall art.

2. Penggunaan Warna Harmonis dengan Ruangan
Warna yang harmonis membuat ruangan semakin cantik. Oleh sebab itu, pemilihan wall art harus didasari warna yang senada dengan ruangan Anda. Pilih tone warna senada antara wall art, dinding, perabot, dan unsur lainnya yang ada di ruangan.

Jika ruangan Anda didominasi warna terang, gunakan wall art dengan warna netral agar bisa menjadi centerpiece ruangan. Warna dengan tone netral bisa jadi putih, hitam, atau abu-abu.

3. Penciptaan Aksentuasi Ruangan
Aksentuasi ruangan didasari oleh ketepatan pada ukuran wall art. Prinsip proporsional antara wall art dengan dinding sebaiknya diterapkan dengan baik. Proporsional berarti tidak terlalu kecil maupun tidak terlalu besar. Jika Anda memasang 3D panel yang terlalu kecil, karya seni akan tenggelam dibading elemen lainnya. Sedangkan, panel dinding yang terlalu besar akan terlihat berlebihan dan merusak komposisi ruangan. Nah, itu sebabnya ukuran 3D wall panel sangat penting dalam penciptaan aksen.

4. Penciptaan Interaksi Ruang
Interaksi ruang bisa tercipta dengan penempatan elemen interior yang tepat, termasuk dalam wall art. Prinsip saat menggantung 3D wall panel adalah kesejajaran dengan jarak pandang mata (eye level) atau pada ketinggian sekitar 1,5 meter. Anda perlu memastikan ketika melihatnya, Anda tidak terlalu mendongak atau menunduk.

Berbeda halnya jika Anda ingin menempatkan panel dinding 3D pada ruang yang aktivitasnya duduk seperti pada makan atau ruang keluarga. Walla rt sebaiknya digantung lebih pendek karena kebanyakan orang akan melihat pada posisi duduk. Untuk pemasangan wall art pada dapur sebaiknya lebih tinggi agar dapat dilihat dari posisi berdiri.

Baca Juga: Inilah DMDIO, Pencipta Panel Dinding 3D Ala Tahun 70-an

Keempat tips menempatkan seni dinding pada sebuah ruangan di atas bisa berguna bagi Anda. Prinsip penting dalam wall art adalah sifat yang personal sesuai karakter Anda. Pilih wall art yang cantik dari Mosaicartuntuk mendapatkan nilai seni yang paling sesuai dengan Anda.

***