6 Kebutuhan Nutrisi yang Penting pada Orang Dewasa

Zat besi dalam tubuh berguna tidak hanya untuk terhindar dari anemia saja tetapi juga dapat membantu untuk meningkatkan konsentrasi, menambah sel darah merah, meningkatkan kualitas tidur,.

Kamis, 30 Juni 2022 | 11:14 WIB
0
85
6 Kebutuhan Nutrisi yang Penting pada Orang Dewasa
man

Orang dewasa membutuhkan energi yang cukup banyak untuk menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Oleh karena itu, kebutuhan nutrisi pada orang dewasa menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Lalu apa saja kebutuhan nutrisi yang harus dipenuhi tersebut?

Kebutuhan Nutrisi pada Orang Dewasa yang Wajib Dipenuhi
1. Karbohidrat
Karbohidrat merupakan salah satu nutrisi yang dapat menghasilkan energi. Bagi orang dewasa, kebutuhan akan karbohidrat ini harus tercukupi kurang lebih sebesar 46% dari total energi yang keluarkan.

Dalam menentukan jumlah karbohidrat yang masuk dalam tubuh juga disesuaikan dengan energi yang akan dikeluarkan dalam kegiatan sehari-hari. Sehingga karbohidrat dan energi yang dihasilkan bisa seimbang.

2. Protein
Protein juga termasuk nutrisi yang harus tercukupi pada orang dewasa. Kecukupan protein untuk orang dewasa laki-laki lebih tinggi dibandingkan dengan perempuan, yaitu sekitar 55-66 gram per hari untuk laki-laki dan 48-62 gram per hari untuk perempuan.

Salah satu bahan makanan yang mengandung banyak protein adalah telur. Selain itu, ada banyak bahan makanan lainnya yang terjangkau, seperti tempe, tahu dan lain sebagainya. Protein sendiri terbentuk dari berbagai unsur organik yang hampir sama dengan lemak dan karbohidrat.

Protein juga berguna untuk menjaga kesehatan pada jantung, menjaga kekuatan tulang dan meningkatkan kekuatan pada masa otot.

3. Lemak
Kebutuhan nutrisi pada orang dewasa lainnya adalah lemak. Mengapa sangat dibutuhkan oleh orang dewasa? Karena lemak adalah salah satu nutrisi yang menghasilkan energi sehingga sangat dibutuhkan.

Akan tetapi, konsumsi makanan yang mengandung lemak juga tidak boleh lebih dari 30% dari jumlah total kalori. Karena kelebihan kandungan lemak pada tubuh bisa mengakibatkan obesitas yang tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Obesitas sendiri bisa mengakibatkan tekanan darah tinggi hingga penyakit jantung. Oleh karena itu, pastikan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak sesuai dengan yang dibutuhkan.

4. Vitamin
Salah satu kebutuhan nutrisi pada orang dewasa adalah vitamin. Kebutuhan nutrisi ini juga meningkat seiring dengan pertumbuhan fisik dan usia orang dewasa. Beberapa vitamin yang dibutuhkan secara meningkat adalah vitamin D yang bagus untuk kesehatan tulang.

Selain itu, Anda juga membutuhkan vitamin A yang bagus untuk meningkatkan kesehatan mata yang pastinya semakin menurun seiring dengan bertambahnya usia.

5. Mineral Kalsium
Kebutuhan mineral akan kalsium pada orang dewasa dibutuhkan lebih besar dibandingkan anak remaja. Sumber kalsium yang terbaik bisa Anda dapatkan dari bahan makanan, seperti ikan, kacang, sayuran dan susu. Pastikan Anda dapat memenuhi kebutuhan kalsium untuk menjaga kesehatan tulang. Imbangi juga dengan olahraga yang rutin.

Kebutuhan nutrisi pada orang dewasa satu ini dibutuhkan hingga 600-700 mg per harinya atau 0.45 gram.

6. Zat Besi
Semakin dewasa, biasanya asupan gizi juga semakin menurun. Jika asupan gizi menurun maka zat besi yang ada dalam tubuh juga terpengaruh. Oleh karena itu, banyak orang dewasa yang mengidap anemia.

Seharusnya zat besi untuk orang dewasa harus dipenuhi sebesar 3,5 gram per harinya. Bahan makanan yang memiliki cukup banyak kandungan zat besi di dalamnya adalah daging merah dan putih, hati, kacang-kacangan atau juga sayuran hijau.

Zat besi dalam tubuh berguna tidak hanya untuk terhindar dari anemia saja tetapi juga dapat membantu untuk meningkatkan konsentrasi, menambah sel darah merah, meningkatkan kualitas tidur, mencegah infeksi, menjaga kesehatan pada Janin dan lain sebagainya.

Baca Juga : Tips Membuat Badan Fit Seharian

Cara Mudah Penuhi Kebutuhan Nutrisi Pada Orang Dewasa
Apakah Anda sudah mempersiapkan kebutuhan nutrisi pada orang dewasa yang disebutkan di atas? Jika belum, lebih baik siapkan kebutuhan nutrisi tersebut agar kesehatan Anda terjaga. Jangan lupa juga untuk imbangi dengan olahraga yang rutin dan tidur yang cukup.

Pastikan Anda menggunakan bahan makanan yang berkualitas untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Anda, seperti Telur Indofarm. Telur Indofarm mengandung nutrisi dan omega 3 yang tinggi. Dihasilkan dari ayam yang diberi pakan organik membuat Telur Indofarm terbebas dari bahan kimia serta bakteri berbahaya.

Yuk kunjungi halaman produk Indofarm untuk informasi lebih lanjut mengenai Telur Omega 3 Organik, Telur Ayam Kampung Omega 3, ataupun Telur Hijau Dari Ayam Hitam!