Ketahui Variasi dan Fungsi Lispang untuk Hunian Anda

Posisi pemasangan lisplang di atap bagian tepi membuatnya mencolok dan mudah terlihat. Lisplang memiliki fungsi dari aspek estetika yang bisa mempercantik konstruksi bangunan rumah.

Jumat, 1 Oktober 2021 | 10:18 WIB
0
83
Ketahui Variasi dan Fungsi Lispang untuk Hunian Anda
https://kpssteel.com/

Variasi Desain Lisplang

Lisplang yang memiliki fungsi estetika kemudian membuatnya menjadi aksesoris bangunan rumah. Variasi desainnya kemudian cukup beragam, diantaranya:

1. Lisplang Kayu Motif

 Model atau varian ini cocok untuk bangunan rumah berkonsep tradisional, misalnya rumah limas, joglo, dan sebagainya. Lisplang kayu motif bagian tepinya memiliki motif berupa ukiran yang cantik. Jika ingin menggunakan lisplang model ini maka perlu menunjukan contoh desainnya ke pengrajin.

Baca Juga: Ketahuilah Jenis dan Fungsi Baja Ringan Sebelum Menggunakannya

2. Lisplang Kayu Polos

Sesuai namanya, lisplang ini memang terbuat dari material kayu, mayoritas menggunakan kayu meranti yang dikenal punya karakter keras dan durabilitasnya juga tinggi. Varian satu ini cocok untuk desain rumah dengan atap miring dan ingin menampilkan kesan natural

3. Lisplang Beton

Varian ini cocok untuk hunian berkonsep modern ataupun yang bergaya mewah. Selain sebagai pelindung tepian atap uga bisa berfungsi sebagai talang air hujan. Lisplang ini terbuat dari beton dengan daya tahan yang tinggi sehingga memiliki masa durabilitas yang tinggi. Jenis yang beragam kemudian bisa dipilih sesuai kebutuhan, bisa mempertimbangkan konsep bangunan rumah itu sendiri.

Fungsi Lisplang pada Bangunan

Secara sederhana lisplang bisa didefinisikan sebagai komponen bangunan rumah yang memiliki fungsi untuk menutup bagian atas bangunan agar terlihat lebih rapi, sehingga fungsi dari lisplang bisa dilihat dari banyak aspek. Berikut penjelasan penjelasan lengkapnya:

1. Fungsi Lisplang dari Aspek Konstruksi

Lisplang dipasang pada bagian tepi atap untuk menjaga posisinya tetap. Fungsi pertama dari lisplang adalah dilihat dari aspek atau segi konstruksi bisa menjaga posisi atap bagian tepi tidak bergeser. Susunan kaso pada dasarnya hanya diperkuat oleh paku-paku kecil, daya tahannya tentu kurang maksimal maka disempurnakan dengan memasang lisplang.

Fungsi lain dari lisplang dapat membantu mencegah rembesan air hujan masuk ke bagian dalam rumah. Paparan sinar matahari juga tidak langsung bersentuhan dengan susunan kaso, sehingga membuatnya lebih awet dan tahan lama. Lisplang kemudian efektif menjaga atap tetap kuat dan terlihat rapi karena bagian tepi atap tertutup oleh lisplang itu sendiri.

Baca Juga: Rekomendasi Model Teralis untuk Jendela dari Besi Ulir

2. Fungsi dari Aspek Estetika

Posisi pemasangan lisplang yang berada di atap bagian tepi membuatnya mencolok dan mudah terlihat. Oleh sebab itu, lisplang memiliki fungsi dari aspek estetika yang bisa mempercantik konstruksi bangunan rumah. Inilah yang kemudian membuat pabrik produsen lisplang menawarkan banyak varian, salah satunya  varian yang bermotif.

Lisplang kemudian bisa disebut sebagai aksesoris untuk bangunan rumah karena memang bisa mempercantik bangunan. Atap rumah terlihat lebih rapi dan juga indah, sekaligus menutupi kekurangan susunan rangka yang panjangnya tidak sama. Supaya fungsi lisplang dari segi estetika ini didapatkan maka perlu dipasang dengan benar, yakni memperhatikan ketinggian dan lebarnya.

Untuk informasi selengkapnya baca disini. Demikian informasi dari saya, semoga bermanfaat!

***