Inilah Manfaat Bawang Puting Tunggal atau Lanang Bagi Kesehatan

Untuk mendapatkan manfaat bawang putih tunggal secara maksimal Anda dapat mengkonsumsi bawang ini sebanyak tiga kali dalam sehari.

Sabtu, 3 September 2022 | 08:34 WIB
0
139
Inilah Manfaat Bawang Puting Tunggal atau Lanang Bagi Kesehatan
Inilah Manfaat Bawang Puting Tunggal atau Lanang Bagi Kesehatan Tubuh

Keberadaan bawang putih ini tentu tak bisa dilepaskan dalam dunia dapur Indonesia. Hampir setiap jenis masakan selalu ada campuran bawang putih sebagai penyedap rasa. Terutama pada sambal yang rasanya akan kurang lengkap bila sambal ini belum ada ulekan bawang putih di dalamnya.

Namun, ternyata bawang putih yang sering ditemukan di pasar tradisional itu memiliki beragam jenis. Setidaknya ada beberapa jenis bawang putih yang bisa digunakan untuk bumbu masak dan juga obat, seperti bawang putih lokal, bawang putih kating, bawang putih lanang, hingga bawang putih shin chung yang berasal dari Negara Tiongkok.

Salah satu jenis bawang putih yang belum banyak diketahui manfaatnya oleh masyarakat adalah bawang putih tunggal atau bawang putih lanang. Bawang putih tunggal ini hanya tumbuh dengan satu bonggol. Secara tekstur dan juga ukuran bentuknya yang bulat dengan warna lebih putih daripada bawang lokal. Manfaat dari bawang putih tunggal ini disinyalir lebih banyak manfaatnya daripada bawang putih biasa. Khususnya untuk membantu mengatasi berbagai penyakit.

BACA JUGA : Kisah Bawang Merah dan Bawang Putih Zaman Now

Manfaat Bawang Putih Tunggal untuk Kesehatan

Dari bermacam-macam bawang putih, bawang putih tunggal hadir dengan berbagai macam manfaatnya. Berikut dibawah ini rangkuman manfaat bawang putih tunggal yang dilansir dari Tempat Kuliner Malam Cirebon, dan memiliki implikasi positif terhadap kesehatan tubuh manusia.

1. Mencegah Komplikasi Kehamilan

Bagi para ibu hamil, manfaat bawang putih tunggal ini sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi. Khasiat bawang putih lanang untuk ibu hamil yang berguna untuk menghindari risiko komplikasi pada kehamilan.

Melalui kandungan yang ada di dalamnya, bawang putih tunggal ini pun bisa memaksimalkan kinerja enzim yang biasanya menurun saat ibu tengah mengandung. Tentunya, enzim yang menurun sangat berbahaya bagi para ibu hamil.

Tidak hanya berhenti disitu saja. Manfaat bawang putih tunggal ini juga dapat mengurangi risiko ibu hamil mengalami preeklamsia. Untuk mengetahui dosis yang pas, sebaiknya anda tanyakan kepada dokter kandungan masing-masing.

BACA JUGA : Tumpang Bawang

2. Menjaga Kebugaran Tubuh

Penyakit yang mudah menginfeksi seseorang ketika daya tahan tubuhnya menurun. Mengonsumsi bawang putih tunggal secara rutin akan dapat membantu menjaga kesehatan tubuh tetap bugar. Hal ini sangat berkhasiat karena bawang putih tunggal mengandung zat senyawa yang bisa menjaga tubuh dari berbagai serangan infeksi virus hingga bakteri.

Mengkonsumsi bawang putih tunggal bisa dicampurkan dalam bumbu masak, atau bisa dikonsumsi langsung.

3. Menekan Angka Kolesterol Jahat

Manfaat bawang putih tunggal ini juga bisa menurunkan kolesterol jahat. Kandungan zat senyawa allicin yang ada dalam bawang putih tunggal akan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada didalam tubuh.

Setidaknya, kadar kolesterol ini bisa turun hingga mencapai 12% jika bawang putih tunggal dikonsumsi secara rutin selama 4 minggu.

4. Memperkuat Daya Ingat Pikiran

Kemampuan mempertahankan daya ingat pikiran atau memori menjadi bagian krsuial bagi setiap orang. Salah satu manfaat bawang putih tunggal adalah menjaga daya pikir otak manusia.

Hal itu karena ada kandungan zat senyawa dalam bawang putih tunggal yang mampu menjaga kondisi kerusakan sel neuron pada otak manusia.Tak hanya itu, manfaat bawang putih tunggal juga menjadi stimulus pertumbuhan pada sel neuron.

5. Memperkuat Imunitas Melawan Kanker

Kegunaan dari bawang putih tunggal atau lanang untuk kesehatan tubuh adalah mencegah kanker, utamanya kanker yang berhubungan dengan lambung dan usus. Hal ini juga terjadi berkat kandungan zat organosulfur yang membantu tubuh dalam proses detoksifikasi.

6. Merawat Keseburan Rambut dan Kehalusan Kulit

Manfaat bawang putih tunggal tidak hanya berhenti pada bagian dalam tubuh manusia saja. Khasiat dalam bawang putih tunggal ini juga dapat melindungi kulit tubuh dari dampak radikal bebas.

BACA JUGA : "As Long As You Happy", Cerita Ganjar dan Bawang Merah

Tidak hanya berhenti dari situ saja, bawang putih tunggal juga dapat mencegah hilangnya kolagen yang bisa membuat kulit manusia tidak elastis. Ada juga yang menyebut bahwa memijat ekstrak bawang putih tunggal di kulit dan kepala akan dapat mencegah kerontokan pada rambut. Diharapkan dengan konsumsi bawang putih tunggal ini dapat memperkuat kesuburan pada rambut, dan menghemat biaya perawatan ke salon. 

Cara Medapatkan Manfaat Bawang Tunggal

Selain mengonsumsi bawang tunggal dengan cara menjadikannya sebagai bahan bumbu masak, ada juga beberapa cara lain untuk mengonsumsinya agar mendapat khasiat yang lebih baik:

- Dikunyah secara langsung.
- Ditelan langsung seperti minum obat.
- Diolah menjadi masakan acar bawang putih tunggal atau lanang.
- Dicampur dengan madu murni.

Untuk mendapatkan manfaat bawang putih tunggal secara maksimal Anda dapat mengkonsumsi bawang ini sebanyak tiga kali dalam sehari. Selain itu juga apabila Anda sedang dalam proses pengobatan terhadap suatu penyakit, tentunya konsumsi bawang putih tunggal ini harus sesuai dengan pengawasan dokter. 

Demikian Ulasan artikel mengenai inilah beberapa manfaat bawang putih tunggal atau Lanang bagi kesehatan tubuh yang di kutip dari Kuliner Malam Cirebon, Semoga Artikel ini sangat bermanfaat bagi anda semua.

***