Kompensasi Tak Dipenuhi, Alireza Firouzja Absen di Tata Steel 2022

Selain kompensasi, Alireza juga meminta uang lebih banyak dari yang mereka tawarkan.

Minggu, 9 Januari 2022 | 20:14 WIB
0
167
Kompensasi  Tak Dipenuhi,  Alireza Firouzja Absen di Tata Steel 2022
Carlsen vs Firouzja (Foto: Juriaan Hofsmith)

Pagelaran turnamen elit Tata Steel tinggal lima hari lagi, tepatnya pada 14-30 Januari 2022 di Wijk ann Zee, Belanda.

Tidak mudah untuk bermain di turnamen catur legendaris ini karena Tata Steel adalah turnamen undangan. Penyelenggara punya kriteria sendiri tentang siapa saja yang diundang untuk bermain setiap tahunnya.

Jumlah hadiahnya juga tidak pernah diumumkan. Penyelenggara melakukan deal dengan pemain tentang jumlah uang tampil yang disepakati dan kemudian dituangkan dalam bentuk kontrak.

Jumlah uang yang diterima juara dunia GM Magnus Carlsen tentu lebih besar dibanding dengan pecatur lainnya.

Jadi kalau nama jagoan Anda tidak tercantum dalam daftar peserta tahun ini agar jangan lagi ditanya alasannya. Berikut daftar lengkapnya:

1. GM Magnus Carlsen

2. GM Fabiano Caruana

3. GM Anish Giri

4. GM Richard Rapport

5. GM Shakhryar Mamedyarov

6. GM Jan Krzysztof Duda

7. GM Sergey Karjakin

8. GM Andrey Esipenko 

9. GM Daniil Dubov

10. GM Samuel Shankland 

11. GM Jorden Van Foreest

12. GM Nils Grandelius

13. GM Praggnanandhaa R

14. GM Vidit Santosh Gujrathi

Penyelenggara tidak mengundang pecatur muda peringkat 2 dunia GM Alireza Firouzja. Alasannya mereka itu tidak bisa memenuhi permintaan Alireza agar memberikan uang kompensasi atas kejadian tahun lalu yang menimpa dirinya. 

Saat itu pemenang turnamen Tata Steel 2021 harus diselesaikan lewat babak tambahan playoff setelah 2 pecatur tuan rumah GM Anish Giri dan GM Jorden Van Foorest sama-sama membukukan 8½ poin dari 13 babak.

Akan tetapi sebelum babak playoff itu dimulai, masih ada satu partai lagi yang masih berlangsung, partai antara GM Alireza Firouzja dengan GM Radoslaw Wojtaszek. 

Kepala Arbiter Pavel Votruba lantas menginformasikan kepada kedua pemain bahwa partai playoff antara GM Anish Giri dan GM Jorden Van Forest ini akan dimulai dua meja dari mereka, dan meminta agar keduanya melanjutkan partai mereka di meja lain yang lebih jauh.

Alireza Firouzja yang merasa terganggu dengan interupsi itu menolak untuk meninggalkan mejanya. Ia bahkan mengeluarkan kata-kata yang tidak pantas menurut versi penyelenggara.

Votruba memang telah meminta maaf kepada Alireza dan berjanji hal seperti ini tidak akan terjadi lagi tetapi cara anak muda itu menanggapi insiden ini telah menyinggung harga diri mereka. 

Meski begitu mereka tetap masih mengundang Alireza namun itu tadi Alireza meminta kompensasi atas peristiwa itu.

Baca Juga: Sisi Lain Alireza Firouzja

Selain kompensasi menurut direktur turnamen Jeroen van den Berg, Alireza juga meminta uang lebih banyak dari yang mereka tawarkan.

"Jadi itulah momen di mana sudah waktunya bagi saya untuk mencari pecatur yang lain," ujar van den Berg.

***