Magnus Carlsen di Grand Swiss Tournament

Jika Magnus Carlsen atau Fabiano Caruana yang menang, maka peringkat berikutnya yang akan maju ke turnamen kandidat 2020.

Minggu, 6 Oktober 2019 | 19:59 WIB
0
526
Magnus Carlsen di Grand Swiss Tournament
Magnus Carlsen (Foto: Grand Chess Tour)

Dua dari 8 peserta turnamen kandidat 2020 sudah diperoleh dari jalur Piala Dunia yaitu Teimour Radjabov dan Ding Liren. Sekarang kita beranjak ke jalur berikutnya. Jalur turnamen.

Biasanya FIDE menyediakan dua tempat di turnamen kandidat lewat jalur rating namun untuk tahun depan jatah itu hanya diberikan kepada satu orang saja dan sebagai gantinya satu jatah lagi berasal dari pemenang FIDE Grand Swiss Tournament.

Ini adalah turnamen baru besutan FIDE yang akan dipentaskan pada 10-21 Oktober 2019 di Isle of Man. Turnamen ini menjadi sangat prestius karena pemenangnya itu tadi, otomatis lolos ke turnamen kandidat tahun 2020.

Ini akan menjadi turnamen terbuka terkuat yang pernah diselenggarakan di dunia. Hampir semua pecatur elit sudah menandatangani kontrak untuk bermain di turnamen ini termasuk Magnus Carlsen dan Fabiano Caruana serta beberapa pecatur muda seperti Jeffery Xiong, Nihal Sarin, dan Gukesh.

Agak menarik karena turnamen kandidat adalah untuk mencari penantang juara dunia.

Sementara Magnus adalah juara bertahan dan Fabiano praktis sudah mendapat satu tempat sebagai runner up kejuaraan dunia 2018. Apa yang membuat mereka tertarik untuk bermain? Tentu saja hadiahnya yang menggiurkan sebesar total USD 433,000 atau sekitar 6,2 miliar rupiah.

Juara pertama akan mendapat USD 70,000 atau sekitar satu miliar rupiah. Juara dua kebagian USD 50,000 atau sekitar 720 juta rupiah. Juara ketiga USD 40,000 atau sekitar 576 juta dan seterusnya.

Jika ada beberapa pecatur wanita yang ikut berpartisipasi seperti GM Harika Dronavalli misalnya, maka peraih poin tertinggi akan mendapat USD 10,000 atau sekitar 144 juta rupiah. Sayang Hou Yifan dan Ju Wenjun absen.

Bagaimana kalau Magnus atau Fabiano Caruana yang menang? Mudah saja, peringkat berikutnya yang akan maju ke turnamen kandidat 2020.

***